Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Kuliner Khas Jogja Dan Sekitarnya

Mengenal Makanan Khas Jogja, Sepanjang sejarahnya Indonesia merupakn negara yang terdiri dari beberapa suku bangsa dimana memeiliki keanekaragaman olahan masakan yang menjadi ciri khas daerah tersebut atau sering disebut makana khas daerah. Masakan yang dikonsumsi oleh seluruh atau sebagian besar masyarakat suatu daerah sedang makanan khas ini yang unik tidak ada tempatnya di tempat atau daerah lain.  

Makanan khas Jogja sejak dari dulu mampu menyisakan kerinduan bagi para warganya yang sedang merantau ke luar kota sebab berbagai kulinernya memang menggugah selera sehingga membuat mereka teringat kampung .Daeerah istimewa Yogyakarta memang kerap meninggalakan kesan tersendiri bagi tiap orang yang pernah mengunjunginya. kekayaan budaya yang masih terjaga hingga saat ini di tambah panorama alamnya sanggup membuat mereka terpesona dan ingin kembali lagi. Tidak hanya itu, sajian kuliner di kota Jogja ini pun seakan membuat mereka jatuh hati. 

Sepanjang sejarahnya jejak kuliner indonesia telah didapati dalam sejumlah prasasti abad ke-8 sampe ke-11 Masehi. ketika itu istilah boga telah dikenal, yakni makanan yang berhubungan dengan dapur, dibuat dengan sentuhan seni dan memberikan kenikmatan. hal itu banyak didapati pada prasasti Jawa dan Sumatera. Nmun semakin ke timur Indonesia  tak banyak cartatan dan bahannya makin homogen, yakni sagu. teknik memasak dan bahan makanana asli Indonesia berkembang dan mkemudian dipengaruhi oleh seni kuliner India, Timur Tengah, China, dan akhirnya Eropa.

Gambar jenis makanan khas Jogja
Gambar jenis makanan khas Jogja blog.airyrooms.com

Masakan ini sering di konsumsi di suuatu daerah karakter suatu masakan daerah biasanya mencerminkan karakter masyarakat. seiring dengan perkembangan zaman kontak dengan orang di luar daerah semakin tinggi sehingga melahirikan banyak masakan campuran yang ikut memperkaya produk makanan khas. Makanan khas memiliki kandungan gizi serta manfaat bagi kesehatan. Sesuai dengan rempah dan racikan tambahan, dan teknik pengolahan yang di gunakan.

Makanan khas daerah adalah bahan nabati dan hewani kandungan nutrisi utamanya terdiri dari karbohidrat, mineral, vitamin, protein, air dan lemak. Banyak yang dinikmkati selama berada di jogja, alamnya yang mempesona, budayanya yang beragam, hingga kekayaan kulinernya yang menggoda lidah. Begitupun dengan kenikmatan sajian kulinernya yang selalu cocok di lidah setiap orang, membuat semua orang jatuh hati meski baru sekali mencicipi. Ada makakna khas jogja yang terkenal.

Berikut Daftar Makanan Khas Jogja

1. Gudeg 

Gudeg adalah makanan yang terbuat dari nangka. Gudeg ada tiga macam yaitu gudeg basah, gudeg kering dan gudeg manggar. perbedaan antara gudeg basah dan kering hanya teksturnya gudeg sering di masak lebih lama segingga teksturnya lebih kering dan cenderung lebih manis dan warnany lebih coklat. lain halnya dengan gudeg manggar terbuat dari bunga kelapa. Gudeg Jogja biasanya dinikmakti degan sambel goreng krecek, telur dan tempe. gudeg sering di sajikan oleh-oleh para wisatawan.

Gambar resep gudeg rumah sederhan
Gambar resep gudeg rumah sederhan sumber cookpad.com

2. Bakpia 

Bakpia ini merupakan makanan hasil, akulturasi kebbudayaan China. Tadinya  bakpia yang bernama asli (LU PIA) yang artinya beerisi daging. Biasanya isinya adalah daging babi. Karena kebanyakkan orang Jawa umumnya muslim, akhirnya isinya dimodifikasi menjadi kacang hijau. Merk dari bakpia memakai nomor, yang meri[upakan nomor rumah dari si pembuat bakpia.. Demikian sejarah bakpia yang sentra pembuatnya bisa di jumpai di daerah Pathok Yogyakarta.

Gambar peluang usaha bakpia
Gambar peluang usaha bakpia sumber bisnisukm.com 

3. Geplak

Gaplek adalah makanan yang dijadikan oleh-oleh para wisatawan ke Jogja. Geplak adalah kue jhas Bantul. Geplak terbuat dari tepung beras, parutan kelapa, guala pasir, garam atau bisa juga menggunakan gula jawa. Gaplek memiliki bentuk seperti bulatan dan rasa yang manis. Awalnya geplak hanya berwarna putuh san kelam. Sekarang geplak terdiri dari berbagai warna dan aroma yang beraneka ragam dan geplak ini sering di nikmati dalam kondisi panas.

Gambar resep makan: geplak jogja
Gambar resep makan: geplak jogja sumber dejogjaadventure.com


4. Krecek Sambal

Krecek Sambal merupakan salah satu makanan khas Yogyakarta yang banyak disukai oleh semua orang. Sambal krecek biasanya disajikan dengan gudeg yang memiliki rasa yang manis sehingga dapat menambah selera makan dan pas jika dipadukan dengan sambal krecek. Sambal krecek sendiri memiliki rasa yang enak yaitu pedas dan guruih.

Gambar sambal goreng krecek enak khas jogja
Gambar sambal goreng krecek enak khas jogja sumber sajiansedap.grid.id

5. Gathot Gunung Kidul

Gathot ini merupakan makanan ringan Gunung Kidul yang terbuat dari gaplek atau singkonk yang dikeringkan sama halnya dengan tiwul. singkong yang telah dikupas kemudian dibersihkan lalu dijemur bertujuan untuk pengeringan sehingga menjadi gaplek. Namun membuaat gatot yang istimewa, gaplak yang digunakan harus yang berkualitas baik.

Gambar makanan Gathot
Gambar makanan Gathot sumber gambarmakanhd.blogspot.com

6. Cenil 

Jika kamu mencari makanan khas Jogjakartra yang ringan, makan kami sarankan adalah Cenil. Cenil adalah makanan yang trbuat dari pati ketela pohon. Makanan khas Jogja ini bisa dibentu bulat- bulat kecil ata ukotak kemudian diberi warna sesuai selera sebelum direbus. Cenil biasanya di sajikan dengan kelapa dan ditaburi  gula pasir.

Cenil, jajanan tradisional
Gambar Cenil, jajanan tradisional sumber merdeka.co,

7. Sate Kere 

Makanan khas Jogjakarta yang memiliki nama unik ini adalah kuliner berbahan dasar gajih atau lemak sapi dan kambing yang diberi bumbu rempah khusus. Aroma Sate Kere saat dibakar  sungguh menggugah selera sehingga pasti membuat tak sabar untuk menyantapnya.

Gambar sate kere, 3 resep sate khas Yogyakarta
Gambar sate kere, 3 resep sate khas Yogyakarta sumber najan.com

8. Kue Adrem atau Tolpit 

Inilah salah satu makanan ringan tradisional asli kahas Yogyakarta yang keberadaannya mulai penuh seiring perkembangan zaman. Makanan tradisional ini adalah Adrem atau sering di sebut juga dengan istilah Tolpit. Terdengar jork namanya, namun karena keunikannya Tolpit jadi banyak yang di cari. Tolpit dikenal sebagai camilan khas Bantul. Camilan unik ini terdapat di beberapa pasar di Bantu seperti Pasar Bantul, Pasar Pundong, Pasar Kotagede, Pasar SIluk dan masih banyak lagi.

Gambar kue tolpit alias kue adrem
Gambar kue tolpit alias kue adrem sumber wowkeren.com

9. Growol 

Makanan khas tempo dulu dari kulon progo yang sangat legendaris tersebut adalah Growol, Growol adalah olahan singkong pengganti nasi. Cara mengolahnya dimulai dengan mengupas dan membersihkan singkong. Kemudian merendamnya selam tiga hari. Barulah singkong dilumut dan dikukus. Meski begitu, Geowol cukup tahan hingga 3 hari untuk bisa dinikmati. Penjual growol bias menjajakan dagangannya dengan harga Rp 10.000/kg. Growol ini bisa di jadikan sebagai makanan pengganti nasi, teksturnya yang lembut membuata growol lebih nikmat.

Gambar growol khas Kulonprogo
Gambar growol khas Kulonprogo sumber masakandapurku.com

10. Angkringan Jogja

Angkringn adalah makanan yang menjamur di banyak tempat di Jogjakarta. Penjual angkringan juga sangat unik yaitu berbentuk gerobak dorong seperti  kaki lima sangat populer. ANgkringan Jogja bermula dari perantauan seorang mbak Pairo  dari Klaten, Kemudian usaha ini terus berkemang dan diteruskan oleh Likma Putranya. TIdak heran angkringan yang terkenal adalah angkringan Likma. Menu andalannya adalah nasi kucing, yaitu nasi putih ppolos yang diberi isian oseng tempe, oseng teri, atau sambal dan bungkus menggunakan daun pisang. Selin nasi, juga tersedia berbagai macamc lauk berupa sate yaitu sate usus, sate telur, saste telur puyuh, sate kerang, sate keong/siput, sate jamur sate ayam dan berbagai gorengan. Selain makanan di angkringan kita juga menemukan minuman yang sangat terkenal adalah kopi joss, yaitu kopi panas yang dicelupkan arang panas yang masih membara. Usaha angkringan sudah menjamur di kota Jogja sudah ada di beberapa kota-kota besar yang ada di Indonesia.

Gambar menikmati sajian nasi kucing di angkringa
Gambar menikmati sajian nasi kucing di angkringan sumber denianggoleta.com

Demikian makanan Khas Jogja yang sedang diberdayakan kembali agar tidak punah. Makanan tradisional yang mempunyai khasiat di kesehatan ini telah menjadi warisan kuliner yang patut dijaga  oleh warga saat ini. Selamat mencoba. Kami juga menginformasikan disini memiliki layanan sewa mobil jogja atau Rental Avanza Jogja yang juga bisa anda manfaatkan untuk berkeliling Jogja. semoga bermanfaat dan terimakasih.

Posting Komentar untuk "Mengenal Kuliner Khas Jogja Dan Sekitarnya"