Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Informasi Bagian Kendaraan Mobil Yang Perlu Diketahui

Memiliki kendaraan pribadi seperti mobil merupakan idaman setiap keluarga. Dengan memiliki mobil Anda bisa mengajak keluarga Anda untuk bersama berliburan misalnya, atau sekedar mengantar mereka ke tempat kegiatan sehari-hari dengan aman dan nyaman. Dengan kondisi cuaca dan jalan yang tidak menentu, mobil memang menjadi pilihan untuk menuju tempat untuk aktivitas harian. Ditengah kondisi transportasi umum yang belum cukup memadai juga, mobil pribadi bisa menjadi lebih efisien.

Apakah Anda seorang pengguna mobil? Dan apakah Anda sudah menjadi pengguna mobil yang baik? Pengguna mobil yang baik adalah pengguna yang selalu merawat mobilnya, baik tampilannya, hingga kondisi setiap bagian – bagian dari mobilnya. Sudahkah Anda mengetahui setiap bagian – bagian mobil beserta dengan fungsinya? Kalau belum, berikut ulasan yang dapat membantu Anda mengenalinya. 

Bagian – Bagian Mobil serta Fungsinya

Secara umum, mobil dapat melaju karena adanya pembakaran antara bensin (bahan bakar) dengan udara yang kemudian dapat menggerakkan piston. Proses ini yang kemudian menghasilkan power atau tenaga. Namun terdapat hal-hal lainnya yang paling tidak harus menjadi pengetahuan para pemilik mobil. Berikut beberapa komponen – komponen kendaraan mobil yang seharusnya cukup familiar dengan Anda sebagai pemilik kendaraan mobil.

1. Ban

Penghubung langsung antara mobil dengan jalanan. Ban terbuat dari karet karena kelebihannya sebagai peredam yang baik, kuat, elastis, lentur, serta tidak berisik. Ban dapat memberikan kontrol kendaraan terhadap jalanan yang dilaluinya dengan peran grip/daya cengkram ban.

Ilustrasi Mesin Mobil, sumber ig ddzutavern_bw

Grip/daya cengkram yang baik membuat kendaraan menjadi tidak mudah terpeleset/tergelincir terutama saat jalanan licin sehabis hujan. Perawatan ban cukup dengan pemeriksaan rutin terhadap tekanan ban, grip ban, dan semir ban dapat menambah performanya.

2. Rem

Rem atau Break berfungsi untuk menghambat power dengan cepat ketika Anda sedang melajukan mobil Anda dalam kecepatan yang berlebihan. Komponen ini penting untuk dicek secara berkala, guna meminimalisir kecelakaan lalu lintas akibat rem blong. Apabila fungsinya sudah mulai berkurang, maka ganti segera kampas rem dengan yang baru.

3. Wiper

Wiper berfungsi untuk membersihkan kaca utama mobil dari kotoran, atau lainnya yang mengganggu penglihatan pengemudi terhadap jalanan yang dilaluinya. Anda cukup mengganti karet wiper apabila wiper sudah tidak maksimal lagi dalam membersihkan kaca utama mobil.

4. Lampu

Lampu pada mobil terdapat bermacam – macam jenis dan fungsinya, dari memberikan pencahayaan saat jalanan gelap, memberi tanda ketika mobil ingin berbelok/berpindah jalur, hingga membantu saat parkir mobil.

5. Kemudi

Bagian ini menghubungkan antara pengemudi dengan kendaraan untuk dapat melaju, di mana pada kolom kemudi terdapat semua aktivator untuk komponen mobil, seperti lampu dan lainnya, dan status kendaraan, seperti volume bensin terkini, dan sebagainya.

6. Aki

Aki adalah komponen yang berfungsi sebagai pusat kelistrikan mobil, dan penyedia listrik meskipun mobil dalam keadaan nonaktif. Prinsip kerjanya, listrik yang tersedia pada aki akan menggerakkan dinamo, sehingga mesin mobil dapat bekerja, sehingga mobil dapat bergerak. Perawatan aki cukup dengan mengecek berkala air aki, karena bila air aki kurang/kering, akan merusak komponen mobil lainnya.

7. Radiator

Radiator berfungsi untuk menjaga panas dari mesin mobil yang ditimbulkan selama perjalanan menjadi stabil, sehingga kerja mesin mobil menjadi optimal

8. Transmisi

Komponen ini penting untuk menggerakkan atau menambah kecepatan mobil, karena transmisi berperan dalam memindahkan tenaga pada putaran mesin ke poros propeler. Untuk menjaga fungsinya, Anda perlu merawat komponen ini dengan mengganti secara berkala oli transmisi

9. Suspensi

Suspensi mobil yang baik akan meredam goncangan dengan baik pula, sehingga Anda tetap merasa nyaman meskipun kondisi jalan yang dilalui rusak.

10. Alternator

Alternator atau disebut juga sebagai dinamo yang berfungsi sebagai penyedia listrik ketika mobil dinyalakan.

11. Fuel Injector

Fuel Injector adalah komponen yang bertugas untuk mengalirkan bahan bakar ke mesin mobil, yang kemudian dicampur dengan udara, sehingga terjadi pembakaran, sehingga mesin bekerja menghasilkan tenaga untuk menanggung beban dan mobil pun dapat berjalan.

12. Powertrain Control Module (PCM)

Berbentuk microprosesor untuk merekam seluruh sensor yang dijalankan pada sebuah mobil.

Demikian beberapa bagian mobil yang bisa menjadi informasi penting untuk membantu Anda memeriksa dan merawat kendaran mobil Anda. Semoga informasi ini dapat membantu pengemudi dan pemilik kendaraan mobil. Tetaplah waspada dan selalu patuhi aturan lalu lintas. Info lebih lanjut, hubungi bengkel variasi jogja.

Posting Komentar untuk "Informasi Bagian Kendaraan Mobil Yang Perlu Diketahui"