Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar 10 SMK Teknik dan Tata Busana di Jogja

Sekolah Menengah Kejurusan (SMK) adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menylenggarakan pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah sebagai lanjutan SMP/MTs atau bentuk lain yang sederajat atau lantujan dari hasil belajar yang diakui sama/setara SM/MTs.(UU Nomor 20 Tahun 2013, Pasal 18 ayat 3). Pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. (UU Nomor 20 Tahun 2013, Penjelasan 15).

Sekolah Menengah Kejuruan disamping memberi bekal siswa untuk memasuki lapangan kerja, siswa juga dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi sesuai dengan kejuruannya.Pada Pendidikan Kejuruan memberikan suatu bentuk pengembangan bakat, pendidikan dasar keterampilan dan kebiasaan-kebiasaan yang mengarah pada dunia kerja yang di pandang sebagai latihan keterampilan. Siswa akan disiapkan untuk memasuki persaingan di dunia kerja. Kegiatan sangat ditentukan untuk mendapatkan dan meningkatkan pengalaman bekerja di persaingan dunia kerja.

Dari beberapa pendapat di atas, maka peneliti  dapat menyimpulkan bahwa Sekolah Menengah Kejuruan adalah bentuk satuan pendidikan menengah  yang bertujuan untuk menyiapkan siswa memasuki lapangan kerja maupun untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Seorang siswa SMK harus tepat dalam memilih jurusan yang sesuai dengan bakat dan minatnya sendiri serta yang sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. Hal ini berkaitan dengan peluang untuk dapat bersaing di dunia kerja. 

Karakteristik Sekolah Memengah Kejuruan (SMK)

Pada umumnya pendidikan kejuruan memiliki karakteristik yang berbeda dengan pendidikan umum, ditinjau dari kriteria pendidikan, substansi pelajaran, dan lulusan. Anak didik atau siswa memiliki karakteristik tertentu dan Kriteria yang harus dimilliki oleh pendidikan kejuruan adalah :

a. Belum memiliki pribadi dewasa sosila sehingga masih menjadi tanggung jawab pendidik.

b. Masih menyempurnakan aspek tertentu dari kedewasannya, sehingga masih menjadi tanggung jawab pendidik.

c. Memiliki sifat-sifat dasar manusia yang sedang berkembang secara terpadu yaitu kebutuhan biologis, rohani, sosial, inteligensi, emosi, kemampuan berbicara, anggota tubuh bekerja (kakai, tangan, jari), latar belakang sosial, latar belakang biologis (warna kulit, bentuk tubuh, dan lainnya), serta perbedaan individual.

Meningkatkan Peran Guru dan Fungsi Guru 

Kebutuhan warga SMK harus di perhatikan termasuk juga kesejahteraan guru dan tenaga tata usaha. Apabila kesejahteraan guru terjamin, guru dapat memberi perhatian yang lebih kepada pengajaran. Dalam dunia pendidikan, peran dan fungsi guru merupakan salah satu faktor yang sangat signifikan, Guru merupakan bagian terpenting dalam proses belajar mengajar, baik di jalur pendidikan formal, informasi maupun nonformal. OLeh sebab itu, dalam setiap paya peningkatan kualitas pendidikan di tanah air, guru tidak dapat di lepaskan dari berbagai hal yang berkaitan dengan eksistensi mereka. Guru adalah pendidikan profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

Berdasarkan definisi diatas,tercapai tidaknya tujuan diatas sangat tergantung pada masukan dan sejumlah variabel dalam proses pendidikan. Salah satu variabel dalam proses pendidikan. Salah satu variasi variabel proses pendidikan yang menentukan ketercapaian tujuan SMK adalah kerja sama antara SMK dengan dunia usaha dan dunia pendidikan tinggi(Depdikbud,1995). Semakin erat hubungan antara SMK dengan dunia pendidikan tinggi, logikanya semakin baik kualitas tamatannya, yang berati kualitas tamatan dapat di tingkatkan karena di dunia pendidikan tinggi, ilmu dan teknologi akan berkembang.

Busan butik adalah kompetensi keahlian program studi keahlian Tata Busana yang menekankan pada bidang pembuatan busana dalam pengelolaan dan penyelenggaraan usaha busana serta mampu berkompetisi dalam mengembangkan sikap profesional dalama bidang busana. Kompetensi keahlian Busana Butik menyiapkan peserta didik untuk memiliki kemampuan pengetahuan dan keterampilan dalam pembuatan busana. Tata busana merupakan sutu disiplin ilmu dan seni mengenai penerapan desain, estetika, dan keindahan alami untuk pakaian dan hiasan tambahan. 

Teknik Busana Butik Jurusan ini mempelajari tentang bidang industri kerumah tanggaan bidang konveksi. Diharapkan melalui sistem pembelajaran teori dan praktikum menghasilkan tamatan  ynag memiliki kompetensi dalam bidang tata busana. Pembelajaran menekankan pada kegiatan praktikum yang mendidik siswa menjadi lebih terampil dalam membuat berbagai macam jenis busana. Sehingga membantu siswa untuk memiliki jiwa wirausaha dan dapat memiliki bekal untuk menciptakan peluang usaha setelah lulus.

Berikut ini daftar SMK Teknik & Tata Busana di Jogja 

1. SMK Negeri 4 Jogja

Sekolah ini beralamat di Jl. Sindikan No.60, Sorosutan, Kec. Umbulharjo, Kota  Yogyakarta, DI Yogyakarta 55161. Sekolah ini juga bekerja sama dengan Thailand dan pertukaran guru dan murid. Serta menerima peserta didik baru di jurusana yang akan Anda pilih. program keahlian di sekolah ini :  terutama pada Tata Busana, Kecantikan, Kuliner, Usaha Perjalanan Wisata, Akomodasi Perhotelan, Spa and Beauty Therapy. Segera daftarkan diri anda ke SMK N 4 Jogja, bisa menghubungi ke No telp(0274)-372238. Fasilitas 

Gambar SMK N 4 Yogyakarta
Gambar SMK N 4 Yogyakarta sumber smkn4jogja.sch.id

2. SMK Negeri 6 Jogja

Sekolah ini beralamat di Jl. Kenari No.4, Semaki, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta 55166. SMK N6 Yogyakarta adalah salah satu sekolah menengah kejuruan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sekolah ini memiliki jurusan Tata Busana, Perjalanan Wisata, Perhotelan, Kuliner, dan Spa Beauty Treatment serta kecantikan. Bagi Anda yang bersekolah di sini  bisa menghubungi ke No telp (0274)-512251

Gambar SMK N 6 Yogyakarta
Gambar SMK N 6 Yogyakarta sumber smkn6jogja.sch.id

3. SMK Muhammadiyah 4 Jogja

Sekolah SMK Muh 4 Jogja yang beralamat di Jl. Suryodiningratan No.862, Suryodiningratan, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta 55141. Sekolah ini mendidik siswa-siswi menjadi generasi yang islami, sosial dan bermasyarakat serta mengampu bidanga keahlian seperti Tata Busana,  Rekayasa Perangkat Lunak dan Tata Boga. Bagi Anda yanga sudah lulus dari menengah pertama segera daftarkan diri Anda di Sekolah ini atau bisa hubungi No telp (0274)-384992

Gambaar Profil SMK MUH 4 Jogja sumber smkmuh4-yog.sch.id

4. SMK Al Munawwir Tata Busana (Putri)

Sekolah ini beralamat di Komplek Q, Jl. D.I Panjaitan, Kerapyak Kulon, Panggungharjo, Kec. Sewon, Bantul, DI Yogyakarta 55143. Bagi anda yang menginginkan sekolah sambil nyantri di sini tempatnya Sekolah ini berbasis pondok pesantren dan mengampu  Program Keahlian Tata Busana selain itu juga memdidik para siswa agar menjadi manusia agamis produktif dan berguna bagi masyarakat dan berjiwa kewirausahaan.  segera daftarkan diri Anda atau hubungi ke No telp (0274)-376581

Gambar ruangan tata busana SMK Almunawwir
 Gambar ruangan tata busana SMK Almunawwir sumber almunawwir.com

5. SMK Negeri 1 Sewon

Sekolah  SMK N 1 Sewon ini beralamat di Jl. Bantul No.Km 7, Rogoitan, Pendowoharjo, Kec. Sewon, Bantul, DI Yogyakarta 55185. Busana Butik merupakan salah satu kompetisi keahliandari kompotensi keahlian yang dimiliki oleh SMK N 1 Sewon Bantul. Kompensi ini menawarkan kepada para siswa untuk dapat bmendalami dunia tata busan dengan baik agar setelah lulus bisa profesional di bidang tata busana. Dengan meraihnya akreditasi A dari badan Akreditasi Nasional (BAN) meenjadikan kompetensi keahlian ini semakin meningkatkan kualitasnya. Bagi siswa-siswi bisa mengaftaar langsung atau menghubungi No telp (0274)-6466054.

Gambar ruangan teknik busana SMK N1Sewon
Gambar ruangan teknik busana SMK N1Sewon sumber smk1sewon.blogspot.com

6. SMK Muhammadiyah 1 Imogiri

Sekolah ini biasa di sebut Muhim atau SMK MUH1 Imogiri ii beralamat di Jl. Bakulan-Imogiri, Grjoyo, Dukuh, Imogiri, Kec. Imogiri, Bantul, DI Yogyakarta 55782. Untuk dapat masuk ke dalam industri tersebut maka lulusan harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai. Jurusan Busana Butik merupakan salah satu jawaban untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan di bidan busana. sekolah SMK Muhim siap menghantarkan spiswa-siswi untuk bersaing di dunia kerja industri maupun nyata. Saat ini SMK Muhim memiliki empat jurusan yang di andalkan yaitu Teknik Busana Butuk, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Bisnis Sepeda Motor, Teknik Komputer Jaringan. Bagi Anda yang ingin bersekolah SMK MUH 1 I mogiri bisa menghubungi ke No telp (0247)-6460876. 

Gambar profil SMK Muhammadiyah 1 Imogiri
Gambar profil SMK Muhammadiyah 1 Imogiri sumber sekolah.data.kemendikbud.go.id

7. SMK Negeri 2 Sewon

Sekolah SMK N 2 Sewon yang berlokaasi di Jl. Cangkringmalang, Timbulharjo, Kec. Sewom, Bantul, DI Yogyakarta 55186. Tata busana merupakan sutu disiplin ilmu dan seni mengenai penerapan desain, estetika, dan keindahan alami untuk pakaian dan hiasan tambahan. Maka sekolah ini memiliki program keahlian yang di andalkan yaitu  Teknik Busana, Multimedia, Kriya Tekstil, DKV terutama pada jurusan tata busan menghrkan siswa-siswi bersaing dalam dunia kerja nyata ataupun indusrti. Bila anda ingin bersekolah di sini bisa menghubungi segera ke No telp (0274)-6463472

Gambar profil SMK N 2 Sewon
Gambar profil SMK N 2 Sewon sumber google maps

8. SMK Muhammadiyah Bangunjiwo

Sekolah ini beralamat di Jl. Ngentak-Kalirandu Jl. Paleman No.RT04, kalirandu, Bangunjiwo, Kec, Kasihan, Bantul, DI Yogyakarta 55184 No. Sekolah ini Menghasilkan tenaga menengah yang profesional dalam bidang busana secara formal dan non formal di bidang industri busana. Menghasilkan tenaga menengah profesionaladi di bidang produksi garmen, pengendalian mutu busana. Menghasillkan tenaga memengah profesional di bidang wirausaha busana. Mempelajari beberapa keahlian:pembuatan pola, pembuatan busana, desain busana dll. BIla Anda inigin mendaftarkan di sekolah ini bisa menghubungi No telp (o274)-2812402

Gambar SMK Muhammadiyah Bangunjiwo
Gambar SMK Muhammadiyah Bangunjiwo sumber sekolah.data.kemendikbud.go.id

9. SMK Pelita Buana 

Sekolah SMK Pelita Buana yang beralamat di  Jl. Parangtritis No.Km.6, Garoan, Patalan, Kec. Sewon, Bantul, DI Yogyakarta 55781. Teknik Busana Butik Jurusan ini mempelajari tentang bidang industri kerumah tanggaaan bidang konveksi. Diharapkan melalui sistem pembelajaran teori dan praktikum menghasilkan tamatan  ynag memiliki kompetensi dalam bidang tata busana. Sehingga membantu siswa untuk memiliki jiwa wirausaha dan dapat memiliki bekal untuk menciptakan peluang usaha setelah lulus. Sekolah ini memiliki program keahlian seperti Teknik Audio Video dan Teknik Busana Butik segera daftarkan diri Anda  di sini atau bisamenghubungi ke No telp (0274)-6593198

Gambar profil sekolah SMK Pelita Buana
Gambar profil sekolah SMK Pelita Buana sumber google maps

10. SMK Negeri 1 Pandak

Sekolah ini  beralamat di Jl. Ngaran, Gilangharjo, Kec. Pandak, Bantul, DI Yogyakarta 55761. Tata busana merupakan sutu disiplin ilmu dan seni mengenai penerapan desain, estetika, dan keindahan alami untuk pakaian dan hiasan tambahan. Busana butik merupakan salah satu kompetisi keahlian dari kompetensi keahlian yang dimiliki oleh SMK N1 Pandak kompeeisi ini menawarkan kepada para siswa-siswi untuk dapat mendalami dunia tata busan dengan baik agar setelah lulus bisa bersaing di bidang tata busana, seslaiin itu SMK ini memiliki program keahlian seperti: Agribisnis Pengolahan  Hasil Pertanian, Agribisnis Tanaman, Agribisnis Ternak, Tata Busana. Segera daftarkan diri Anda ke ssekolah ini atau menghhubungi ke No telp 0878-3846-6396

Gambar profil SMK N1 PandakGambar profil SMK N1 Pandak sumber smkn1paandak.sch.id

Demikian daftar SMK Teknik atau Tata Busana Jogja dan sekitarnya yang dapat saya sampaikan semoga ke depannya dapat memilih sekolahan berdasarkan yang Anda ingikan, Artikel ini menaruh informasi seputar SMK dengan jurusannya. Semoga dapat membantu dan mencerahkan anda untuk mendaftar sekolahan dan bermanfaat bagi para bembaca, terima kasih semoga bermanfaat. 



Posting Komentar untuk "Daftar 10 SMK Teknik dan Tata Busana di Jogja"