Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesona Keindahan Pantai Kuta Lombok Mandalika

Pesona keindahan pantai Kuta Bali memang mampu menghipnotis para wisatawan dan keberadaannya sendiri sudah mendunia. Namun tahukah Anda, jika Indonesia juga memiliki Pantai Kuta lainnya yang tidak kalah eksotisnya dibanding Pantai Kuta Bali. Ya, itu adalah Pantai Kuta Lombok Mandalika. Selain destinasi pendakian Gunung Rinjani yang menantang adrenalin, ternyata nama pantai Kuta Lombok Mandalika juga mulai menyedot perhatian para wisatawan.

Sudut pantai Kuta Lombok. Sumber IG @adelestravel
Pantai yang berada di Lombok Nusa Tenggara Barat ini menguatkan bahwa Indonesia bagian timur juga memiliki keindahan alam selain keindahan pantai-pantai di Bali dan Papua. Bentangan pasir putih yang berada di Pantai Kuta Lombok mampu menghipnotis para wisatawan yang berkunjung ke pantai tersebut.

Lokasi Pantai Kuta Lombok Mandalika

Lokasi Pantai Kuta Lombok berdai di Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat, tepatnya di Desa Kuta dan masuk Kecamatan Pujut. Memiliki garis pantai sepanjang 7,2 km sehingga membuktikan bahwa pantai ini begitu luas dibanding dengan pantai-pantai lain yang berada disekitarnya.

Begitu para wisatawan mengalihkan pandangannya ke bagian barat, maka akan terihat sebuah Bukit Mandalika. Dari cerita yang telah berkembang, bahwa ada keterkaitan antara Bukit Mandalika dan Pantai Kuta Lombok yang sampai sekarang masih melegenda. Jika kita mengetahui asal usul wayang kulit jogjakarta maka kita akan paham bahwa di Indonesia setiap tempat atau benda pasti ada sejarah yang mengiringinya. Termasuk barang-barang ciri khas budaya misalnya wayang dan tempat-tempat wisata yang tersebar di Indonesia seperti bukit Mandalika.

Menurut cerita terdahulu, bahwa ada seorang putri yang bernama Putri Mandalika yang melarikan diri dari seorang pangeran yang akan menikahinya. Untuk menghindari sang pangeran tersebut, Putri Mandalika kemudian nekat untuk terjun ke laut. Nah, sejak saat itulah nama bukit di mana tempat Putri Mandalika bersembunyi bersebut kemudian disebut Bukit Mandalika. 


Akses Menuju Pantai Kuta Lombok Mandalika

Untuk menuju Pantai Kuta Lombok idealnya dari Kota Mataram. Dari Kota Mataram , pengunjung harus menempuh perjalanan kurang lebih 70 km ke arah tenggara. Jika Anda dalam perjalanan lancar, hanya membutuhkan waktu 90 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi.


Aktifitas Menyenangkan di Pantai Kuta Lombok

Menyusuri pantai kuta Lombok dan menikmati pesonanya

Jika Anda berkunjung ke Pantai Kuta Lombok, maka Anda dapat menyusuri keindahan di sepanjang pantai tersebut untuk mengeksplorasi pesona keindahan yang ditawarkan. Meskipun terlihat sederhan, namun hal itu sangat menyenangkan.

Berjemur dan berenang di pantai

Keindahan sunrise di pantai ini tidak boleh dilewatkan. Anda dapat bermain air atau hanya sekedar berjemur di pinggir pantai sambil menikmati desiran ombak yang cukup tenang dengan air laut yang biru dan jernih.
Panta Kuta Lombok view dari udara. Sumber IG @jetlagfortwo

Aktivitas snorkeling

Snorkeling merupakan salah satu aktivitas yang sangat disukai oleh wisatawan. Nah, ketika Anda berkunjung ke pantai ini merupakan tempat yang tepat untuk melakukan snorkeling. Karena pantai ini sangat jernih, tenang dan bebas polutan sehingga menjadikan biota laut dapat hidup tanpa adanya gangguan.

Selfie dan wefie

Pada saat liburan di Pantai Kuta Lombok Mandalika, maka tidak akan lengkap jika tidak memiliki koleksi foto. Apalagi foto bersama pasangan, keluarga atau sahabat dengan background pantai yang sangat indah. Oleh karena itu, jangan pernah lupa untuk membawa kamera di setiap moment istimewa.


Bagi Anda yang datang dari luar daerah, untuk menuju kesana bisa menggunakan kendaraan sewaan yang bisa anda temukan di jasa sewa mobil Lombok. Di Kota Mataram banyak mobil yang disewakan untuk berkeliling Pulau Lombok termasuk ke Pantai Kuta. Bisa juga menggunakan transportasi umum tapi biasanya lebih mahal karena harus beberapa kali transit. Disamping itu kendaraan umum dari lokasi maupun ke lokasi hanya beroperasi sampai jam 15.00 waktu setempat. Jadi yang tidak punya rencana menginap harus balik ke Mataram sebelum jam-jam tersebut.

Sebelum memasuki kawasan Pantai Kuta pengunjung akan melewati sebuah desa bernama Desa Sade. Masyarakat desa ini adalah asli Susu Sasak yaitu penduduk pribumi asli Pulau Lombok. Jika punya waktu cukup pengunjung bisa singgah sebentar di Desa Sade untuk menyaksikan langsung pembuatan kain tenun asli Suku Sasak. Disini pengunjung juga bisa membeli kain tenunan tangan untuk cinderamata.

Posting Komentar untuk " Pesona Keindahan Pantai Kuta Lombok Mandalika"