Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Anti Rayap Bermanfaat Untuk Bangunan Anda

Iklim tropis di Indonesia memungkinkan berkembangnya berbagai jenis tumbuhan dan hewan. Tanpa terkecuali hewan serangga. Dan rayap merupakan salah satu serangga yang umum ditemui di daerah tropis termasuk Yogyakarta. Rayap yang merupakan sebangsa semut yang mampu mengurai kayu dan kertas sehingga diperlukan dalam ekosistem kehidupan. Akan tetapi rayap juga dapat mengurai dan menghancurkan berbagai barang bahkan bangunan yang berbahan dasar dari kayu. Padahal di Yogyakarta masuh banyak sekali bangunan yang konstruksinya berasal dari kayu. Maka untuk jasa anti rayap Yogyakarta yang penduduknya sebagian masih mempertahankan konsep bangunan tradisional, sangat memerlukan jasa itu. Dari situlah banyak sekali berkembang bisnis jasa anti rayap Yogyakarta.


Sebagai pengetahuan bagi perusahaan jasa anti rayap Yogyakarta, kota yogyakaerta yang merupakan kota tradisional dengan banyaknya bangunan kayu dan karya seni berbahan kayu maka akan lebih tepat jika pengaplikasian teknologi anti rayap di lakukan sebelum pembangunan rumah atau bangunan. Hal ini dikarenakan usaha preventif lebih baik demi perlindungan terhadap bangunan tradisional yang struktur bahannya berasal dari kayu. Pembuatan bangunan dari kayu biayanya lebih mahal daripada pembuatan bangunan dengan struktur berbahan beton.  Oleh karena itu penyedia jasa anti rayap Yogyakarta mengambil peluang itu dengan menawarkan jasa preventif mencegah serangan hama rayap.

Pekerjaan Anti Rayap Pada Bangunan


Tips Anti Rayap

Untuk pembasmian rayap secara alami dan menggunakan bahan sendiri sebenarnya bisa di lakukan dirumah. Berikut ini cara membasmi rayap secara mandiri:

1. Menggunakan Cacing Nematoda

Binatang predator bagi rayap sebenarnya bvanyak. Mulai dari unggas dan juga binatang pegerat sebangsa tikus atau landak. Akan tetapi kita akan repot juga dalam mengendalikan binatang tersebut. Pasti binatang tersebut tidak akan selalu tinggal disitu untuk memakan rayap. Binatangf tersebut pasti akan kesana kemari mencari makan selain rayap. Solusinya adalah menggunakan cacing nematoda yang bisa kita beli di toko pakan binatang atau mencari sendiri di kebun.

2. Mengunakan Larutan Garam

Larutan garam selain sebagai obat antiseptik murah dan alami. Kita bisa melarutkan garam ke dalam air dan menyemprotkan ke tempat yang diserang rayap. Akan tetapi sifat dari garam adalah korosif, sehigga cara ini kurang di anjurkan. Dan tentu saja perusahaan jasa anti rayap Yogyakarta yang biasa menngani bangunan tradisional berstruktur dasar kayu, tidak mengguakan metode ini karena bisa merusak property bernilai seni yang harus dijaga dengan baik.

3. Menggunakan Larutan Kapur Sirih

Selain sebagai penguat gigi para kakek nenek jaman dahulu, kapur sirih yang sudah dilarutkan bisa mengusir serangga termasuk rayap. Kapur sirih sangat di hindari oleh berbagai jenis serangga. Oleh karena itu untuk mengontrol dan menangkal serangga termasuk rayap yang akan menyerang perabot kayu, kita bisa menggunakan larutan kapur sirih yang kita semprotkan ke sarang rayap atau tempat yang dihinggapi rayap dan serangga lainnya.

Cara diatas adalah cara yang digunakan untuk membasmi rayap secara mandiri. Sehingga kita yang tinggal di Yogyakarta bisa melakukan dirumah tanpa meminta bantuan jasa anti rayap di Yogyakarta. Akan tetapi jasa anti rayap Yogyakarta akan melakukan kinerja yang terbaik apabila diminta bantuan untuk membasmi rayap di lingkungan Yogyakarta. Apalagi untuk menyelamatkan bangunan seni (Joglo) pastinya penangananya akan professional dan sangat hati-hati.
Cara preventif agar rayap tidak menyerang struktur bangunan ada berbagai macam diantaranya adalah :

4. Menguras Genangan Air

Rayap akan berkembang biak di tempat yang senantiasa lembab dan di tanah yang banyak terdapat kandungan air. Bagaimana dengan tempat yang kering? Sebenarnya rayap juga bisa berkembang di tempat kering. Hanya saja perkembangannya lebih pesat di tanah atau daerah dengan lingkungan yang lembab. Maka dengan memastikan halaman rumah atau lingkungan dekat rumah tidak ada genangan air merupakan langkah mudah untuk menekan perkembangan rayap.

Bangunan Yang Terkena Rayap


6. Membuat Bagian Pencahayaan dan Ventilasi yang Cukup

Rayap dan serangga lain sebagian besar tidak suka dengan cahaya yang terang da ruangan dengan sirkulasi udara yang baik. Maka langkah pencegahan agar serangan rayap tidak terjadi atau paling tidak menekan potensi serangan rayap maka hendaknya dibuat struktur bangunan yang tidak disukai oleh rayap dan serangga lainya.

7. Memakai Formula Antirayap

Cara yang terakhir ini merupakan cara yang sangat efektif, dan jasa anti rayap Yogyakarta memberikan pelayanan preventif yang terbaik. Bahkan memberikan solusi sebelum masalah datang di kemudian hari. Yaitu dengan memberikan formula anti rayap pada material atau bagian yang terbuat dari kayu yang akan dipakai sebagai struktur bangunan.

Demikianlah beberapa tips anti rayap yang bermanfaat untuk bangunan Anda. Simak ulasan seru lainnya terkait review lokasi wisata di halaman kami. Silahkan share artikel ini. Matur Nuwun.





Posting Komentar untuk "Tips Anti Rayap Bermanfaat Untuk Bangunan Anda"