Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar 10 Jenis Atap Rumah Kekinian

Genteng Rumah Selain memberikan nilai seni dan estetika karena melengkapi sebuah  bangunan menjadi sempurna, nilai fungsional atap juga sangatlah penting. Atap atau genteng meruopakan elemen keusial dari sebuah rumah yang berfungsi melindungi penghuninya dari beragam jenis cuaca sesuai dengan iklim sebuah daerah dimana aap tersebut di gunakan. Pada mulanya atap di rumah-rumah tradisional di Indonesia dibuat dari bahann-bahan alami termasuk rumbia, ijuk dan sebagainya. 

Karena itu, atap berpengaruh yang signifikan dalam menciptakan karakteristik bangunan. Mempertimbangakan hal tersebut sudah selayaknya Anda memikirkan matang-matang desain atap yangakan anda aplikasikan. Jangan sampai atap yang seharusnya dapat memperindah angunan justru memberikna tampilan yang sebaliknya. Supaya tampil menarik sebaiknya selaraskan atap rumah dengan gaya hunian. Untuk rumah bergaya yang anda inginkan mosalnya genteng tanah liat atau alang-alang bisa dijadikan pilihan.

Perkembangan zaman dan meningkatnya standar kenyamanan manusia membuka jalan bagi perkembangan jenis atap atau genteng baru non organik yang lebih kokoh dan awet. Saat ini pun banyak jenis atap rumah yang minimalis. Tentu atap atau genteng rumah minimalis ini tergantung dari bahan pembuatannya. bukan hanya perlu memikirkan bahan pembuatan dari jenis apa saja. Akan tetapi Anda pun harus memperhatikan bagaimana konstruksi daari atap tersebut beseerta kemiringannya.Atapa Sebagai Elemen Estetik bangunan tidak bis dipungkiri, atap merupakan elemen bangunan secara visual cukup dominan.

Gambar jenis penutup atap, rumah
Gambar jenis penutup atap, rumah karyatukang.com

Hala penting utama sebagai syarat yang harus memiliki atap-atap untuk rumah yaitu tentunnya mengenali lebbih jauh kepentingan darai atap rumah. saataini sedang berlangsung pembangunana atap rumah, syarat urtamnnya yaitua ,memahami fungsi dan mengetahui apa saja yang harus dimiliki oleh atap rumah tersebut.Memilih bahan dari atap atau genting untuk rumah juga berpengaruh dalam memiliki bahan bahan yang trbaik untuk atap rumah. sebelumumnya telah disebutkan jika atap rumah merupakan salah satu fungsi utam dan jugag syarat utama sebuah bangunan yang disebut sebagai rumah, karena sebagai pelindung sebuah bangunana yang melindungi dari hujan.

Dengan kata lain menggunakan atapa atau genteng yang berbahan metal atau logam yang memiliki tahan lama sehingga dapat lebih diandalkan. Agar memperoleh atap dan genteng rumah yang bagus, Anda harus memperhatikan kebutuhan untuk bagian mana atap tersebut akan digunakan. Selain itu Anda pun bisa memiliih desain sesuai dengan dana yang kamu punya. Karena saat ini ada berbagai jenic atap rumah, maka dari itu harga atap pun kini bervariasi. Sebelum memilih kami juga menginformasaikan interior design sangat dibutuhkan dan membantu Anda agar mempermudah pengerjaannya. Alangkah baiknya Anda pertimbangkan dengan menyimak terlebih dahulu beragam jenis atap atau genteng beserta karakteristiknya.

1. Atap Genteng Tanah Liat 

Atap enteng tanah liat adalah jenis atap yang paling umum digunakan saat ini. Sebagian bahan atap lokal, genteng baru berkemgbang pada awal abad 20. Semula didatangkan oleh pihak Belanda sebagai atap hunian dan pabrik-pabrik gula mereka, genteng tanah liat kemudian mulai populer di kalangan masyarakat lokal. Saat ii ada berbagai jenis atap genteng dengan nama lokal yang unik, seperti genteng kodok, plentong, garuda, kojer, press dan lain-lain. Jenis atap rumah dari genteng tanah liat ini pun memiliki berbagai model dan bentuk. 

Namun saat ini genteng masih menjadi pilihan untuk atap rumah. Hal ini karena bahan yang digunakan dari tanah liat, maka agenteng pun termasuk jenis atap yang kuat. Selain itu, pemasangan genteng pun cukup mudah dilakukan dan juga aman terhadap serangan serangga. Meskipun memiliki keungulan atap dari genteng pun ada kekurangannya juga.  meski mudah dalam pemasangannya akan tetapi menggunakan genteng sebagai atap membutuhkan banyak kayu untuk menyangga. atap dari genteng tanah liat ini pun mudah berjamur dan berlumut jika kamu tidak menggunakan cat pelapis, pada saat pemasangan membutuhkan ketelitian, agar tidak mudah melorot dan juga bocor.

Gambar atap genteng dari tanah liat
Gambar atap genteng dari tanah liat sumber jayawan.com

2. Atap Canopy 

Atap ini bis kamu temui untuk area teras rumah ataupun car port. Pemasangan dari atap canopy ini sendiri biasanya langsung dengan jasa las yang ada. Menggunakan atap canopy ini tentu saja bisa membiat rumah kamu terlihata lebih manis. Selain itu kamu pun bisa memilih aneka warna untuk atap canopy rumah kamu. menggunakan atap canopy bisa menguntungkan , karena memiliki daya tahan cukup tinggi. Namun jika menggunakan atapa canopy sat hujan daatang tentu saja bis berisik. Harga dari atap canopy ini pun beragam tergantung dari kualitas yang dihadirakan atau sesuai yang Anda butuhkan. 

Gambar atap kanopi carporat dan keunggulnnya
Gambar atap kanopi carporat dan keunggulnnya sumber totallogam.com 

3. Genteng Kaca

Jenis genteng ini transparan sehingga dapat dimasuki sinar matahari karena terbuat dari kaca. seperti halanya jendela kaca, natural light dapat menghemat penggunaan listrik pada pagi hingga sore hari. Dilihat daari bentuknya yang berkesan modern, jenis ini cocok digunakan untuk modela rumah minimalis. Karena transparan dan matahari dapat masuok, hawa panas Anda sehingga penggunaan jenis ini biasanya sebagai atap indoor atau dalam. Namun Anda perlu berhati-hari karena material kaca cukup rntan pecah.

Gambar genteng kac alternatif pencahayaan alami hunian
Gambar genteng kac alternatif pencahayaan alami hunian sumber dokoruma.com 

4. Atap Cor Beton 

Atap beton Cor biasanya dipasang pada rumah yang memiliki lanti lebih dari satu Manfaat dari atap ini jugag banyak seperti untuk bersanti dan menjemur pakaian. ahan atap dari beton cor juga memiliki tingkat ketahanan yang tinggi terhadap berbagai cuaca maupun pelapukan.

Gambar atap cor beton
Gambar atap cor beton sumber pengadaan.web.id

5. Atap Aspal 

Atap aspal dibuat dari campuran aspal dan bahan kimia lainnya. Kelebihannya, lebar ringan jika dibandingkan dengan atap mental maupun kleramik. Akan tetapi atap as[al membutuhkan kerangka yang cukup kuat untuk menopang beratnya yang  lebih besar.

Gambar atap bitumen aspal korea
Gambar atap bitumen aspal korea sumber athariz-stell.com 

6. Atap Kubah (Dome Roof)

Atap kubah yang akan menjadi penutup rumahmu mungkin juga bisa menjadi referensi selanjutny. Atap kubah sangat bagus untuk menambahkan kesan unik pada rumahmu. BIasanya kamu bis menemukan atap kubah seperti di tempat-tempat ibadah. Untuk membangun jenis atap ini, kamu harus mempersiapkan material yang cukup sulit di temukan. Karena tidak sedikit  yang mempunyai material lentur melengkung seperti atap kubah. PIlihannya adalah baja ringan yang disusun satu persatu ataupun beton yang dapat dibentuk. 

Gambar atap kubah
Gambar atap kubah sumber tokopedia.com

7. Atap Piramida 

Atap satu ini memang paling cocok ditemukan dalam segala kondisi. Atap piramida sebagian besatr digunakan untuk bangunan yang lebih kesil, seperti bungalow dan kabin. Mereka juga digunakana untuk struktur tambahan, seperti garasi rumah, bangunan penyimpanan dan kolam rumah. yang paling unggul adalah ketahanannya yang kokoh karena memang sangat simetris dalam medan apa pun.

Gambar model atap rumah, piramida
Gambar model atap rumah, piramida sumber casaindonesia.com

8. Genteng Garuda

Jenis genteng inimemiliki desain 2 gelomang atau talangan yang berfungsi menahan air. Gelombang ini berfungsi mengikat genteng satu sama lain sehingga tampilannya juga terlihat lebih artistik. Anda perlu berhati-hati dalam penyusunan yang harus agak tegak rembesan air tidak terjadi. TErdapat dua jens betuk genteng ini yaitu genteng garuda gelombang dan genteng garuda sudut. Ukuran rata-rata yaitu panjang 31c m, lebar 24cm, beerat  rata-rata 2 kg.

Gambar genteng garuda
Gambar genteng garuda sumber atapprima.com

9. Atap Kain Terpal 

Jenis atap ini juga cocok diaplikasikn pada atap sebuah jendela. Beerasal dari bahan kain terpal dan plastik yang elastis atap kain terpal bertumpu pada kerangka besi yang di bentuk sesuai keinginan.

Gambar atap kain, tenda membrane
Gambar atap kain, tenda membrane sumber fawningjayalana.co.id

10. Atap Rumbia

Bila atap rumah yang satu ini terbilang sangat unik sebab di buat dari bahan daun tebu keringa yang ditata mejadi atap rumah. Atap ini biasa memberikan kesan alami dan tradisional sehingga cocok diterapkan bagi Anda yang tinggal di daerah pegununggan.

Gambar atap rumbi, bambu dan galam
Gambar atap rumbi, bambu dan galam bukalapak.com

Itulah beberapa jenis atap genteng yang bisa Anda ketahui. Tak hanya ruamah indah, kesejukan juga menjadi hal yang penting dalam memperbaiki atau membeli rumah, kami juga informasikan selain memudahkan untuk membangun rumah dengan konsep minimalis dan kesederhanaan anda perlu jasa bangun rumah dengan demikian hasilnya pasti akan memuaskan. Demikian ulasan yang saya sampaikan semoga dapata membantu dan memilih genteng atap rumah yang baik dan nyaman untuk rumah Anda semogga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Daftar 10 Jenis Atap Rumah Kekinian "