Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Wisata Pantai Jogja yang Indah dan Mempesona

Pesona wisata alam jogja sangat memikat hati, tak terkecuali pantai-nya yang indah. Aneka wisata pantai di Jogja yang indah tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara. Pantai-pantai tersebut bisa Anda jumpai dengan menyusuri kawasan selatan Yogyakarta, terutama kabupaten Gunung Kidul.

Hamparan pasir putih dengan debur ombak khas pantai selatan yang mempesona, membuat Anda betah dan ingin berlama-lama menikmati pantai di Jogja. Apalagi ditambah dengan biota laut yang dapat Anda lihat dengan mata telanjang, akan semakin membuat Anda jatuh hati dengan wisata pantai di Jogja. 

Nah, bagi Anda yang merencanakan liburan ke Jogja, tidak ada salahnya menjadikan wisata pantai Jogja sebagai salah satu destinasi tujuan liburan Anda. Bagi yang bingung mau ke pantai mana?

Berikut 7 wisata pantai Jogja yang indah dan mempesona.

1. Pantai Baru 

Pantai Baru, sumber ig @ridhosyabibi

Pantai Baru, pantai ini bisa dikatakan sebagai pantai paling muda di kawasan Yogyakarta. Pantai ini terletak di Kabupaten Bantul, tepatnya di Dusun Ngentak, Poncosari, Srandakan. Saat ini pantai baru menjadi tempat wisata pantai yang handal, mengingat potensi alam yang sangat menjanjikan, berupa pantai yang teduh, luas, landai, bersih dan nyaman serta terbebas dari polusi udara, sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga. Akses menuju Pantai Baru juga relatif mudah bagi kendaraan bermotor maupun bus-bus pariwisata. Terdapat tempat parkir yang memadai bagi kendaraan-kendaraan pengunjung.

Pantai Baru juga didukung dengan jejeran warung kuliner yang siap memuaskan selera pengunjung akan seafood dengan harga terjangkau serta rasa yang lezat. Pengunjung juga bisa menikmati santap kulinernya dengan menggelar tikar di bawah cemara, sambil merasakan semilir angin pantai.

2. Pantai Parangtritis 

Pantai Parangtritis, sumber ig @ria_wilujeng

Pantai Parangtritis merupakan objek wisata yang cukup terkenal di Yogyakarta. Parangtritis mempunyai keunikan pemandangan yang tidak terdapat pada objek wisata lainnya yaitu selain ombak yang besar juga adanya gunung-gunung pasir di sekitar pantai, yang biasa disebut gumuk. Objek wisata ini sudah dikelola oleh pihak Pemkab Bantul dengan cukup baik, mulai dari fasilitas penginapan maupun pasar yang menjajakan souvenir khas Parangtritis.

Di Parangtritis ada juga ATV, kereta kuda & kuda yang dapat disewa untuk menyusuri pantai dari timur ke barat. Selain itu Parangtritis juga merupakan tempat untuk olahraga udara/aeromodeling. Wisata pantai Parangtritis berada di selatan Kota Yogyakarta tepatnya ada di Kecamatan Kretek , Kabupaten Bantul - Yogyakarta, Wisata ini mempunyai jarak sekitar 27 km dari pusat Kota Yogyakarta.
Baca juga : Menelusuri Pesona Alam Pantai Parangtritis Jogja

3. Pantai Indrayanti 

Pantai Indrayanti, sumber ig @abrielyusufhaikal

Nama resmi yang digunakan oleh pemerintah untuk destinasi wisata ini adalah pantai Pulang Sawal/pantai Pulang Syawal. Hanya saja, pengunjung dan penduduk setempat sudah terlanjur mengenal tempat ini dengan nama pantai Indrayanti. Pantai Indrayanti tidak jauh berbeda dengan pantai Gunung Kidul lainnya, mempunyai pemandangan yang indah, pasir halus yang luas, dan laut biru lepas yang bersih.

Lokasi pantai Indrayanti berada di area wisata panti di Gunung Kidul. Dari pusat kota Jogja, jaraknya kurang lebih 66 km dengan waktu tempuh kesini sekitar 2 jam. Rada lama karena medan jalannya yang turun naik dan berbelok-belok. Tetapi kondisi jalannya sendiri lumayan mulus, jadi perjalanan kita tetap nyaman.

4. Pantai Ngandong 

Pantai Ngandong, sumber ig @riccowibowo
Pantai Ngandong terletak di Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini sebenarnya tidak jauh dari Pantai Indrayanti yang lebih terkenal dahulu, tepatnya terletak di sebelah barat laut dari pantai Indrayanti.

Pantai Ngandong termasuk pantai yang kecil namun mempunyai ciri khas tersendiri yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Meskipun demikian belum banyak wisatawan yang mengetahui destinasi wisata pantai ini. Pantai ini ramai penunjung ketika musim liburan, namun sepi ketika hari-hari biasa.

5. Pantai Kesirat 

Pantai Kesirat, sumber ig @pesonajogja

Pantai Kesirat, sebuah destinasi wisata alam bahari di surganya pencinta pantai, Yogyakarta. Namanya tak se tenar pantai-pantai lain yang mainstream di kota Tugu ini, namun ternyata suguhan alamnya tidak akan mengecewakan para pengunjungnya. Pantai ini terletak di sebuah desa di Gunungkidul bernama desa Girikarto. Letaknya yang tersembunyi memuat banyak orang menyebutnya sebagai ‘Surga yang Tersembunyi’.

Jika Anda berlibur atau sedang berada di Yogyakarta, mengunjungi pantai Kesirat adalah pilihan yang sangat direkomedasikan. Mengapa? Tak lain karena keindahan alam dengan berbagai paduan menarik seperti sunset, pasir putih, dan geografis pantai ini yang tidak akan Anda temukan di pantai-pantai lainnya. Tak heran pantai ini ramai dibicarakan di akun-akun dan website wisata dan menjadi destinasi favorit para pelancong.

6. Pantai Glagah 

Pantai Glagah, sumber ig @glagahbeach

Pantai Glagah dianggap menjadi pantai kebanggan Kabupaten Kulonprogo dan dianggap sebagai tempat wisata sedang nge-hits saat ini. Bukan hanya destinasi wisata yang murah meriah, namun di pantai ini Anda akan terasa sedang berada di luar Jogja atau bahkan luar negeri sekalipun.

Pantai ini akan terasa indah jika guyuran ombak kencang yang menghantam bebatuan laguna yang berada di pinggir pantai. Bahkan sesekali air pantai bisa terangkat hingga jalanan dan ini momen yang sangat baik untuk menikmati keindahan alam dan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa.

7. Pantai Drini

Pantai Drini, sumber ig @abrahamaditya60

Pantai Drini memiliki keindahan pemandangan alamnya yang sangat mempesona. Dengan mengandalkan perbukitan dan dataran tinggi, tempat ini dapat digunakan untuk melihat pemandangan dari atas dari tebing-tebing sekitar pantai. Sampai saat ini alasan wisatawan yang ingin berkunjung ke Pantai Drini hanya karena ingin mendapatkan pemandangan atau view yang bagus.

Apabila Anda ingin menyusuri area pantai Anda tidak perlu takut melukai kaki karena di Pantai Drini ini memiliki pasir yang lembut, bahkan sedikit sekali ditemukan bebatuan di antara pasir-pasir seperti kebanyakan pantai lainnya.

Demikian ulasan mengenai wisata pantai Jogja yang indah dan mempesona. Berwisata ke Jogja sambil menikmati pemandangan alam yang elok nan indah, serta ditemani debur ombak pantai, pastinya seru kan?. Simak juga ulasan lain mengenai keindahan wisata alam Jogja.


Abu Ziyad
Abu Ziyad Wisdom : "Hamba yang banyak dosa, jika kehilangan b akan jadi hama di dunia."

Posting Komentar untuk "7 Wisata Pantai Jogja yang Indah dan Mempesona"