Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Restoran Gudeg Recommended di Jogjakarta

Gudeg khas jogja, sumber ig foodandtravel.id

Berwisata ke Jogjakarta tidak lengkap rasanya jika tidak sembari menikmati kuliner-kuliner khas-nya. Ya, Jogjakarta merupakan daerah yang kaya akan jenis-jenis wisata yang bermacam-macam salah satunya adalah wisata kuliner. Mulai dari jajanan khas hingga makanan berat, dari makanan manis hingga makanan super pedas, dari yang murah hingga yang mahal semuanya memiliki keunikan masing-masing. Kulinernya bukan hanya dapat dinikmati di tempat namun juga bisa menjadi buah tangan bagi turis-turis luar daerah bahkan luar negeri.

Jika berbicara kuliner khas Jogjakarta, apalagi kalau bukan gudeg. Bahkan Jogjakarta kerap kali disebut kota gudeg. Mengapa? Karena sebenarnya banyak daerah-dearah jawa lainnya yang memiliki panganan ini. Namun Jogjakarta-lah yang disebut sebagai kota gudeg.

Gudeg merupakan adalah panganan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan berjam-jam. Nangka ini dimasak bersamaan dengan daun jati yang menghasilkan warna masakan kecoklatan. Gudeg biasanya disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek dan disantap bersama nasi. Terdapat kurang lebih tiga varian gudeg yaitu kering, basah dan solo. Antara gudeg kering dan basah perbedaannya terletak pada kekentalan kuahnya sedangkan gudeg solo berbeda daripada keduanya karena warnanya yang putih. Penasaran tempat makan gudeg mana saja yang recommended di Jogjakarta? Simak ulasan berikut ini.

1. Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum, sumber ig gudegyudjum.jpg


Salah satu dari banyak restoran gudeg di Jogjakarta yang terkenal adalah Gudeg Yu Djum. Gudeg Yu Djum merupakan gudeg khas yang legendaris di Jogjakarta. Gudeg Yu Djum sudah beralih hingga generasi keempat dan masih menarik paling banyak penyuka gudeg di Jogjakarta. Selain itu seringkali para wisatawan menjadikan Gudeg Yu Djum sebagai buah tangan dengan menu gudeg keringnya. Gudeg Yu Djum terdapat di beberapa lokasi cabangnya namun salah satunya berlokasi di Jalan Wijilan No. 31 Panembahan, Kraton yang terkenal sebagai sentra gudeg Jogjakarta.

2. Gudeg Bu Slamet

Jalan Wijilan Sentra Gudeg Jogja, sumber ig tony_natalia7886


Masih dari kawasan sentra gudeg Jogjakarta, Jalan Wijilan No. 17 terdapat restoran Gudeg Bu Slamet. Berbeda dengan gudeg pada umunya, Gudeg Bu Slamet memiliki cita rasa yang tidak terlalu manis dimana kebanyakan gudeg memiliki cita rasa yang manis. Seluruh gudeg yang berada di Jalan Wijilan rata-rata mulai buka sejak pukul 5.30 hingga 20.00.

3. Gudeg Pawon

Gudeg Pawon Jogja, sumber ig gudegpawonyogya


Gudeg selanjutnya yang terkenal dengan keunikannya adalah Gudeg Pawon. Sebagaimana sebutannya, gudeg ini dijajakan langsung dari dapur masaknya (pawon). Berbeda dengan restoran gudeg biasanya, gudeg ini dijajakan didapur yang berada di rumah pemiliknya di tengah perkampungan tepatnya di Jl. Prof. Dr. Soepomo, Umbulharjo, Jogjakarta. Dengan kekhasannya Gudeg Pawon yang buka mulai tengah malam sejak pukul 22.30 ini selalu ramai didatangi pelanggan.

Demikian ulasan menarik mengenai tempat-tempat makan Gudeg yang recommended untuk dicoba. Semoga informasi ini bermanfaat. Simak juga ulasan lainnya mengenai asal usul kota pelajar Jogjakarta. Selamat menikmati!

Posting Komentar untuk "Restoran Gudeg Recommended di Jogjakarta"