Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menelusuri Keindahan Wisata Alam Jogja

Masih bingung menetapkan tempat liburan mendatang? Berkunjung ke daerah Jogja sepertinya ide yang bagus. Menelusuri udara bebas sambil menikmati hal-hal seru bisa menjadi pilihan menarik saat berlibur di Jogja. Jogja memiliki bukan hanya satuan, tetapi puluhan destinasi wisata alam yang memukau. Berikut 5 destinasi wisata alam terbaru di Jogja.

1. Kalibiru

Wisata alam Kalibiru dibangun atas inisiatif dari masyarakat sekitar yang berkeinginan agar hutan tersebut tetap tumbuh hijau, sejuk, dan lestari. Pengembangan wisata alam ini tidak terlepas dari proses panjang dari upaya masyarakat di sekitar hutan untuk memulihkan keadaan hutan yang dulunya tandus dan gersang.

Wisata alam Kalibiru ini terletak di kawasan Kulon Progo, Yogyakarta. Lokasi tepatnya terletak di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta. Dari pusat kota Yogyakarta, jaraknya sekitar 40 kilometer.

Cara untuk menikmati indahnya wisata alam Kalibiru ini, seperti:

  • Melihat Keindahan Alam dari Menara Pandang

Menara Pandang Kalibiru, sumber ig @ruly.alamsyah

Di wisata alam Kalibiru ini Anda akan menemukan pohon pinus yang menjulang tinggi di tepi jurang, yang telah terpasang papan kayu lengkap dengan tangga gantungnya.

Anda bisa menikmati indahnya alam dari Menara Pandang ini. Anda akan mendapati indahnya pemandangan pegunungan Menoreh dan Waduk Sermo.

  • Flying Fox dan High Rope

Cara lain untuk menikmati indah alam Kalibiru bisa dengan sambil mengadu adrenalin, loh. Ya, Anda bisa mencoba wahana outbond seperti high rope dan flying fox.

  • Trekking

Di sini terdapat jalur trekking yang bisa Anda telusuri. Tersedia beberapa pilihan jalur trekking dengan rute dan panjang jalur yang bisa disesuaikan. Jarak dekatnya sekitar dua hingga tiga kilometer, dan jarak jauhnya empat hingga lima kilometer.

2. Puncak Becici

Puncak Becici, sumber ig @bernard.ferdinand

Salah satu lokasi yang diminati mantan Presiden Amerika Serikat Barack Husein Obama adalah Puncak Becici. Puncak Becici berada di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul atau 30 Km dari pusat kota Yogyakarta.

Puncak Becici memiliki hutan pinus seluas 4,4 hektar dengan hawa yang sejuk. Pada sore hari, pengunjung bisa menikmati sunset. Dari sini pula, pengunjung bisa melihat kecantikan Candi Prambanan bagian utara serta indahnya pantai selatan.

3. Bukit Panguk

Bukit Panguk, sumber ig @amoebacitytourjogja

Bukit panguk kediwung dlingo Tergolong wisata alam perbukitan yang masih sangat baru. Wisata alam di jogja ini baru di buka sekitar petengahan bulan mei tahun 2016. Wisata alam ini dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat.

Bukit panguk kediwung dlingo ini masih satu kawasan dengan kebun buah mangunan dan hutan pinus dlingo. Dengan suguhan pemandangan alam khas dlingo yang hijau dengan udara segar pegunungan. Apalagi pengunjung datang di pagi hari buta. Pemandangan alam yang hijau dengan balutan kabut yang memanjakan mata anda.

Sinar matahari yang perlahan naik akan membuat suasana menjadi sangat indah. Apalagi saat pagi biasanya masih ada kabut tipis yang menyelimuti pemandangan sekitar. Sehingga jika cuaca sedang cerah, pemandangan indah akan didapat dan bisa diabadikan secara sempurna. Anda yang suka berfoto di suasana pagi pastiakan menyukai tempat ini.
Baca juga : 10+ Wisata Edukasi di Jogja Yang Sayang Untuk Dilewatkan

4. Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran, sumber ig @objek_wisata_jogja
Embung Nglanggeran adalah telaga buatan yang berfungsi untuk menampung air hujan dan dimanfaatkan untuk mengairi perkebunan petani pada saat musim kemarau. Terletak di Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, lokawisata ini diresmikan pada tanggal 19 Februari 2013 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Embung Nglanggeran ini berada di Bukit Gandu. Kawasan dijadikan tempat untuk menampung air oleh pemerintah yang digunakan petani sekitar untuk mengairi perkebunan buah yang ada di bawahnya.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Embung Nglanggeran adalah di sore hari. Soalnya, Embung Nglanggeran berada di ketinggian, jadi kamu bisa menikmati senja hingga terbenamnya matahari di sana. Bisa dibilang, Embung Nglanggeran adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunset di Yogyakarta.


5. Telaga Biru Semin

Telaga Biru Semin, sumber ig @bombastripcom

Wisata Telaga Biru di Semin Gunung Kidul Yogyakarta yang terletak di desa Candirejo dari Kantor Kecamatan Semin dapat disebut sebagai Objek Wisata (Obwis) tiban. Bukit Ngentak sebenarnya kawasan industri batu tempel. Warga menambang bukit yang tingginya sekitar 400 meter dari permukaan laut untuk diekspor ke berbagai negara. Kolam-kolam bekas galian menjadi telaga di musim penghujan. Menjadi banyak telaga yang airnya berwarna biru.

Wisata Telaga Biru di Semin Gunung Kidul Yogyakarta memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Gunung Kidul tidak mengunjungi Wisata Telaga Biru di Semin Gunung Kidul Yogyakarta yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Demikian ulasan mengenai keindahan wisata alam Jogja yang sayang untuk dilewatkan. Berwisata sambil menghirup udara sejuk dengan disuguhi pemandangan yang indah sungguh sangat menarik bukan? Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Jogja, jangan lupa ya berkunjung ke wisata alam tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat. Simak juga ulasan lainnya mengenai tips liburan ke jogja bagi pemula.
Abu Ziyad
Abu Ziyad Wisdom : "Hamba yang banyak dosa, jika kehilangan b akan jadi hama di dunia."

Posting Komentar untuk "Menelusuri Keindahan Wisata Alam Jogja"