Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Obyek Pariwisata di Kaliurang dan Sekitarnya yang Wajib untuk Dikunjungi

Ketika berkunjung ke Yogyakarta masih terasa kurang apabila tidak mampir ke salah satu daerah di wilayah Yogyakarta. Sebuah daerah yang menyuguhkan keasrian alam dan banyaknya obyek pariwisata yang dimiliki. Kaliurang namanya, sebuah daerah yang terletak pada salah satu kabupaten di Yogyakarta ini layak untuk disinggahi.
Foto gerbang masuk ke wilayah Kaliurang, sumber : annisa.my.id

Secara geografis letak Kaliurang berada di sebelah sisi utara kabupaten Sleman yang tepat berada di bawah atau kaki Gunung Merapi. Salah satu gunung yang terkenal dengan keaktifan dan keganasan serta keindahan alamnya. Kaliurang memiliki tanah yang subur, maka tak heran apabila banyak tanaman hijau yang terdapat di daerah ini. 

Untuk menuju ke daerah ini kita diharsukan menempuh jarak kurang lebihnya 25 km dengan waktu tempuh sekurangnya 50 menit dari arah Malioboro sebagai pusat perbelanjaan wisatawan ketika berkunjung ke kota Yogyakarta. Jarak dari stasiun Tugu kurang lebihnya 24 km dengan waktu tempuh sekurangnya 48 menit melalui jalan Kaliurang. Sedangkan untuk jarak dari Bandara Adisucipto kurang lebihnya sejauh 24 km dengan waktu tempuh sekurangnya 48 menit melalui jalan raya Ngemplak.

Di daerah Kaliurang ini pengunjung dapat menemukan berbagai pilihan jenis obyek pariwisata. Mulai dari jenis obyek wisata air, museum dan masih banyak lagi jenis yang lainnya. Mengingat untuk daerah Kaliurang dan sekitarnya terdapat banyak kawasan wisata yang mulai didirikan atau dikembangkan.

Untuk melihat atau memperlajari obyek pariwisata mana saja yang berada di daerah Kaliurang dan sekitarnya. Kita dapat melihat dan mempelajari penjelasan yang ada di bawah ini. Berikut adalah beberapa pilihan obyek pariwisata yang ada di daerah Kaliurang dan sekitarnya. 

7 Daftar Obyek Pariwisata di Kaliurang dan Sekitarnya yang Wajib untuk Dikunjungi

Kaliurang terkenal dengan kesuburan tanah yang dimiliki. Selain dari tingkat kesuburan tanah yang dimiliki, Kaliurang juga memiliki pemandangan alam atau sumber daya alam yang cukup mengagumkan. Maka tak jarang banyak yang mulai mengembangkan beberapa tempat obyek pariwisata di sana. Entah itu dari Kedinasan maupun dari pihak swasta atau sekelompok masyarakat. 

Untuk melihat lebih jelasnya, berikut adalah tujuh daftar obyek pariwisata di Kaliurang dan sekitarnya yang layak dan wajib untuk dikunjungi. 

1. Taman Wisata Kaliurang

Taman Wisata Kaliurang adalah sebuah kawasan wisata yang mnyuguhkan pemandangan alam yang indah dan terdapat banyak tempat unutk bermain atau rekreasi. Dengan pemandangan tanaman atau pepohonan hijau serta kesejukan dan keasriannya membuat kita semakin betah untuk berlama-lama di tempat ini. Tidak hanya itu saja, pengunjung juga dapat melihat begitu kokoh dan gagahnya Gunung Merapi yang menjulang tinggi. Karena tempat ini berada tepat di kaki Gunung Merapi. 
Taman wisata Kaliurang, sumber : wisataselaman.com

Selain dari pemandangan dan keasrian yang disuguhkan. Kawasan wisata ini juga terdapat banyak pilihan wahana permainan atau rekreasi yang ada. Fasilitas outbond seperti Flying Fox dapat pengunjung temukan di kawasan ini. Bentuk rumah pohon Ridz High Rope pun tak ketinggalan dapat pengunjung jumpai di obyek wisata ini. 

2. Taman Gardu Pandang Kaliurang

Foto air mancur di kawasan wisata, sumber : jejakpiknik.com

Salah satu taman yang berada di Kaliurang selain dari Taman Wisata Kaliurang adalah Taman Gardu Pandang Kaliurang. Sebuah taman yang lebih tepatnya berada di Kaliurang, Hargobinangun, Pakem kabupaten Sleman ini pengunjung dapat menikmati pemandangan alam serta gagahnya Gunung Merapi. Selain dikenal sebagai Taman Gardu Pandang Kaliurang, obyek wisata ini juga biasa di kenal dengan Taman Lampion atau biasa juga disebut dengan istilah Turgo Hill. 

Di dalam kawasan obyek wisata ini pengunjung dapat melihat berbagai peopohonan dan tanaman hijau serta pemandangan dari lereng Gunung Merapi hingga puncak Gunung Merapi. Ketika sore atau malam hari, pengunjung dapat menikmati gemerlapnya berbagai jenis dan bentuk lampion yang ada. Sebuah penampilan air mancur yang beraneka ragam gerakannya serta dihiasi dengan cahaya lampion yang berwarna-warni dapat pula kita temukan di kawasan ini. 

3. Tlogo Putri Kaliurang

Obyek wisata lain di Kaliurang yang layak atau wajib dikunjungi adalah obyek wisata Tlogo Putri Kaliurang. Kawasan wisata yang memiliki sebuah embung dan dilengkapi dengan tempat rekreasi atau wahana bermain untuk para pengunjung. Selain itu suasana yang masih asri dan terdapatnya banyak pepohonan hijau menambah kawasan ini menjadi salah satu tempat tujuan rekreasi bersama keluarga ataupun sahabat. Apalagi dengan adanya fauna berupa Monyet dan jenis fauna lainnya yang ada di sekitaran kawasan obyek wisata tersebut menambah nilai tambah lagi untuk kawasan wisata ini.
Foto embung di kawasan wisata, sumber : tribunnews.com

Berada di kawasan wisata ini pengunjung dapat menikati beragam macam kuliner khas Kaliurang yang di jajakan oleh para pedagang yang ada. Selain itu pengunjung juga dapat menikmati beberapa pertunjukan atau pagelaran seni yang diadakan oleh para pengelola obyek wisata ini. Pagelaran seni ini diadakan bergantian dari hari ke hari di atas panggung kesenian yang ada di kawasan ini. 

4. Air Terjun Tlogo Muncar

Foto air terjun Tlogo Muncar, sumber : travel.detik.com

Bagi kalian yang suka dengan wahana air, maka obyek wisata ini sangat cocok bagi kalian yang ingin bermain air di kaki Gunung Merapi. Obyek wisata Air Terjun Tlogo Muncar menyuguhkan sebuah pemandangan air terjun yang memiliki air jernih serta diimbangi dengan keasrian atau kesejukan kawasan ini. Terdapat banyak pepohonan hijau yang tumbuh subur di kawasan wisata ini. Selain itu air terjun ini terkenal dengan adanya mitos bahwa siapa saja yang mandi di air terjun ini akan membuat wajahnya menjadi awet muda. 

Selain dari pemandangan alam dan jernihnya air yang dimiliki, obyek wisata ini menyediakan berbagai macam wahana permainan anak. Jadi sangat cocok buat kita yang sedang mencari tempat rekreasi bersama sanak saudara dan keluarga. Apalagi kesejukan dan keasrian tempat yang ada semakin membuat kita dan keluarga semakin betah berlam-lama di kawasan wisata ini. 

5. Museum Gunung Merapi

Kawasan wisata lain yang berada di Kaliurang adalah obyek wisata Museum Gunung Merapi. Museum ini dibentuk sebagai salah satu tempat sarana pendidikan terkait salah satu gunung teraktif di dunia yakni Gunung Merapi. Di dalam kawasan ini pengunjung dapat menikmati atau mempelajari berbagai hal terkait gunung merapi.
Foto Museum Gunung Merapi tampak atas, sumber : alodiatour.com

Ketika pengunjung memasuki museum ini, pengunjung dapat menemukan sebuah replika Gunung Merapi yang berukuran cukup besar. Selain itu ada berbagai bentuk replika atau lukisan serta teknologi pendukung lainnya. Bahkan pengunjung juga dapat menemukan sisa dari beberapa benda yang menjadi korban dari erupsi Gunung Merapi. 

Bentuk Arsitektur bangunan ini terolong sangat unik dan berciri khas. Bentuknya yang segitiga dan berundak ini hampir menyerupai dengan bentuk gunung. Ditambahkan suasana yang sejuk serta dihiasi dengan berbagai jenis tanaman dan pepohonan di sekitarnya menambah daya tarik sendiri ketika berkunjung ke kawasan ini. 

6. The Word Landmarks atau Merapi Park 

Foto di kawasan wisata, sumber : pepelatc.com

Sebuah kawasan wisata yang menyuguhkan berbagai macam arena bermain serta terdapat berbagai jenis bangunan yang berbentuk dengan bangunan iconic dari berbagai kota di belahan dunia. Kawsan ini berlokasikan di Jl. Kaliurang no.km 22.5, Banteng, Hargobinangun, Pakem kabupaten Sleman dengan kawasan yang memiliki banyak pepohonan hijau. Dengan keunikan, kesejukan dan keasrian kawasan ini membuat banyak wisatawan untuk berkunjung ke obyek wisata ini. 

Di dalam kawasn ini pengunjung dapat menemukan beberapa bangunan iconic dengan disekililingi bunga. Setiap sudut di kawasan ini di tata dengan sangat rapi dan bersih. Selain itu pengunjung juga dapat merasakan sensasi menaiki atau menunggangi Kuda yang telah disediakan oleh pengelola obyek pariwisata. Pengunjung bebas jalan-jalan dan berfoto ria bersama keluarga maupun sahabat di dalam kawasan obyek wisata ini dengan tetap menjaga lingkungan dan kebersihan. 

7. Bukit Klangon 

Obyek wisata ini berlokasikan di wilayah Cangkringan, Sleman yang berada tak jauh daru wilayah kaliurang. Di obyek wisata ini pengunjung dapat melihat pemandangan yang indah dengan dihiasi berdirinya Gunung Merapi yang kokoh. Bahkan pengunjung dapat melihat puncak Gunung Merapi dengan begitu jelas ketika berada di Bukit ini. Jadi tidak harus capek-capek mendaki ke Gunung Merapi jika hanya ingin meihat puncaknya. 
Foto di kawasan wisata, sumber : hipwee.com

Bannyak wisatawan muda yang berkunjung ke kawasan obyek wisata Bukit Klangon. Kebanyakan wisatawan ketika berkunjung ke kawsan ini ingin mengabadikan momen dengan berfoto berlatar belakangkan puncak gunung merapi yang terlihat jelas. Selain itu dengan adanya banyak pepohonan hijau dan suasan yang asri menjadikan banyak wisatawan ingin berlama-lama di kawasan ini. 

Selain dari kawasan yang asri dan pemandangan yang menakjubkan, kawsan ini juga terkenal sebagai tempat arena downhill. Bahkan dengan arena downhill yang dimiliki, tempat ini menjadi tempat arena downhill terbaik di Yogyakarta. Untuk saat ini terdapat lintasan arena downhill dengan panjang lintasan sekurang-kurangnya 20 km. Dengan panjang lintasan tersebut, biasanya dapat ditempuh dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam lamanya. 


Di atas merupakan beberapa tempat obyek pariwisata yang berada di Kaliurang dan sekitarnya. Selain dari ke tujuh daftar tersebut masih banyak lagi obyek wisata di Kaliurang dan sekitarnya yang layak untuk dikunjungi. Tentunya dengan berbagai kelebihan masing-masing yang tidak bisa kita samakan antara satu dengan yang lainnya. 

Dan jangan khawatir terkait tempat menginap buat kalian yang ingin berkunjung ke Yogyakarta dan beberapa obyek wisata di Kaliurang. Karena untuk saat ini telah terdapat banyak pilihan penginapan murah di Kaliurang dan sekitarnya. Tidak hanya di sekitaran Kaliurang saja yang terdapat penginapan murah dan terjangkau. Di luar itu pun telah banyak penginapan murah di Yogyakarta yang memiliki banyak fasilitas dan pelayanan yang cukup memuaskan.

Posting Komentar untuk "7 Obyek Pariwisata di Kaliurang dan Sekitarnya yang Wajib untuk Dikunjungi"