Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Informasi Jenis Material Kayu Yang Cocok Untuk Mebel Dan Bahan Bangunan

Kayu adalah bagian batang, cabang, ranting tumbuhan yang mengeras akibat proses lignifikasi atau pengayuan secara alami. Kayu terbentuk akibat akumulsi selulosa dan lingin pada bagian dinding sela berbagai jaringan pada batang pohon. Kayu bissanya du gunakan berbagai macam keperluan mulai dari meemasak, membuat perabot meja dan kuresi , bahan bangunan seperti pintu, pagar rumah, jendela, rangka atap, bahan kertas dan lain-lain. 

Kayu juga merupakan salah satu material konstruksi yang sudah lama digunakan pada bangunan, baik itu untuk bangunana rumah sederhana hingga bangunana tingkat yang megah atau mewah. Indonesia sendiri merupakan negara yang memiliki  berbagai macam kayu yang bagusa untuk bahan bangunan serta berkualitas yang bisa di guankan untuk materiala seperti bahan bangunan.

Masing masingg kayu mempunyai sifat yang berbdeda-beda. Sifat ini pada akhirnya akan menentukan kualitas fungsi dan nilai jual kayu tersebut. Misalnya kayu yang masuk kategori lunak lebih cocok di gunakan untuk bahan kertas kaarena mudah untuk diolah atau dihancurkan. sedangkan kayu yahng bersifat keras cocok di gunakan untuk bahan bangunana.

Selain digunakan sebagai material yang terpasang kayu juga menjadi material pendukung  pekerjaan struktur pada bangunan gedung seperti pada pembuatan bekisting balok, pelar dan kolam. beberapa material yahng digunakan sebagai pendukung pekerjaan struktur adalah kayu jati, kayu ulin, kayu gelam, merbau, kayu gelugu dan lain-lain. Tidak semua kayu jenis pohon atau kayu baik digunakan untuk material bangunan. Ada beberapa jenis kayau khusus yang baik untuk materiala bangunan.

Gambar kelebihan dan kekurangan semua jenis kayu
Gambar kelebihan dan kekurangan semua jenis kayu sumberarafuru.com 

Keuntungan Dan Kerugian Kayu Sebagai Bahan Bangunan 

Keuntungan 

  • Banyak dipapat dia Indonesia dan bisa ulang lagi ketersediaannya dengan memanen kemali. 
  • Daya tahan terhadap listrik dan bahan kimia kecuali bahan kimia yang keras  cukup tinggi atau baik.
  • Kekuatan kayu cukup tinggi dan ringan.
  • Pada jenis kayu terrentu mempunyai tekstur yang indah, sehingga mempunyai dekoratif yang indah   dan baik.
  • Mudah dikerjakan dan mudah dibentuk sesuai kebutuhan dan kegunaan serta harga yang relatif murah.
  • Memiliki sisi dan keindahan dan seni yang tinggi
  • Mudah di ganati dalam jangka waktu sanga singkaat aatau tidak membutuhkan waktu yang lama bila dibandingkan dengan bahan bangunan lain seperti beton atau baja ringan apabila ada perbaikan.
  • Mampu menahan gaya tarik tekan atau desak derta lentur.

Kerugian

  • Perlu adanya perawatn khusus seperti pengecatan agar memperlambat lapuknya kayu.
  • menjaga kayu dan serangga baik ia mujmbang, rayap serta serngga-serangga lain yang dapat mengakibatkan mennurunnya kekuatan dari pada kayu tersebut.
  • Mudah di pengaruhi oleh cuaca atau iklim.
  • Lendutan dapat terjadi pada keadaan kelembaban tinggi.
  • Mudah terbakakr.
  • Adanya cacat-cacat bawaan dan alam seperti mata kayu dan pecah-pecah.
  • Utuk beberpa jenis kayu trntu harganya relativ mahal dan ketersediaan terbatas dan langka. seperti kayu ulin misalnya yang memiliki mutu tinggi dan harganya pun jauh lebih mahal serta ketersediaannya terbatas.

Berikut Daftar 10 Kayu Untuk Material Dan Banah Bangunan

1. Kayu Gelugu atau Kelapa

Kayu Gelugu atau Kelapa yang biasa digunakn sebagai material adalah kayu sudah berumur 60 tahun keatas. Kayu tersebut sudah tidak menghasilkan kelapa lagi, sehingga harus ditebang dan diganti dengan pon baru. Kayu kelapa memiliki kelebihan mudah dijadikan sebagai balok kay uyang cocok digunakan untuk tiang penyangga atap rumah. Tampilan dari kayu ini jiga cukup estetis dan menarik, sehingga membuat rumah terlihat labih unik.

Gambar kayu glugu, bamyak dijadikan bahan bangunan
Gambar kayu glugu, bamyak dijadikan bahan bangunan sumber kursrupiah.net

2. Kayu Merbau

Kayu Merbau memiliki keunggulan daari ketahanannya terhadap serngan serangag. Corak kayu merbau berwarna coklat kemerahan dengan highlight kuning serta garis yang terputus-putus. Pohon merbau termasuk pohon hutan hujan tropis. Kayu ini masuk dalam kelas awet I dan kelas I. Kayu tersebut biasanya difinishing dengan mengguanakan melamin dengan warna gelap atau tua. Hamir sama dengan kayu glugu, kayu merbu juga memiliki serat garis yang terputus-putus. Kayu jenis ini tumbuh subur di daeerah Pulau Irian.

Gambar kayu merbau/ipil
Gambar kayu merbau/ipil sumber fjb.kaskus..co.id

3. Kayu Ulin

Kayu Ulin masuk dalam jajaran kayu yang kuat untuk bahan bangunan. Pulau Ulin tumbuh subur di Pulau Kalimantan. Material Alam ini banyak digunakan sebagai bahan bangunan rumah, kantor san lain lain-lain. Kayu Ulin juga tahan terhadap air laut sehingga kayu ini sering di gunakan sebagai tiang penyangga hingga jembatan.

Gambar ini manfaat kayu ulin
Gambar ini manfaat kayu ulin sumber dekoruma.com

4. Kayu Meranti Merah 

Kayu Meranti Merah cocok digunakan sebagai material bangunana karena cukup kuat dan aweet. Struktur kayu ini juga keras dan tidak mudah memuai atau menyusut oleh perubahan suhu. Kayu ini dapat kamu gunakan sebagai pembuata n rangka atap, tangga, kusen pintu atau jendela dan alas lantai rumah.

Gambar kayu meranti merah
Gambar kayu meranti merah sumber amazonnews.com

5. Kayu Kamper 

Kayu ini memikiki aroma khas sehinga dinamai kayu kamper. Kelebihan kayu ini adalah kuat terhadap serangga dan lebih ringan dibandingkan kayu jati. Hargannya juga relatif  lebih terjangkau dengan serat kayu yang halus dan indah. Biasannya kayu kamper dijadikan bahan untuk membuat pintu dan jendela dalam ukuran standar.

Gambar daun pintu kayu kamper
Gambar daun pintu kayu kamper bukalapak.com

6. Kayu Jati

Kayu jati sangat terkenal akan keindahan,kekuatan dan kestabilanna. Kayu ini menjadi pilihan utama yang dijadikan material bangunan. Kayu jati juga tahan terhadapa air, jamur, serangga, dan rayap sehingga kayu ini dangat dicari dan kayu ini biasnya di jual sangat mahal. 

Gambar saung gazebo kayu jati
Gambar saung gazebo kayu jati sumber tokopedia.com

7. Kayu Gelam

Kayu gelam lebih terkenal sebagai kay yang biasa digunakan sebagai kerangka sementara konstruksi bangunan. Material ini sering di gunakan sebagai stager atau perancah dalam proyek bangunan. Pada beberapa daerah kayu ini digunakan sebagai cerucuh pembangunan jembatan.

Gambar pagar kayu galam di Bali
Gambar pagar kayu galam di Bali sumber flooringdecking bali.wordpress.com

8. Kayu Bangkirai

Kayu bangkirai termasuk dalam golongan kay ucukup kuat dan awet. Kayu ini seering digunakan pad area konstruksi berat seperti atap kayu. Kayu bangkiri juga tahan terhadapa cuaca sehingga cocok digunakan pada area eksterior.

Gambar harga lantai kayu bangkiri sumber parketmalang

9. Kayu Sonokeling

Jenis kayu yang sering dipakai adalah sonokeling. Kayu ini puny a tekstur kayu yang kuat dan awet sehingga gkerap digunakan sebagai mmaterial konstruksi bangunan. Menariknya lagi, sonokeling punya seerat yang indah dengan warna ungu bermotif coretan hitam. Lebih lanjut, kay usonokeling jiga cukup tahan terhadap serangga da cocok digunakan untuk material atau mebel bangunan rumah. Umumnya pohon sonokeling tumbuh di hutan-hutan di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Gambar jenis kayu yang cocok untuk mebel dan bahan bangunan
Gambar jenis kayu yang cocok untuk mebel dan bahan bangunan sumber amazonnews.com

10. Kayu Mahoni 

Kayiu mahoni adalah salah satu bahan baku dalam pembuatan mebel serta kayau ini lebih diidolakan dipasar lokal, maka kay umahoni menjadi idola di luar negri, khususnya di eropa. Kayu Mahoni memmpunyai serat yang lebih halus dibandingkan kayu jati. Mempunyi pori-pori kecil sehingga produk furniture yang dihasilkan pun jug sangat halus. Warnan kayu mahoni agak kemerah-merahan pada bagian dalam , serta pada bagian luar  berwarna coklat tua.

Gambar mebel kayu mahono sumber fabelio.com

Demikian artikel mengenai jenis-jenis kayu untuk bahan material dan banan bangunan kami juga informasikan selain material dan bahan bangunan kayu juga bisa di jadikan atap rumah. Maka dengan adanya kayu masyarakatdi indonesia lebih memilih berbahan kayu karena mudah di dapat dan tahan lama. Semoga dapat menambah wawasan Anda serta dapat menjadi acuan untuk memilih jenis kayu yang tepat untuk pembuatan furniture yang sesuai kebutuhan rumah Anda, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Informasi Jenis Material Kayu Yang Cocok Untuk Mebel Dan Bahan Bangunan "