Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahan Baku Pembuatan Medali dan Informasi Pengrajinnya di Jogjakarta


Medali merupakan lambang penghargaan atas prestasi seseorang. Awalnya medali digunakan sebagai penghargaan atas prestasi militer. Baru kemudian pada beberapa masa setelah itu medali digunakan juga sebagai lambang penghargaan bagi kompetisi-kompetisi olahraga. Terdapat beberapa bentuk penghargaan medali namun yang paling umum diketahui adalah medali emas, medali perak dan medali perunggu. Saat ini bukan hanya untuk penghargaan atas prestasi militer dan kompetisi olahraga, medali juga digunakan sebagai penghargaan dan souvenir seperti untuk karyawan berprestasi, acara-acara kelulusan dan even-even lainnya yang sejenis dengan itu.

Mengenai bahan baku pembuatan medali, benarkah medali emas, medali perak dan medali perunggu benar-benar terbuat dari emas, perak dan perunggu? Berikut beberapa ulasan mengenai bahan baku pembuatan medali dan beberapa informasi mengenai pengrajin medali yang ada di Jogjakarta.

Bahan Baku Pembuatan Medali

Sebagai lambang terhadap sebuah prestasi, wajar saja jika seharusnya medali merupakan pemberian yang berharga. Namun ternyata seiring perkembangan zaman, terdapat beberapa perubahan mengenai bahan baku untuk membuat medali. Medali saat ini memang benar-benar sebuah lambang prestasi yang hanya seperti souvenir yang bukan terbuat dari bahan baku yang berharga seutuhnya seperti emas dan yang sejenisnya dan biasanya untuk melengkapinya seorang yang berprestasi diberikan pula hadiah lain seperti uang dan sejenisnya disamping medali. Dengan fakta ini, lantas apa bahan pembuatan medali? Berikut beberapa ulasannnya.

1. Bahan Baku Logam

Sejak tahun 1912 ternyata sudah tidak ada lagi medali yang benar-benar berbahan emas seutuhnya meski disebut medali emas. Emas, perak dan tembaga merupakan material logam. Saat ini, medali emas merupakan medali yang berbahan perak yang komposisinya hampir 90% dan baru selebihnya merupakan emas. Begitu juga medali perak, berbahan perunggu yang nantinya dicampur dengan perak. Begitu seterusnya. Selain itu, terdapat pula medali yang meski merupakan medali emas, medali perak dan medali perunggu namun tidak terdapat komposisi emas, perak dan perunggu sedikitpun didalamnya. Medali seperti ini biasanya berbahan dasar logam lainnya seperti zinc alloy atau yang sejenisnya. Contohnya adalah medali Asian Games 2018 adalah medali yang berbahan baku zinc alloy.

2. Bahan Baku Kuningan

Terdapat pula medali yang berbahan baku kuningan. Yang dimaksud kuningan di sini adalah bahan baku yang hampir seperti logam namun bukan logam seutuhnya. Bisa dalam bentuk perpaduan logam dengan bahan lain, atau bahan lain yang dibuat mirip dengan logam. Dengan bahan dasar yang seperti ini tentu saja medali berbahan baku kuningan ini tidak diperuntukkan bagi penghargaan setaraf nasional apalagi internasional. Hanya untuk penghargaan-penghargaan atau menjadi kenang-kenangan pada acara kelulusan atau yang sejenisnya.

3. Bahan Baku Lainnya

Selain medali berbahan baku logam dan kuningan, pengrajin juga mendapat pesanan medali dengan bahan baku selain keduanya seperti acrylic dan plastic fiber. Medali dengan bahan dasar seperti ini biasa digunakan untuk even-even kecil saja bahkan terkadang murni hanya diperuntukkan sebagai souvenir.

Vintage Medal, sumber ig jamlockny

Pengrajin Medali di Jogjakarta

Terdapat beberapa pengrajin medali di Jogjakarta yang bisa kami himpun informasinya. Berikut ini diantaranya :

1. Kembar Souvenir

Kembar souvenir adalah pengrajin souvenir diantaranya medali yang beralamat di Jl. Parangtritis No.KM.4, Saman, Bangunharjo, Sewon, Bantul, Jogjakarta 55187. Kembar souvenir buka mulai pukul 09.00 sampai 17.00 wib.

2. Sulthon Souvenir

Sulthon souvenir adalah pengrajin souvenir diantaranya medali yang beralamat di Jl. Sidikan No. 21, Umbulharjo, Klitren, Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Jogjakarta 55222.

3. Jo Souvenir

Jo Souvenir, sebuah perusahaan pengrajin bermacam souvenir, medali, plakat akrilik dan Merchandise. Kami merupakan home Industri berpusat di Jogjakarta dan telah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Jo souvenir beralamat di Kembang Basen RT. 13 / RW. 04 Kel. Purbayan, Kec. Kotagede, Yogyakarta 55173.

Demikian beberapa informasi tentang bahan baku pembuatan medali dan informasi pengrajin medali yang ada di Jogjakarta. Masih banyak pengrajin medali dan souvenir lainnya yang pada kesempatan ini belum bisa kami himpun informasinya. Simak juga informasi lainnya yang ada di blog kami, semoga informasi ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Bahan Baku Pembuatan Medali dan Informasi Pengrajinnya di Jogjakarta"