Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Tepat Pengelolaan Spot Wisata

Berbagai detinasi wisata baru di indonesia bermuncuan. Hal ini cukup menggembirakan, namun terkadang destinasi wisata baru tersebut belum bisa dkelola secara profesional karena terbatasnya tenaga kreatif. Karena itu tidak jarang industri wisata terutama di Yogyakarta yang menangani adalah para pemuda yang lebih memiliki kreativitas. Inilah beberapa langkah tepat pengelolaan spot wisata. 

Pengelolaan Spot Wisata
ASpot instagrammable. Sumber kompasiana


Membangun Konsep

Konsep destinasi wisata yang akan dibangun tentu harus matang. Banyak konsep destinasi wisata yang bisa dipilih. Jika yang ditawarkan adalah pemandangan alam maka pembangunan yang di lakukan harusnya menyesuaikan dengan tema. Atau jika mengejar pemandangan uinik maka harus dibuat sesuatu yang unik dari destinasi wisata tersebut.

Pembangunan destinasi wisata tersebut bisa dilakukan tanpa harus merusak segala yang ada seperti menghilangkan padang rumput, menebang pohon, mengurug danau dan sebagainya. Jika konsepnya adalah wisata konservasi maka hal pertama yang harus dijadikan pijakan adalah perlindungan terhadap ligkungan.

Konsep yang dibangun bisa menyesuaikan dengan keadaan alam yan ada. Apakah keadaan alamnya merupakan daerah dengan pemandangan yang bagus, atau merupakan daaerah cagar budaya atau lainnya. dengan demikian konsep wisata bisa dipilih sesuai dengan keadaan alam.

Membangun Fasilitas

Terkadang kendala utama dari fasilitas pendukung adalah masalah pendanaan. Karena itu diperlukan adanya kerjasama antara masyarakat setempat dengan pemerintah daerah. Hal vital yang perlu diperhatikan adalah akses jalan yang menuju ke destinasi wisata.

Fasilitas penunjang lainnya yang harus disediakan meliputi toilet, parkir dan tempat penunjang lainnya seperti musholla. Diperlukan juga bangunan publik yang bisa dimanfaatkan untuk wisatawan seperti gasebo, panggung terbuka dan sebagainya. Tempat ini bisa dimanfaatkan oleh wisatawan untuk melepas lelah.

Pengadaan internet di lokasi wisata bisa dipertimbangkan juga. Dengan keberadaan internet, maka akan menarik minat kawula muda untuk datang dan melakukan aktifitas yang berhubunga dengan dunia maya seperti melakukan upload foto selfie dan sebagainya.

Wisatawan penggemar selfie tentu ingin melakukan selfie dengan pemandangan yang berbeda atau yang instagrammable. Dengan membangun berbagai spot selfie tentu dapat menarik wisatawan untuk datang. Yang diperlukan adalah inspirasi dari tiap pengelola destinasi wisata agar dapat diketahui spot selfie seperti apa yang cocok disediakan untuk wisatawan.

Lakukan Pemasaran Digital

Pemasaran digital bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai platform media sosial yang ada. Bisa dengan membuat akun resmi atau fanpage. Pastikan melakukan postingan secara berkala. Jangan sampai hanya membuat akun tanpa ada isi terutama pada media sosial yang saat ini populer.

Media sosial memiliki peranan yang sangat penting dalam penyebaran konten berita. Termasuk konten berita mengenai destinasi wisata. Berbagai platform media sosial bisa di gunakan untuk memaksimalkan pemasaran. Salah satu media sosial yang saat ini menjadi media yang paling sering dikunjungi adalah YouTube.

Untuk menarik perhatian viewer bisa dengan menggandeng influencer untuk mempromosikan destinasi wisata. YouTUbe bisa menggambarkan kondisi dan keadaan spot wisata secara bagus dengan tampilan konten video. Buat konten video dengan profesonal. Bisa juga bekrja sama dengan lulusan sekolah broadcasting untuk membuat konten yang berkualitas dari seg penyampaiannya.

Selain itu membangun websit official bisa juga dilakukan. Dengan membangun website maka secara tidak langsung pengelola membangun kantor di dunia maya. Dengan memasuki website tersebut diharapkan pengunjung website mendapatkan informasi secara detail sehingga tertarik untuk mendatanginya. 
Pengelolaan Spot Wisata
Bendung Kamijor. Sumber tribunnews



Itulah beberapa langkah tepat pengelolaan spot wisata untuk anda. Semoga artikel ini memberikan informasi bermanfaat untuk semuanya. Jangan lupa membaca artikel kami lannya tentang hotel bintang 5 di Yogyakarta. Terima kasih.





Posting Komentar untuk "Langkah Tepat Pengelolaan Spot Wisata "