Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tempat Wisata Instagramable di Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu provinsi yang terletak di sisi tengah pulau jawa dan berada pada garis selatan pulau. Sebuah daerah kecil yang memiliki banyak penduduk di dalamnya. Serta terdapat beragam keunikan di dalamnya. Mulai dari budaya/tradisi, kuliner, tempat pariwisata dan masih banyak lagi yang lainnya.

Foto Tugu Jogja, sumber : Javatravel

Daerah ini memiliki banyak sebutan yang tidak familiar bagi kita. Diantaranya adalah sebutan sebagai kota pelajar, kota seribu hotel atau penginapan serta kota budaya. Bahkan daerah ini sangat cocok mendapatkan sebutan baru sebagai kota pariwisata. 

Bagaimana tidak ?

Daerah kecil yang memiliki sedikitnya 7 juta jiwa ini mulai memiliki banyak obyek-obyek wisata baru yang layak untuk dikunjungi baik wisatawan domestik ataupun mancanegara. Dari sekian banyak obyek wisata yang mulai bermunculan, terdapat beberapa obeyak wisata yang di kelola oleh Dinas Pariwisata dan oleh pihak swasta. 

Saat ini di DI Yogyakarta telah berkembang beberapa obyek pariwisata  instagramable yang layak untuk dikunjungi. Bahkan tiingkat kunjungannya tidak kalah dengan beberapa obyek pariwisata yang menjadi icon pariwisata di DI Yogyakarta sejak lama. Misalnya, Pantai Parangtritis, Pantai Baron, Pantai Krakal dan Kukup, Wisata Kaliurang Gunung Merapi dan lain sebagainya. 

Lalu, apa itu instagramable ?

Secara bahasa "instagramable" terdiri dari kata "instagram", memiliki maksud sebuah sosial media yang berfungsi untuk membagikan foto maupun video beserta caption ke publik yang menggunakan sosial media serupa. Serta "able", memiliki maksud dapat, bisa atau sanggup. 

Jadi, secara keseluruan yang dimaksud dengan instagramable adalah sesuatu hal yang pantas atau sangat bagus untuk dibagikan ke sosial media seperti instagram, facebook, twitter dan lain sebaginya.

Secara di zaman era modern ini banyak anak remaja maupun yang sudah usia lanjut gemar bermain sosial media. Baik itu hanya sekedar untuk hiburan pengisi waktu luang ataupun sebagai media agar terlihat eksis (mencari ketenaran), bahkan ada yang memanfaatkan sebagai media peluang bisnis.  

Nah, berikut merupakan beberapa tempat pariwisata instagramable di DI Yogyakarta yang layak untuk di kunjungi serta memiliki banyak kunjungan wisatawan.

Daftar Tempat Wisata Instagramable Paling Populer di Yogyakarta 

Dari sekian banyaknya obyek pariwisata di DI Yogyakarta, terdapat beberapa tempat yang menjadi tempat favorit untuk di kunjungi. Serta beberapa tempat yang instagramable dan memiliki banyak kunjungan wisatawan. Baik itu wisatawan domestik ataupun mancanegara. Di bawah ini adalah lima daftar tempat pariwisata instagramable paling populer di DI Yogyakarta.

1. Hutan Pinus Pengger

Spot foto di Hutan Pinus Pengger, sumber : nativeIndonesia.com

Hutan Pinus yang satu ini menjadi pilihan pertama dalam lima daftar tempat pariwisata instagramable di DI Yogyakarta. Sebuah tempat pariwisata yang berlokasikan di daerah Sendangsari, Terong, Dlingo, Bantul ini memilik banyak sekali tempat-tempat yang cocok dijadikan spot berfoto. Dengan adanya benda-benda unik berbahan dasarkan dari bagian-bagian tumbuhan yang dibentuk sedemikian rupa serta dihiasi dengan lampu-lampu menjadikan nilai lebih ketika berfoto di dalamnya. 

Tempat pariwisata ini juga memiliki view atau pemandangan yang menakjubkan. Sebuah view yang mengarah langsung ke arah kota Yogyakarta menambah sensai ketika berkunjung kesini. Apalagi, ditambah dengan gemerlapnya lampu-lampu kota yang mewarnai pemandangan ketika malam hari. Tidak hanya itu saja, dengan asri dan sejuknya suasana makin membuat nyaman untuk berlama-lama di lokasi ini. 

Saat ini Hutan Pinus Pengger memiliki tarif kunjungan masuk yang bisa dibilang cukup terjangkau. Dengan hanya membayarkan paling sedikitnya Rp 2,5 ribu rupiah per orang, pengunjung bebas berfoto ria di dalamnya. Namun di jam-jam tertentu terdapat beberapa spot foto yang mengharuskan panitia sebagai fotografer dan memiliki tarif sedikitnya 5 ribu rupiah saja. Untuk jam operasional tempat pariwisata ini buka pada hari selasa - ahad dari jam 07.30 - 23.00 (pada masa pandemi).

Bagaimana ?, sangat terjangkau bukan.

2. Hutan Pinus Asri Mangunan

Posisi ke dua dari kelima daftar tempat pariwisata instagramable di DI Yogyakarta adalah Hutan Pinus Mangunan. Selain Hutan Pinus Pengger, obyek pariwisata ini juga  dikelola oleh Dinas Pariwisata. Hutan Pinus Mangunan berlokasikan di daerah Mangunan, Dlingo, Bantul dengan memiliki jalan akses yang sanagt mudah dan memiliki jalan yang cukup lebar. Jadi sangat memudahkan wisatawan untuk memasuki kawasan wisata ini. 

Spot foto di Hutan Pinus Mangunan, sumber : alodiatour

Saat ini tempat wisata ini memiliki barbagai macam spot foto yang unik serta memiliki kesejukan yang membuat semakin nyaman untuk berlama-lama di dalamnya. Bahkan dengan keasrian dan keunikan dari tempat ini menjadikan tempat favorit para fotografer untuk mengadakan foto prewedding dan foto model lainnya. Tak jarang pengambilan beberapa adegan film dilakukan di tempat ini. 

Pengurus Hutan Pinus Mangunan selalu memberikan pelayanan yang ramah dan selalu memberikan pembaharuan lokasi serta kebrsihan tempat yang bisa dibikang sangat bagus. Maka sayang apa bila kita melupakan kesempatan untuk berkunjung ke lokasi ini. 

3. Langlang Buana Jogja

Sekarang kita beralih ke sisi utara dari DI Yogyakarta. Yakni ke wilayah Kabupaten Sleman. Terdapat sebuah obyek wisata baru yang menyuguhkan bangunan-bangunan berarsitekkan nuansa Eropa. Nah, ini cocok buat kita yang sedang mencari spot foto bernuansa Eropa dan tidak harus pergi Eropa. Secara untuk pergi ke Eropa memerlukan biaya yang bisa dibilang tidak sedikit. 

Langlang Buana Jogja sebuah kawasan wisata yang menyuguhkan bangunan-bangunan berarsitekkan nuansa Eropa ini berlokasikan di Jl. Kaliuriurang KM 10, Sawangan, Hargobinangun, Pakem,Sleman. Unutk akses ke dalam tempat pariwisata ini pengunjung diharuskan merogoh kocek sedikitnya 20 ribu rupiah. Bahkan telah disediakan baju sewaan yang bernaunsa belanda dengan membayarkan 20 ribu rupiah untuk satu jam. 

Spot foto di Lalang Buana, sumber : travel kompas

Di dalam tempat wisata ini pengunjung dapat jalan-jalan melalui gang-gang sempit yang ada dan disekelilingi dengan bangunan yang bercorakkan ala-ala Eropa. Mulai dari bangunan khas Swiss, London, Belanda bahkan terdapat Arab Street dan Kastil.  Para pengunjung dibebaskan untuk berfoto ria bersama sanak keluarga di dalamnya. Untuk akses menuju lokasi pariwisata pun sangat mudah dan cepat. Karena terdapat jalan besar yang mengarah kesana. 

4. Air Terjun Kedung Pedut


Spot di Air Terjun Kedung Pedut, sumber : Jogja tour

Bagi anda yang suka dengan nuansa air. Air Terjun Kedung Pedut menjadi tempat pariwisata yang layak untuk dikunjungi. Dengan nuansa asrinya yang menyejukkan dan jernihnya air yang mengalir serta beberapa spot foto yang tersedia menjadi hal menarik untuk kita harus berkunjung di tempat ini. Ditambah lagi tarif masuk yang sangat terjangkau membuat kita semakin bersemangat untuk berkunjung. 

Air yang mengalir di Air Terjun Kedung Pedut ini memiliki ciri khas yang berbeda dari air terjun pada umumnya. Yakni berwarnakan biru toska dan pituh jernih membuat mata semakin takjub dan memiliki keinginan kuat untuk berenang di dalamnya. Apalagi dengan nuansa asrinya menambahkan suasana segar di badan serta pikiran. Maka sangat cocok buat kita yang lelah dengan hiruk pikuknya perkotaan. 

Tempat Pariwisata ini berlokasikan yang tepatnya di Dusun Kembang, Jatimulyo, Girimulyo. Untuk tarif masuk ke tempat wisata ini pengunjung diwajibkan membayar paling sedikitnya 3 ribu rupiah. Dengan tarif yang ada pengunjung dibebaskan berlama-lama menikmati kawasan wisata ini. 

5. Tamansari Yogyakarta

Sebuah kawasan yang berdiri sejak zaman kerajaan Keraton Yogyakarta ini menjadi tempat pariwisata yang unik dan memiliki ciri khas tersendiri. Sebuah kawasan yang pada dulunya digunakan sebagai tempat rekreasi keluarga kerajaan serta digunakan untuk mandi para raja dan permasuri ini menjadi salah satu kawasan wisata bercagar budaya yang tidak ketinggalan untuk dikunjungi. Apalagi bagi mereja yang suka akan sejarah menambah semangat baru untuk wajib berkunjung ke lokasi ini.

Spot di Tamansari Jogja, sumber : sentra holidays
 

Arsitektur bangunan yang ada pada tempat ini bernaunsakan ala Postugis - Jawa yang menjadi daya tarik wisatawan domestik maupun mancanegara. Taman yang pada dulunya sebagai tempat rekreasi keluarga kerajaan ini sekarang dipergunakan sebagai tempat pariwisata bagi para pengunjung. Namun dalam waktu tertentu tempat ini masih dijadikan sebagai tempat ritual oleh keluarga kerajaan. 


Sungguh menarik bukan ?

Di atas merupakan sebagian dari berbagai macam tempat pariwisata di DI Yogyakarta. Dan masih banyak lagi tersebar berbagai jenis obyek wisata di Yogyakarta yang layak untuk dikunjungi, baik itu yang sudah lama ataupun yang masih berkembang.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu Anda dalam menentukan daftar kunjungan wisata bersama keluarga ataupun sahabat ke berbagai tempat di Yogyakarta. Sekian dan terimakasih.

 


Posting Komentar untuk "Tempat Wisata Instagramable di Yogyakarta"