Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Kabupaten dan Kota di Daerah Istimewa Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Daerah Istimewa setingkat provinsi di Indonesia yang merupakan peleburan Negara Kesultanan Yogyakarta dan Negara Kadipaten Paku Alaman. Daerah Istimewa Yogyakarta terletak di bagian selatan Pulau Jawa, dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia.

Daerah Istimewa Yogyakarta terdiri atas satu kotamadya, dan empat kabupaten, yang terbagi lagi menjadi 78 kecamatan, dan 438 desa/kelurahan. Menurut sensus penduduk tahun 2010, memiliki populasi 3.452.390 jiwa dengan proporsi 1.705.404 laki-laki dan 1.746.986 perempuan.

Berikut kabupaten dan kota di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

1. Kabupaten Bantul

Kabupaten Bantul, sumber : dpad.jogjaprov.go.id

Bantul memang tak bisa dilepaskan dari sejarah Yogyakarta sebagai kota perjuangan dan sejarah perjuangan Indonesia pada umumnya. Bantul menyimpan banyak kisah kepahlawanan. Antara lain, perlawanan Pangeran Mangkubumi di Ambar Ketawang dan upaya pertahanan Sultan Agung di Pleret. Perjuangan Pangeran Diponegoro di Selarong. Kisah perjuangan pioner penerbangan Indonesia yaitu Adisucipto, pesawat yang ditumpanginya jatuh ditembak Belanda di Desa Ngoto. Sebuah peristiwa yang penting dicatat adalah Perang Gerilya melawan pasukan Belanda yang dipimpin oleh Jenderal Sudirman (1948) yang banyak bergerak di sekitar wilayah Bantul. Wilayah ini pula yang menjadi basis, "Serangan Oemoem 1 Maret" (1949) yang dicetuskan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX.
Baca juga : Kisah Kepahlawanan Pangeran Diponegoro Melawan Penjajahan Belanda


Batas Wilayah Kabupaten Bantul

Sebelah Utara : Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman
Sebelah Selatan : Samudera Indonesia
Sebelah Timur : Kabupaten Gunung Kidul
Sebelah Barat : Kabupaten Kulon Progo


Letak Geografi

Kabupaten Bantul terletak antara 07° 44' 04" - 08° 00' 27" Lintang Selatan dan 110° 12' 34" - 110° 31' 08" Bujur Timur.

2. Kabupaten Gunung Kidul

Kabupaten Gunung Kidul, sumber : naratamatour.com

Kabupaten Gunungkidul adalah salah satu kabupaten yang ada di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan Ibukotanya Wonosari. Luas wilayah Kabupaten Gunungkidul 1.485,36 km2 atau sekitar 46,63 % dari luas wilayah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kota Wonosari terletak di sebelah tenggara kota Yogyakarta (Ibukota Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta), dengan jarak ± 39 km. Wilayah Kabupaten Gunungkidul dibagi menjadi 18 Kecamatan dan 144 desa.


Batas Wilayah Kabupaten Gunungkidul

Sebelah Barat : Kabupaten Bantul dan Sleman (Propinsi DIY)
Sebelah Utara : Kabupaten Klaten dan Sukoharjo (Propinsi Jawa Tengah)
Sebelah Timur : Kabupaten Wonogiri (Propinsi Jawa Tengah)
Sebelah Selatan : Samudera Hindia


Letak Geografi

Kabupaten Gunung Kidul terletak antara 110° 21' sampai 110° 50' Bujur Timur dan 7° 46' sampai 8° 09' Lintang Selatan.


3. Kabupaten Kulon Progo

Kabupaten Kulon Progo, sumber : kominfo.kulonprogokab.go.id

Kabupaten Kulon Progo merupakan salah satu kabupaten dari lima kabupaten/kota di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang terletak di bagian barat. Batas Kabupaten Kulon Progo di sebelah timur yaitu Kabupaten Bantul dan Kabupaten Sleman, di sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Purworejo, Propinsi Jawa Tengah, di sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Magelang, Propinsi Jawa Tengah dan di sebelah Selatan berbatasan dengan Samudera Hindia.

Kabupaten Kulon Progo dilewati oleh 2 (dua) prasarana perhubungan yang merupakan perlintasan nasional di Pulau Jawa, yaitu jalan Nasional sepanjang 28,57 km dan jalur Kereta Api sepanjang kurang lebih 25 km. Hampir sebagian besar wilayah di Kabupaten Kulon Progo dapat dijangkau dengan menggunakan transportasi darat.
Baca juga : Mengenal Stasiun Kereta Api di Yogyakarta

 

4. Kabupaten Sleman

Kabupaten Sleman, sumber : starjogja.com

Secara Geografis Kabupaten Sleman terletak diantara 110° 33′ 00″ dan 110° 13′ 00″ Bujur Timur, 7° 34′ 51″ dan 7° 47′ 30″ Lintang Selatan. Wilayah Kabupaten Sleman sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Boyolali, Propinsi Jawa Tengah, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Klaten, Propinsi Jawa Tengah, sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Kulon Progo, Propinsi DIY dan Kabupaten Magelang, Propinsi Jawa Tengah dan sebelah selatan berbatasan dengan Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul dan Kabupaten Gunung Kidul, Propinsi D.I.Yogyakarta.

Secara administratif Kabupaten Sleman terdiri dari 17 kecamatan, yang memiliki 86 desa dan 1212 dusun. Wilayahnya berbatasan dengan semua kabupaten yang ada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan juga Propinsi Jawa Tengah.

5. Kota Yogyakarta

Kota Yogyakarta, sumber : mediatataruang.com

Kota Yogyakarta berkedudukan sebagai ibukota Propinsi DIY dan merupakan satu-satunya daerah tingkat II yang berstatus Kota di samping 4 daerah tingkat II lainnya yang berstatus Kabupaten.

Kota Yogyakarta terletak ditengah-tengah Propinsi DIY, dengan batas-batas wilayah sebagai berikut:

· Sebelah utara : Kabupaten Sleman

· Sebelah timur : Kabupaten Bantul & Sleman

· Sebelah selatan : Kabupaten Bantul

· Sebelah barat : Kabupaten Bantul & Sleman

Wilayah Kota Yogyakarta terbentang antara 110°24' 19'' sampai 110°28' 53'' Bujur Timur dan 7° 15' 24'' sampai 7°49' 26'' Lintang Selatan dengan ketinggian rata-rata 114 m diatas permukaan laut.

Demikian ulasan mengenai kabupaten dan kota yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Semoga informasi ini bermanfaat. Simak juga ulasan lain mengenai tips liburan ke Jogja bagi pemula.

Posting Komentar untuk "Mengenal Kabupaten dan Kota di Daerah Istimewa Yogyakarta"