Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Usaha yang Menjanjikan di Masa Pandemi 2020

Pada tahun ini telah terjadi sebuah musibah yang melanda beberapa umat manusia di segala penjuru dunia. Adanya sebuah wabah penyakit yang telah menyebar luas ke beberapa daerah telah membuat keselamatan warga menjadi terancam. Sedikitnya 973 ribu penduduk dari berbagai negara telah meninggal karena terjangkit virus corona ini.
Ilustrasi corona virus, sumber : belitungtimurkab.go.id
Di tambah lagi dengan penyebaran virus ini membuat perekonomian dunia juga ikut goyah. Telah banyak negara yang mengalami resesi serta banyak perusahaan-perusahaan yang bangkrut karena adanya pandemi global yang secara berkelanjutan. Selain itu tingkat pengangguran di beberapa negara juga mulai meningkat. Ini semua di dorong karena telah banyak perusahaan-perusahaan yang terpaksa memberhentikan karyawannya atas dasar pemasukan yang terus menurun.

Namun di balik adanya musibah yang melanda ini ada hikmah yang ada di baliknya. Saat ini telah banyak orang yang mulai memperhatikan kebersihan diri maupun lingkungan. Serta lebih memperhatikan lagi makan yang ia makan. Mengingat sumber dari adanya virus ini adalah karena pola makan yang kurang sehat dan Halal. 

Ilustrasi mencari peluang usaha, sumber : surabayaonline.co

Dengan adanya krisis ekonomi yang telah melanda saat ini, kita dianjurkan untuk hidup lebih hemat dan berhati-hati dalam mengelola keuangan keluarga. Apalagi ia adalah seorang karyawan yang terkena pemberentian dari tempatnya bekerja. Selain itu kita juga dituntut untuk lebih inovatif lagi dalam mencari peluang usaha atau sumber pemasukan lain sebagai penopang kehidupan sehari-hari. 

Bagi Anda yang sedang mencari bahan referansi untuk menemukan peluang usaha atau sumber pemasukan lain di tengah pandemi, berikut merupakan beberapa daftar peluang usaha yang mungkin bisa untuk dijadikan sumber referensi ataupun dijalankan.

Daftar Peluang Usaha yang Menjanjikan di Masa Pandemi 2020

Di tengah-tengah pandemi yang melanda kita dianjurkan untuk lebih menjaga kesehatan atau kerbersihan, berhati-hati dalam mengelola keuangan keluarga serta lebih semangat dan berjuang keras untuk mencari peluang usaha yang dapat menghasilkan. Apalagi itu semua didorong dengan adanya perekonomian yang mulai goyah di berbagai bidang. Maka kita harus lebih inovatif dan memanfaatkan peluang yang ada. Untuk itu berikut ini adalah beberapa daftar yang mungkin bisa dijadikan sebagai sumber referensi ketika mencari peluang usaha atau sumber pemasukan baru. 

1. Bisnis Frozen Foods 

Gambar berbagai jenis makanan dan sayuran, sumber : kompas.com

Bisnis yang satu ini sangat layak kita coba. Mengingat saat ini telah banyak pemerintahan di beberapa negara telah memberlakukan kebijakan PSBB atau pembatasan sosial berskala besar, bahkan ada yang memberlakukan lock down di beberapa daerah dalam negaranya. Dengan demikian akan banyak masyarakat yang mulai mengurangi segala aktifitasnya di luar rumah karena khawatir akan penyebaran virus ini serta larangan dari pemerintah. 

Dalam situasi yang seperti ini, banyak orang lebih suka menimbun beberapa bahan makan di dalam rumah. Kesempatan yang seperti ini dapat Anda manfaatkan untuk memulai peluang usaha di sektor pangan. Apalagi di sektor ini merupakan bagian dari kebutuhan pokok semua orang. Anda bisa membuat berbagai jenis makanan baik itu olahan sayuran ataupun lauk pauk yang cepat saji serta bisa bertahan lama. 

Misalnya saja, Anda memproduksi sebuah makanan yang berbahan dasarkan daging ayam. Di situ Anda mulai berinovasi dengan memberikan berbagai jenis pilihan rasa dan ukuran. Anda bisa menambahkan dengan kemasan yang membuat makanan tersebut tetap aman, praktis dan higenis serta bertahan lama. Untuk kualitas masakan makan juga harus diperhatikan, buatlah konsumen untuk lebih mudah ketika diolah kembali dan atau langsung dikonsumsi. 

2. Jasa Delivery Order 

Gambar salah satu fitur jasa pelayanan delivery order, sumber : radarbojonegoro.jawapos.com


Mengingat banyak orang yang lebih berhati-hati ketika ingin bepergian ke luar rumah karena takut akan penyebaran COVID-19 dan lebih memilih untuk menjalankan segala aktifitas di dalam rumah. Maka situsi yang demikian dapat Anda manfaatkan sebagai peluang bisnis atau usaha baru. Anda dapat membrikan jasa pelayanan delivery order kepada konsumen yang ingin berdiam diri di dalam rumah. 

Jika Anda sudah memiliki sebuah usaha pada awalnya, saat ini Anda bisa menambahkan jasa pelayanan yang seperti ini kepada konsumen. Tentu konsumen akan lebih terbantu dan senang dengan jasa yang diberikan. Konsumen akan lebih senang lagi apabila Anda memberikan jasa pelayan ini secara cuma-cuma atau dengan gratis. 

Namun akan berbeda apabila anda belum memiliki sebuah usaha pada sebelumnya. Anda bisa mengipelmentasikan peluang usaha ini pada jasa pelayanan pesan antar. Memberikan sebuah pelayanan jasa untuk membelanjakan apa saja yang di inginkan oleh konsumen, kemudian mengantarkannya ke rumah atau ke alamat yang ingin dituju. Jangan khawatir soal persaingan, Anda cukup memberikan pelayan dengan ramah, cepat atau singkat, mudah transaksinya serta membangun jaringan sebagai mitra bisnis yanga memudahkan jalannya bisnis Anda. Maka calon konsumen akan tertarik menggunakan jasa pelayan Anda.

3. Produksi Masker 

Gambar aktifitas produksi masker, sumber : kesehatan.rmol.id


Peluang usaha atau bisnis lain yang tidak ada salahnya kita coba adalah memproduksi atau menjual produk masker. Dengan masker yang berkualitas, maka akan banyak orang yang sedikit terlindungi dari adanya penyebaran COVID-19. Karena salah satu penyebaran COVID-19 dapat melalui udara atau ketika kita berinteraksi dengan salah satu orang yang terjangkit dengan virus ini. Meskipun itu hanya sekedar mengobrol saja. 

Dalam kondisi yang saat ini Anda bisa mulai berinovasi memproduksi masker atau menjualkan masker yang berkualitas. Masker berkualitas baik dan berbeda dari produk masker orang lain menjadi point utama yang harus diperhatikan. Karena produk masker berkualitas akan menjadi produk yang aman untuk digunakan pada masa pandemi dan tidak akan kalah dengan produk orang lain di tengah persaingan. 

4. Produksi Produk Kesehatan

Selain memproduksi atau menjual produk masker kita juga dapat membuka peluang usaha atau bisnis lain yang dapat menghasilkan. Yakni memproduksi atau menjualkan produk kesehatan kepada orang banyak. Mengingat saking banyaknya kebutuhan manusia terkait produk kesehatan saat ini yang digunakan sebagai pengobatan ataupun hanya sekedar penjaga imunitas tubuh saja. 

Gambar penggunaan salah satu produk kesehatan, sumber : kompas.com

Penyebaran wabah virus corona membuat kita semua selalu was was akan keselamatan kesehatan diri maupun saudara. Apalagi jumlah kematian karena virus ini terus meningkat setiap harinya. Maka akan kebutuhan produk kesehatan baik itu sebagai langkah pengobatan ataupun pencegahan sangat dibutuhkan. Produk kesehatan yang dicari saat ini adalah produk-produk kesehatan sebagai pencegah tertularnya virus corona.

Ini menjadi peluang usaha atau bisnis yang bisa Anda jalankan saat ini. Memproduksi atau menjualkan produk-produk kesehatan yang dapat mencegah tertularnya virus corona baik itu herbal ataupun yang bukan herbal merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan dan menghasilkan. Selain dari produk kesehatan sebagai langkah pencegahan, vaksin yang juga sebagai langkah pengobatan juga menjadi produk yang bisa anda produksi atau jual.

5. Produk Pertanian

Satu lagi yang tidak ketinggalan dari daftar peluang usaha menjanjikan di saat ini adalah menjualkan produk-produk pertanian. Beberapa produk pertanian yang dapat Anda jual diantaranya adalah bibit sayuran, tanaman hias dan masih banyak lagi jenis tanaman yang lain. Mengingat dengan adanya pandemi yang tak kunjung reda ini membuat banyak orang mulai berinisiatif menanam tanaman pangan sendiri di halaman rumahnya. 

Gambar salah satu petani dengan hasil pertaniannya, sumber : riauonline.co.id

Menanam tanaman pangan sendiri di halaman rumah membuat banyak orang terbantu dan tak harus keluar rumah dengan rasa khawatir untuk mendapatkan sayuran segar apabila ingin memasaknya. Selain dari tanaman sayuran, menjual tanaman hias juga menjadi peluang bisnis yang menghasilkan. Dengan banyaknya perusahaan yang menjalankan WFH atau work from home kepada para karyawannya, membuat ia bosan dengan segala aktifitas yang hanya dilakukan di dalam rumah saja. Maka merawat dan menanam tanaman hias menjadi salah satu hiburan menarik buat mereka. 


Selain dari beberapa daftar peluang usaha atau bisnis di atas, masih banyak lagi jenis peluang usaha yang dapat Anda jalankan. Tergantung seberapa keras dan jelinya Anda dalam mencari atau memanfaatkan peluang yang ada. Jadi tidak ada kata bahwa tidak ada peluang yang tidak bisa Anda jalankan di masa pandemi ini. Jika artikel ini di rasa bermanfaat, Anda bisa membagikan artikel ini kepada khalayak umum melalui sosial media serta menyimpannya di dalam folder pribadi. Sekian dan terimakasih.

Posting Komentar untuk "Peluang Usaha yang Menjanjikan di Masa Pandemi 2020"