Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Informasi Sekolah SMK di Jogja Beserta Jurusannya

Sekolah Menengah Kejurusan (SMK) adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menylenggarakan pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah sebagai lanjutan SMP/MTs atau bentuk lain yang sederajat atau lantujan dari hasil belajar yang diakui sama/setara SM/MTs.(UU Nomor 20 Tahun 2013, Pasal 18 ayat 3). Pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam dalam bidang tertentu. (UU Nomor 20 Tahun 2013, Penjelasan 15).

Sekolah Menengah Kejuruan disamping memberi bekala siswa untuk memasuki lapangan kerja, siswa juga dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi sesuai dengan kejuruannya. Pada Pendidikan Kejuruan memberikan suatu bentuk pengembsngsn bakat, pendidikan dasar keterampilan dan kebiasaan-kebiasaan yang mengarah pada dunia kerja yang di pandang sebagai latihan keterampilan. Siswa akan disiapkan untuk memasuki persaingan di dunia kerja. Kegiatan sangat ditentukan utnuk mendapatkan dan meningkatkan pengalaman bekerja di persaiangan dunia kerja.

Dari beberapa pendapat di atas, maka peneliti  dapat menyimpulkan bahwa Sekolah Menengah Kejuruan adalah bentuk satuan pendidikan menengah  yang bertujuan untuk menyiapkan siswa memasuki lapangan kerja maupun untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Seorang siswa SMK haruus tepata dalam memilih jurusan yang sesuai dengan bakat dan minatnya sendiri serta yang sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. Hal ini berkaitan dengan peluang untuk dapat bersaing di dunia kerja. 

Meningkatkan Peran Guru dan Fungsi Guru 

Kebutuhan warga SMK harus di perhatikan termasuk juga kesejahteraan guru dan tenaga tata usaha. Apabila kesejahteraan guru terjamin, guru dapat memberi perhatian yang lebih kepada pengajaran.

Dalam dunia pendidikan, peran dan fungsi guru merupakan salah satu faktor yang sangat signifikan, Guru merupakan bagian terpenting dalam proses belajar mengajar, baik di jalur pendidikan formal, informasi maupun nonformal. OLeh sebab itu, dalam ssetiap paya peningkatan kualitas pendidikan di tanah air, guru tidak dapat di lepaskan dari berbagai halayang berkaitan dengan eksistensi mereka. Guru adalah pendidikan profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

Karakteristik Sekolah Memengah Kejuruan (SMK)

Pdaa umumnya pendidikan kejuruan memiliki karakteristik yang berbeda dengan pendidikan umum, ditinjau daari kriteria pendidikan, substansi pelajaran, dan lulusan. Anak didik atau siswa memiliki karakteritik tertentu dan Kriteria yang harus dimilliki oleh pendidikan kejuruan adalah :

  • Belum memiliki pribadi dewaasa susila sehingga masih menjadi tanggung jawab pendidik.
  • Masih menyempurnakan aspek tertentu dari kedewasannya, sehingga masih menjadi tanggung jawab pendidik.
  • Memiliki sifat-sifat dasar manusia yang sedang berkembang secara terpadu yaitu kebutuhan biologis, rohani, sosial, inteligensi, emosi, kemampuan berbicara, anggota tubuh bekerja (kakai, tangan, jari), latar belakang sosial, latar belakang biologis (warna kulit, bentuk tubuh, dan lainnya), serta perbedaan individual. 
  1. Orientasi kinerja individu pada duni kerja.
  2. Jastifikasi khusus pada kebutuhan nyata di lapangan. 
  3. fokus kurikulum pas aspek kognif, afektif, dan psikomotrik.
  4. Tolak ukur keberhasilan tidak hanya di sekolah. 
  5. kepekaan pada perkembangan dunia kerja.
  6. memerlukan saran dan prasarana yang memadai. 
  7. adanya dukungan masyarakat.

Berdasarkan definisi diatas,tercapai tidaknya tujuan diatas sangat tergantung pada masukan dan ssejumlah variabel dalam proses pendidikan. Salah satu variabel dalam prosses pendidikan. Salah satu variasi variabel proses pendidikan yang menentukan ketercapaian tujuan SMK adalah kerja sama antara SMK dengan dunia usaha dan dunia pendidikan tinggi(Depdikbud,1995). Semakin erat hubungan antara SMK dengan dunia pendidikan tinggi, logikanya semakin baik kualitas tamatannya, yangn berati kualitas tamatan dapat di tingkatkan karena di dunia penndidikan tinggi, ilmu dan teknologi akan berkembang.

Berikutini Daftar 10 SMK dan Jurusannnya  di Jogja 

1. SMK Negeri 2 Yogyakarta (STM 1)

Sekolanh ini beralamat Jl. AM Sangaji 47 Yogyakarrta 55233. Sekolah ini merupakan salah satu sekolah menengah tertua di indonesia dan cukup punya nama di duni industri maupun pemerintahan. bagi siswa/i ingin bersekolah di tempat ini bisa hubungi No telp (0274)-513490 fax (0274)-512639.

Kompotensi Keahlian/ Jurusan dan Akreditasi: 

- Konsentruksi Gedung, Sanitasi dan Perawatan-A
- Desain permodelan dan Informasi Bangunan -A 
- Teknik Audio Video-A   
- Teknik Instalasi Tenaga Listrik -A 
- Teknik Pemesinan-A
- Teknik Kendaraan Ringan Otomotif-A
- Teknik Geomatika-A
- Teknik Komputer dan Jaringan-A
- Multimedia-A 

Gambar SMK Negeri 2 Yogyakarta
Gambar SMK Negeri  2 Yogyakarta sumber goodnewsfromindonesia.id

2. SMK Negeri 3 Yogyakarta (STM2)

Bagi Anda yang ingi bersekolah di SMK/ STM2 yang beralamat Sekolah ini di Jl. R.W. Monginsidi 2 Yogyakarta Sekolah ini bekerjasama dengan pabrik-pabrik yang ada di indonedia agar mejadi generasi yang bersaing di dunia industri, segera daftar dan bisa hubungi No Telp/ Fax: (0274)-513503

Kompetensi Keahlian/ Jurusan dan Akreditasi:

- Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan-A
- Bisnis Konstruksi& Properti-A
- Teknik Audio Video-A
- Tenkik Instalasi Tenaga Listrik-A
- Teknik Pemesinan-A 
- Teknik Kendaraan Ringan Otomotif-A 
- Teknik Komputer& Jaringan-A

Gambar SMK Negeri 3 Yogyakarta STM2
Gambar SMK Negeri 3 Yogyakarta STM2 sumber google maps 

3. SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta 

Sekolah ini beralamat Jl. Pramuka NO.62, Giwangan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta 55163. Sekolah ini merupakan sekolah swasta terbesar di Daerah Istimewa Yogyakarta memberikan pelayanan dan pengajaran secara keagamaaan dan norma  sosial baik di sekolah dan di luar lingkungan sekolah. banyak peserta didik yang sering kebingungan untuk memilih jurusan saat masuk ke jenjang menengah ke atas dan tidak usah kebingungan SMK Muhammadiyah 3 Jogjakarta  yang Terakreditasi A  sekolah ini menyediakan program keahlian seperti:

- Teknik Kendaraan Rngan (Otomotif) 
- Teknik Sepeda Motor
- Teknik Pemesinan 
- Teknik Komputer& aringan
- Teknik Audio Video
- Teknik Arsitektur/Gambar Bangunan
- Teknik Instalasi Tenaga Listrik
Informasi dan konsiltasi bisa hudungi No telp (0274)-372778

Gambar pendaftaran calon siswa SMK Muhammadiyah 3 Jogjakarta
Gambar pendaftaran calon siswa SMK Muhammadiyah 3 Jogjakarta sumber jogja.tribun.news.com 

4. SMK Negri 1 Sayegan Sleman  

Sekolah ini beralamat di JL.Kebonagung,KM. 8,5, Margomulyo, Sayegan, Mriyan Margomulyo, Kec. Sayegan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta 55561. Sekolah ini bekerja sam dengan pabrik dan tidak diragukan lagi silahkan cek sekolah ini menerima siswa baru dengan jurusan yang tersedia di sekolah ini seperti : 
  • Teknik Kendaraan Ringan (Otomotif)
  • Teknik Komputer Jaringan  
  • Teknik Ototronik
  • Teknik Gambar & Bangunan
  • Teknik Fabrikaasi Logam
  • Teknik Sepeda Motor
  • Teknik Kontruksi & Beton   
Hubungi segera No telp (0274)-866442

Gambar  SMK N 1 Seyegan
 Gambar  SMK N 1 Seyegan sumber smkn1seyegan.sch.id

5. SMK Ma'arif 2 Sleman

Sekolah ini beralamat Jl.Bibis, Sono Kulon, Merdikorejo, Kec. Tempel, Kab. Sleman, DI Yogyakarta 55552. SMK Ma'arif 2 Sleman adalah sekolah menengah kejuruan swasta yang dikelola oleh lembaga pendidikan Ma'arif NU Daerah Istimewa Yogyakarta ssekolah ini memiliki  program keahlian :
  • Teknik Otomotif
  • Tata Busana
  • Tata Boga
Bagi Anda yang di sekitar seyegan sleman saya sarankan untuk bersekolah di SMK Ma'arif 2 Sleman karna memiliki guru dan tempat yang menyenagkan serta baik sopan, santun sapa dan salam segera daftarkanadiri Anda ke SMK Ma'arif atau hubungi ke No telp 0815-6856-035.

Gambar Sekolah SMK MA'ARIF 2 SLEMAN
Gambar Sekolah SMK MA'ARIF 2 SLEMAN sumbe google maps

6. SMK Muhammadiyaih Imogiri

Sekolah Muhammadiyah 1 Imogiri ataua yang sering dikenal dengan sebutan SMK Muhim Jogja yng beralamat di Jl. Bakulan-Imogiri, Giriloyo, Dukuh, Imogiri, Kec. Imogiri, Bantul, DI Yogyakarta 55782. Bila berminat masuk ke SMK Muhim Jogja Anda bisa hubungi telp (0274)-6460876 atau guru produktif (TKR) 087738974191. Sekolah ini mengampu Program Keahlian:
  • Teknik Kendaraan Ringan (TKR)
  • Teknik Sepeda Motor 
  • Teknik Busana Batik
  • Teknik Kmputer Jaringan 
Gambar Mobil tenaga surya karya SMK Muhammadiyah 1 Imogiri
Gambar Mobil tenaga surya karya SMK Muhammadiyah 1 Imogiri sumber m.mediaindonesia.com

7. SMK Tamansiswa Jetis  

SMK Tamansiswa Jetis yang beralamat di Jl. Pakunungratan No.34A, COkroningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta 55233. Sekolah ini mengampu/ kopetensi yang di buka program keahlian :
  • Teknik Kendaraan Ringan
  • Multimedia
  • Teknik Bisnis Kendaraan Sepeda Motor
BIla berminat masuk ke Sekolah  SMK Tamansiswa Jetis bisa hubungi ke No telp (0274)-515836

Gambar jurusan TKR SMK Tamansiswa Jetis
Gambar jurusan TKR SMK Tamansiswa Jetis sumber ppdb.smktamsis-yk.com

8. SMK Piri 1 Yogyakarta

SMK Piri 1 Yogyakarta yang beralamat di Jl. Kemuning No.14 Baciro, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta 55225. Sekolah ini memiliki program keahlian yaitu Teknik Kendaraan Ringan(TKR), Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL), Teknik Audio Video (TAV), Teknik Pemesinan (TP), dan Teknik Sepeda Motor (TSM). Bila berminat bersekolah di sini bisa hubungi No telp (0274)-515251 

Gambar SMK Piri 1 Yogyakarta
Gambar SMK Piri 1 Yogyakarta sumber google maps

9. SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro 

Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro ini beralamat di Jl. Samas Km.2,4, Sumbermulyo, Bambanglipuro, Kanutan, Sumbermulyo,Kec. Bantul, Bantul, DI Yogyakarta 55764. Sekolah di SMK Muhmmadiyah 1 Bambanglipuro ini  memilikli program keahlian :
  • Teknik Kendaraan Ringan/Mekanik Otomotif
  • Rekayas Perangkat Luak
  • Multimedia
  • Teknik Sepeda Motor 
Bagi siswa-siswi berminat sekolah di sini atau calon peserta didik baru bisa menghubungi No telp (0274)-6460410

Gambar Sekolah Muhammadiyah 1 Bambanglipuro
Gambar Sekolah Muhammadiyah 1 Bambanglipuro sumber google maps

10. SMK Muhammadiyah 1 Bantul 

Sekolah ini biasa di sebut STM Manding atau Musaba terletak di Jl. Parangtritis Km.12 Manding Trirengo Bantul 55714.  Bagi Anda yang ingin bersekolah di sini sangata di sarankan terutama jurusan otomotif, disini banyak yang sekolah langsiung kerja karena sekolah ini bekerja sama dengan pabrik atau PT yang ada di indonesia dan bisa di salurkan ke luar negeri juga. programa keahlian di Sekolah Musaba atau SMK MUH 1 Bantul :
  • Teknik Kendaraan Ringan Otomotif
  • Teknik Audio Video
  • Teknik Bisnis Sepeda Motor 
  • Rekayasa Perangkat Lunak
Bagi anda yang bermonat mendftar ke sekolah ini bisa hubungi ke No telp (0274)-367954/085713333002

Gambar Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Bantul
Gambar Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Bantul sumber pustakawanjogja.blogspot.com

Demikianlah informasi mengenai  SMK dan jurusannya di Jogja yang bisa saya sampaikan kepada Anda semuanya. Sebagai bahan pertimbangan dalam memilih SMK untuk memasuki sebuah jurusan tertentu dan semoga tidak salah memilih sekolahan yang akan Anda daftar, semoga ulasan ini dapat membantu dan bermanfaat untuk Anda, terimakasih.

Posting Komentar untuk "Informasi Sekolah SMK di Jogja Beserta Jurusannya "