Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar 10 Bengkel AC Mobil Di Jogjakarta

Pengertian Ac mobil yang paling sering diucapkan adalah alat yang membuat mobil agar terasa dingin. Jelas mobil tidak dingin adalah situasi yang tidak nyaman. Tapi apakah pengertian Ac hanya sebatas itu saja? Tentu tidak. Unntuk mempelajari lebih lanjut mengenai Ac mobil beserta fungsinya, pelajari ulasan berikut ini.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai pengertian Ac mobil anda harus tahuh apa Ac itu. Air conditioner atau Ac adalah alat untuk mengubah udara panas menjadi dingin dengan bantuan freon. Itulah arti Ac tersebut secara umum. Sementara secara khusus, Ac adalah mesin yang mengatur sirkulasi zat refrigerant. 

Nah, zat refigerant menjadi elemen penting AC mobil karena bentuknya mampu berubah-ubah secara cepat. Selain itu, zat refrigerant juga bisa mengalami perubahan suhu secara drastis. Secara fisik, Ac mobil tidaklah tampak dengan jelas karena instalasinya tertutup body mobil. Ac mobil baru akan nampak setelah penutupnya dibuka. Benda yang sering kita kira sebagai Ac mobil ternyata hanyalah bagian kisi-kisi udara saja.

Gambar ilustrasi udara ac keluar sumber seva.id 

Intinya, Ac mobil tidak dingin saat rpm rendah. Sedangkan Ac ruangan lebih statis. Putaran kompresor sangat tergantung pada pengaturan suhu yang dipilih. Mode yang digunakan juga mempengaruhi kecepatan pergantian udara dalam ruangan yang ber-Ac. Selain itu, faktor stabilitas kelistrikan terkadang juga membuat Ac bekerja lebih lalma. Jenis Ac mobil secara umum, terjadi dua bagian, yaitu singel blower dan double blower. 

Ac singel blower hanya memiliki satu blower yang biasanya diletakkan di depan. Sedangkan Ac double blower memiliki dua blower yang terletak di kabin bagian depan dan belakang. Khusus untuk jenis double blower, banyak konsumen yang mengeluhkan mengapa kabin depan lebih dingin dibandingkan kabin belakang? Orang bertanya-tanya tentang penyebab Ac mobil kurang dingin, terutama di kabin belakang.

5 Penyebab AC Mobil Kurang Panas   

1. Fan Belt Putus 

Apabila cooling fan atau extra fan ini mati. Maka akan membuat pembuangan panas didalam kondensor tidak sempurna dan membuat tekanan menjadi kepanasan atau overheat. Dan imbasnya adalah menurunnya kinerja kompresor. Umumnya masalah ini akan terasa saat mobil macet akan berhenti.   

2. Freon berlebihan atau kering 

Jika fan belt yang menghubungkan putaran mesin dengan kompresor Ac mobil terputus, maka kompresor tidak berputar. AKibatnya, kondensor tidak bekerja dan Ac mobil kurang dingin karena freon tidak beerja maksimal. Penyebabnya putusnya fan belt pada Ac mobil, antara lain: karena usia, kualitas fan belt yang buruk, atau putaran mesin terlalu panas. Menggunakan fan belt dengan kualitas terbaik adalah salah satu cara mencegah kejadian itu. 

3. Suhu Mesin dan Kompresor Overheat 

Suhu mesin mobil dan kompresor yang panas dapat menyebabkan cairan freon ikut memanas. Jika keadaan ini dibiarkan, freon dapat mengalami penurunan kualitas. Akibatnya, freon tidak hanya gagal mendinginkan Ac mobil, namun justru udara dingin yang seharusnya keluar berubah menhjadi panas. Jadilah Ac mobil berubah fungsi menjadi pemanas mobil. Selain mengisi ulang freon dengan kualitas yang lebih baik dan tahan panas, Anda juga perlu mengatasi mesin yang panas. yang dapat anda lakukan, antara lain:
  • ganti oli mesin 
  • lakukan tune up mesin
  • ganti spare part yang memicu overheating     

4. Magnetic Clutch rusak

Agar magnetic clutch, yang mengatur putaran mesin untuk membuat kompresor berputar, dapat bekerja secara maksimal maka alat ini membutuhkan daya magnetik. Jika daya magnetik tersebut hilang maka kompresor Ac tidak dapat bekerja dengan maksimal. Kerusakan magnetic clutch dapat disebabkan kualitasnya yang buruk, daya listrik mobil yang kurang, atau karena overheatung mesin. Mengganti magnetic clutch dengan yang baru adalah satu-satunya solusis. Pastikan magnetic clutch yang baru tersebut baik kualitasnya, cocok dengan Ac mobil Anda, serta mudah dipasang.   

5. Evaporator Ac Kotor 

Evaporator yang kotor dapat menghambat aliran udara dingin sehinga Ac mobil justru mengeluarkan hawa panas. Jika dibiarkan, kondis ini berbahaya karena udara panas yang di keluarkan tidak hanya bau, namun juga mengandung kuman penyakit. Cara mengatasi kondisi ini, anda hanya perlu mencuci evaporator. Sebaiknya, percayakan urusan mencuci evaporator ini pada ahlinya dengan membawa mobil anda ke bengkel. 

Gamabar cek kondisi mesin ac sumber idntimes.com 

Berikut ini kisaran harga servis Ac mobil

Untuk kisaran servisnya sendiri tak perlu menguras kantong sebagai gambaran mobil Kijang Innova, itu kalau servis besar sekitar Rp 2 jutaan. Biaya itu sedah termasuk pembersihan seluruh sistem ac di bagian depan sampai belakang, lain lagi degan biaya mengisi freon. Untuk mengisi freon mematok bandrol Rp 300 ribuan. lain lagi kalau komponen yang diganti terdiri dari seal, thrust bearing, soe, shaft seal.

penggantian ini memakan biaya sekitar Rp 475-700 ribu. Untuk belt dan extra fan ini cukup terjangkau. harga fan belt mulaidari Rp 400 ribuan, sementara fan paling murah Rp 300 ribuan. jika anda ditawarkan untuk memperbaiki extra fan, sebaiknya hindari saja. Itulah kisaran harga biaya servis ac mobil yang ada di wilayah Jogja dan sekitarnya. 

Berikut Bengkel Ac Mobil di Jogja

Kami juga menginformasikan bahwa selain bengkel Ac mobil jogja serta perlu di ingat,tidak semua bengkel melayani bengkel atau servis ac mobil juga ada yang tidak. Namun perlu di ketahui Anda bisa cek atau menghubungi bengkel tersebut bisa melayani bengkel atau servis ac mobil sekaligus bengkel servis radiator mobil jogja. Berikut ini info 10 bengkel Ac mobl Jogja:

1. Bengkel Ac mobil Mitra Makmur 

Bengkel ini merupakan bengkel spesialis ac mobil di jogja dan pusat penjualan spesart/suku cadang Ac mobil di Jogja. Bengkel ini memiliki pengalaman bertahun-tahun di bengkel ac mobil dengan peralatan yang lengkap serta teknis yang cangih. berpengalaman segera datang di bengkel ini beralamat:Jl. Raya Solo-Yogyakarta No.11, Cupuwatu 1, Purwomartani, Kec. Kalasan, Kab.Sleman, DI Yogyakarta 55571

gambar bengkel ac mobil mitra makmur
Gambar bengkel ac mobil Mitra Makmur sumber jogjabagus.id

2. Bengkel Ac Mobil Jogja

kami siap melayani repair Ac mobil anda yang ada di sekitar sleman bisa kunjungi bengkel ini alamat Jl. Belimbing No.6, Jetis, Weedomartani, Kec. Ngemplak, Kab. Sleman DI Yogyakarta  55584 telp 0822-4343-0005

Gambar servis ac mobil sumber bbgoogle maps 

3. Bengkel Ac Mobil Rava

Anda dapat berkonsultasi mengenai permasalahan Ac dan sekaligus ingin repair ac anda, bisa ke tempat bengkel ini alamat:Jl. Ringroad Utara, Grogol, Bejiharjo, Wonosari telp 0852-2844-0508

Gambar bengkel ac mobil Rava
Gambar bengkel ac mobil Rava sumber google maps

4. Bengkel Saga Ac Mobil 

layanan anda akan di lakukan perbaikan di manapun mobil anda mengalami masalah ac segera ke lokasi bengkel ini beramat:Jl. Wates-Purworejo No.Km. 8, Sidatan, Kalidengen, Kec. Temon, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta 55654 telp 0813-9292-827

Gambar bengkel ac mobil Saga
Gambar bengkel ac mobil Saga sumber google maps 

5. Bengekl Wahyu Ac Mobil

Menerima servis ac mobil avanza, xenia, kijand dll bisa kunjungi bengkel ini beralamat Jl. Kyai Ronggo, Soropadan, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta 55652 telp 0818-0432-2674 

Gambar bengkel Ac mobil Wahyu
Gambar bengkel Ac mobil Wahyu sumber google maps

6. Bengkel Ac mobiol Trimulyo 

Bengkel ac mobil Trimulyo beralamat:Jl, Raden Wijaya, Bulu, Trimulyo, Kec. Jetis, Bantul, DI Yogyakarta 55781 telp 0813-2872-4559 bengkel yang melayani spesialis ac mobil meliputi freon, Ac mati, Ac tidak dingin, freon boros, dll. 

7. Bengkel Ac Mobil SAN 

Bengkel iini melayani isi freon, servis ac, ganti sparepart, perawatan/pemeliharaan ac mobil lokasi bengkel alamat:Degan, Kec. Sewon, Bantul, DI Yogyakarta 55185 telp 0896-1023-4271

Gambar pengangkatan mesin ac mobil
Gambar pengangkatan  mesin ac mobil sumber trimulyomobil.com

8. Bengkel Ac Mobil 24 Jam, Jogja selatan, Bantul 

Mengerjakan peerawatan, perbaikan dan memasang baru ac mobil Jepang, Eropa, Korea, cina dan India. jangan ragu silahkan ke temopat bengkel ini beralamat Jl. Bantul-Samas Km22, Bonggalan Srigading Sanden Bantul Yogyakarta (BRI unut Samas ke Barat 500 meter) telp 0878-3950-1014

9. Bengkel Ac Mobil Warna Abadi 

Ac mobil ini mempunyai tenaga yang profesional di bidangnya. Bengkel yang dikhususkan untik servis dana perawatan Ac mobil, juga untuk pemasangan Ac dan penggantian sparepart bengkel ini beralamat Jl. Laksda Adisucipto Km.8, Kalongan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kab. Sleman DI Yogyakarta 55282 telp 0812-3567-7734 

Gambar bengkel Ac mobil warna abadi
Gambar bengkel Ac mobil warna abadi sumber google maps

10. Bengkel Handaayani Ac Mobil 

Melayani servis ac mobil dan tambah freon ganti olo kompresor cuci ovaporator lokasi bengkel beralamat Jl. Jambu, Jeruksari, Wonosari, Kec. Wonosari Kab Gunung Kidul, DI Yogyakarta 55813 

Gambar servis ac mobil
Gambar servis ac mobil sumber jualo.com

Inilah ulasan dari saya semoga halaman ini bisa membantu anda dan mengandalkan bengkel yang tepat untuk anda, kami juga menginformasikan didaerah kami juga ada bengkel aksesoris dan variasi mobil Jogja agar bisa membantu untuk menghiasi dan mempercantik mobil dan dapat mencerahkan sesuai keinginana yang Anda  lakukan semoga artikel ini dapat membantu danbermanfaat. 




Posting Komentar untuk "Daftar 10 Bengkel AC Mobil Di Jogjakarta "