Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berwisata Di Kampung Bule Prawirotaman Jogjakarta

Jalan Prawirotaman (travel.dream.co.id)

Jogjakarta merupakan daerahwisata yang mendunia. Setidaknya sekitar 1,8 juta pengunjung wisata mancanegara berkunjung setiap tahunnya. Wajar saja, karena Jogjakarta menawarkan banyak pilihan wisata. Mulai dari obyek wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya sampai wisata kuliner. Berbeda dengan Jakarta dan Bali misalnya, tawaran wisata di sana relatif terbatas. Meski juga dikunjungi oleh wisatawan mancanegara, namun dibandingkan dengan Jakarta dan Bali, Jogjakarta lebih menampilkan jenis-jenis wisata yang paling Indonesia.

Jika berkunjung ke Jogjakarta, para wisatawan mancanegara lebih sering berkumpul di suatu pemukiman yang sama-sama disinggahi oleh wisatawan mancanegara lainnya. Hal ini karena para wisatawan ini memang memerlukan suasana yang mendukung dari segi fasilitas maupun suasana disebabkan oleh perbedaan gaya hidup antara mereka dengan warga sekitar. Salah satu tempat di Jogjakarta yang menjadi pusat berkumpulnya para wisatawan mancanegara adalah Prawirotaman.

Prawirotaman di masa lampau bukan merupakan tempat singgah para turis sebagaimana yang dikenal saat ini. Jika menelusuri sejarahnya, Prawirotaman ternyata lekat dengan perjuangan bangsa dan Jogjakarta masa lampau. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa Jogjakarta sejak dulu dipimpin oleh Sultan. Nama Prawirotaman merupakan nama seorang bangsawan keraton kesultanan Jogjakarta yang diberikan sepetak tanah oleh keraton yakni Raden Prawirotomo. Selanjutnya namanya dikenal menjadi sebutan nama kampung yaitu Prawirotaman. Pada masa pra kemerdekaan, Prawirotaman merupakan markas pasukan pejuang kemerdekaan yang disebut sebagai Laskar Hantu Maut. Selain itu, Pasukan Prawirotomo juga pernah bermarkas di kampung ini. Baru setelah era tahun 60-an kampung ini menjelma menjadi pusat industri batik cap. Kemudian dikarenakan meredupnya industri batik ini, pada tahun 70-an para pelaku industri di sana banting stir membuka usaha penginapan yang dijadikan tempat singgah oleh para wisatawan yang berkunjung ke Jogjakarta sehingga dikenal sebagai kampung turis.

Lokasi Kampung Turis Prawirotaman


Kampung Prawirotaman berlokasi di Jl. Prawirotaman, Brontokusuman, Mergangsan, Kota Jogjakarta. Untuk menuju ke sini cukup menuju ke arah Kota Jogjakarta, sebelum Alun-alun kemudian mengarah ke selatan.

Penginapan Di Prawirotaman, sumber ig 0o0.____.0o0

Suasana Kampung Prawirotaman


Dengan ciri khas sebagai tempat singgah para turis asing, kampung Prawirotaman dikenal sebagai salah satu kampung bule dimana di Pulau Jawa banyak terdapat kampung bule lainnya. Di sini, para pedagang hingga tukang becak menggunakan bahasa Inggris untuk memudahkan berkomunikasi dan tentu saja untuk menjadikan para turis ini konsumen mereka. Berdasarkan penjelasan sejarah yang sudah dipaparkan, banyak terdapat penginapan di sini. Selain itu juga banyak terdapat tempat hiburan dan restoran bergaya barat.

Bagi anda yang ingin menguji kemampuan berbahasa asing khususnya bahasa Inggris sambil berwisata di Jogjakarta, mengunjungi kampung ini bisa menjadi alternatif. Jadi, selain berliburan anda akan mendapatkan pengalaman baru berkomunikasi bahasa Inggris dengan native speaker. Selain itu, kampung Prawirotaman merupakan lokasi strategis untuk menuju ke berbagai tempat wisata lain yang terdapat di Jogjakarta.

Demikian ulasan mengenai kampung wisata Prawirotaman. Semoga informasi ini bisa menambah referensi liburan anda di Jogjakarta. Baca juga ulasan lainnya tentang jasa sewa bus transportasi wisata. Selamat berwisata!

Posting Komentar untuk "Berwisata Di Kampung Bule Prawirotaman Jogjakarta"