Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk Sematkan Nama Anak Islami Laki-laki Untuk Buah Hati


Bagi para orang tua yang sedang menunggu kelahiran sang buah hati, tak ada salahnya untuk mencari-cari nama anak yang bagus. Seperti yang diketahui bahwa nama merupakan doa maupun harapan dari orang tua. Maka tak boleh asal memberikan nama untuk si kecil. Nama anak Islami laki-laki maupun perempuan sangat banyak yang berasal dari Alquran.

Dalam budaya jawa, nama juga menggambarkan cita-cita dan kadangkala untuk orang tertentu memiliki nama sematan. Nama Diponegoro yang berarti ‘cahaya negeri’ memiliki arti sebuah harapan untuk kerajaan Jawa masa lalu. Maka kita bisa melihat kisah kepahlawanan pangeran Diponegoro dalam melawan penjajah belanda sangat mayhur dan nama sematan lebih terkenal daripada nama asli.
Menentukan sebuah nama sebaiknya ada arti pengharapan atau doa. Sumber unsplash.com


Nama terkadang ada kaitannya dengan sejarah, seperti sejarah blangkon, salah satu bagian dari pakaian tradisional Jogjakarta memiliki nama demikian karena ada cerita yang mengiringi keberadaan benda tersebut.
Maka pemberian nama bisa jadi ada kaitannya dengan sejarah yang mengiringi ketika anak lahir.  Jangan khawatir, artikel kali ini akan membahas nama anak laki-laki bernuansa Islami yang bisa menjadi rekomendasi pemberian nama untuk buah hati tersayang.

Nama Anak Islami Laki-laki Yang Harus Diketahui

Orang tua baru yang akan memiliki anak tentu akan memberikan nama yang terbaik untuk anaknya. Oleh karena itu, orang tua juga perlu mengetahui nama anak Islami laki-laki yang bisa menjadi salah satu nama untuk si kecil:

1. Chairil

Mungkin ada sebagian yang sudah tak asing dengan nama Chairil. Chairil mempunyai makna yang berarti kebaikan. Jika orang tua mengharapkan si kecil selalu ingat untuk berbuat baik kepada sesama maka bisa menyematkan nama ini di awal maupun tengah. Seperti:
- Chairil Rafqi Alfarezel : dengan makna anak laki-laki yang mempunyai kelembutan hati dan menyebar kebaikan kepada sesama selama hidupnya.
- Daniyal Chairil Asshauqi : yang mana artinya anak laki-laki yang memiliki akal cerdas, baik sekaligus penuh kasih sayang
- Chairil Rafky Shafar : mempunyai arti yaitu anak laki-laki yang lahir di bulan Safar dan dilindungi penuh dengan kebaikan.

2. Dzuhairi

Nama dengan nuansa Islami berikutnya untuk anak laki-laki adalah Dzuhairi. Dzuhairi mempunyai makna yaitu berhasil dengan baik, cerdas, dan mendapatkan keberuntungan. Sepertinya setiap orang tua menginginkan sifat anak seperti makna nama tersebut. Berikut ini referensi gabungan nama dari Dzuhairi:
- Dzuhairi Raid Rafiah : mempunyai arti yaitu anak laki-laki yang akan menjadi pemimpin dengan mempunyai kedudukan tinggi
- Daffa Dzuhairi Alfarizi : dengan maknanya anak laki-laki yang mempunyai akal cerdas dan bersemangat dalam bekerja
- Dzuhairi Arshaq Kamil : memiliki arti yaitu anak laki-laki yang mempunyai ketampanan dan menebarkan kebaikan untuk hidupnya.

3. Eshan

Nama selanjutnya juga masih bernuansa Islami. Eshan berasal dari bahasa arab dengan artian kasih Tuhan. Nama Eshan bisa diletakkan pada awal nama anak. Berikut ini ada beberapa versi nama Eshan untuk nama anak tercinta:
- Eshan Rayyan Altair : yang memiliki arti yaitu anak laki-laki tampan  yang disayangi Tuhan dan akan menyinari selama hidupnya
- Eshan Evano Faeyza : dengan arti bahwa anak laki-laki kesayangan Tuhan menjadi bentuk anugerah terindah dan penuh dengan kesuksesan dalam hidup
- Eshan Naushad Aktair : mempunyai arti yaitu anak laki-laki yang selalu disayangi oleh Tihan dan bersinar selama hidupnya dengan kebahagiaan.

4. Fawaz

Nama lainnya yang bernuansa dan kental dengan Islami yaitu Fawaz. Dalam bahasa arab Fawas ataupun Fawwaz memiliki arti sukses atau orang yang menyukai ilmu pengetahuan. Berikut rangkaian nama yang bisa menjadi acuan untuk memberikan nama ke anak:
- Fawaz Nadeem Abdias : mempunyai arti yaitu anak laki-laki yang baik, patuh seperti halnya pelayan Tuhan, dan mampu menjadi teman baik
- Fawaz Shabir Arrahmah : dengan artian anak laki-laki yang mempunyai kesabaran dan penuh dengan kasih sayang sehinga kelak dapat mencapai kemenangan pada hidupnya.
Bayi hendaknya diberi nama dengan arti yang baik. Sumber Unsplash.com

Jadi itulah beberapa nama anak Islami laki-laki yang bisa menjadi rekomendasi untuk buah hati. Banyak sekali nama Islami dengan makna istimewa yang bisa menambah rangkaian nama anak menjadi sempurna. Setiap memanggil nama anak juga menjadi harapan dari orang tua kepada anaknya.  Dan biasanya pemberian nama bayi akan dibarengi dengan upacara aqiqah. Dengan jasa aqiqah Jogja maka para orang tua tidak perlu repot menyiapkan segala sesuatunya yang berkaitan dengan aqiqah.

Posting Komentar untuk "Yuk Sematkan Nama Anak Islami Laki-laki Untuk Buah Hati"