Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Obyek Wisata Alam di Bantul dengan Pemandangan Menakjubkan

Ketika berkunjung ke Yogyakarta, Anda akan mendengar sebuah nama daerah yang memiliki salah satu obyek pariwisata terkenal di Yogyakarta. Tidak lain adalah kota/kabupaten Bantul. Sebuah wilayah yang berada di sisi selatan Yogyakarta ini menyimpan banyak tempat wisata alam yang sayang jika dilewatkan.
Ilustrasi iburan bersama keluarga, sumber : kataIndonesia.com

Saat ini kabupaten Bantul telah menjadi kota yang semakin berkembang dan memiliki banyak kawasan industri serta pariwisata. Selan itu pembangunan di beberapa daerah kabupaten Bantul ini telah semakin marak. Baik itu pembangunan jalan, tempat pendidikan dan fasilitas penunjang lainnya.

Kabupaten Bantul juga menjadi salah satu jalur daerah yang akan dilalui banyak pengunjung dari berbagai daerah. Apalagi dengan dibangunnya Bandar Udara berskala Internasional NYIA di sisi selatan Yogyakarta. Lebih tepatnya berada di Jl. Wates - Purworejo, Area Kebun, Glagah, Temon, Kulonprogo yang lokasi ini berdekatan dengan wilayah kabupaten Bantul. Jadi tidak salah apabila kabupaten Bantul masuk ke dalam daftar daerah yang akan dilewati oleh banyak pengunjung yang akan menuju ke arah pusat kota Yogyakarta.

Salah satu kawasan di kabupaten Bantul, sumber : jogjadaily.com

Melihat demikian kabupaten Bantul mulai menggenjot pembangunan di berbagai sektor. Agar pengunjung yang melewati daerah ini tidak hanya sekedar lewat saja, melainkan singgah ke daerah ini. Salah satu sektor yang dikembangkan oleh kabupaten Bantul adalah sektor pariwisata. Mengingat kabupaten Bantul kaya akan sumber daya alam yang dimiliki serta pemandangan alam yang cukup mengagumkan. 

Bagi Anda yang berkunjung ke Yogyakarta dan ingin singgah di kabupaten ini tidak usah khawatir lagi. Karena sekarang telah banyak pilihan kawasan wisata alam tersedia di kabupaten ini yang akan memberikan hiburan dan plepas penat dengan hiruk piuknya perkotaan. Untuk melihat lebih jelas terkait berbagai macam obyek wisata alam di Bantul, mari kita lihat uraian di bawah ini. 

Daftar Obyek Wisata Alam di Bantul dengan Pemandangan Alam yang Menakjubkan

Kota/kabupaten Bantul terus berusaha mengembangkan pembangunan di berbagai sektor. Salah satunya berada di sektor pariwisata. Dengan mengandalkan peningkatan kunjungan wisatawan ke kota ini diharapkan mampu menjadi sumber pemasukan tambahan untuk kota/kabupaten ini. Berikut adalah beberapa obyek wisata alam di Bantul dengan pemandangan alam yang menkajubkan. 

1. Pantai Parangtritis 

Kawasan di Pantai Parangtritis, sumber : haapytour.id

Obyek wisata alam yang satu ini masih menjadi favorit banyak wisatawan ketika berkunjung ke kota/kabupaten Bantul. Sebuah obyek wisata alam yang berada di sisi selatan kota/kabupaten Bantul dengan menyuguhkan keindahan laut atau pantai yang dimiliki. Selain itu pemandangan alam yang ada di sekitarnya menjadikan sensasi tersendiri ketika Anda berkunjung ke kawasan ini.

Anda bebas menikmati indahnya pantai sepanjang hari dengan sanak saudara ataupun sahabat. Tidak ada batasan usia ataupun jumlah pengunjung yang dibolehkan masuk ke kawasan ini. Namun sedikit hati-hati jika Anda berenang di pantai ini. Karena ombak yang ada di pantai ini cepat berubah setiap saat. Serta adanya palung laut yang berada dekat di bibir pantai menambah rasa hati-hati ketka berenang ke tempat ini. 

Ketika sore hari Anda akan melihat indahnya pemandangan ketika matahari terbenam di sebelah barat dari kawasan wisata ini. Anda juga dapat menemukan dan menikmati berbagai obyek wisata lain di sekitaran pantai parangtritis. Bahkan Anda juga dapat menemukan penginapan dengan berbagai jenis dan kelas di sekitaran kawasan obyek wisata.

2. Gua Cerme 

Dalam kawasan di Gua Cerme, sumber : happytour.id

Beralih ke obyek wisata yang memacu adrenaline dan menantang. Obyek wisata yang satu ini menyajikan keindahan alam dengan masuk menyusuir gua. Gua Cerme namanya, sebuah obyek wisata alam yang terletak di dusun Srunggo, Selopamiro, Imogiri, Bantul yang hanya berjarak sekurang-kurangnya 16,4 km dari alun-alun Bantul. Waktu tempuh dari alun-alun Bantul ini kurang lebih 34 menit. 

Ketika sampai di kawasan obyek wisata ini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang penuh pepohonan hijau nan asri. Selain itu Anda juga dapat menikmati pemandangan alam berupa pedesaan, persawahan dan perkotaan Bantul dengan menghadap ke arah barat dari kawasan obyek wisata ini. Hal menakjubkan lagi adalah ketika Anda memasuki dan menyusuri mulut gua ini. 

Di dalam gua Anda akan menemukan berbagai bentuk bebatuan serta mengalir dan menggenangnya sungai bawah tanah. Bebatuan yang memiliki beragam bentuk ini terbentuk secara alami bukan dari faktor buatan manusia. Anda diharuskan memakai pengaman kepala serta lampu penerangan yang telah disediakan oleh pengurus ketika memasuki dan menyusuri gua. 

3. Pinus Asri Mangunan 

Kawasan di Pinus Asri Mangunan, sumber : dakatour.com

Obyek wisata lain yang layak untuk dikunjungi adalah Pinus Asri Mangunan. Kawasan wisata yang menyajikkan pepohonan hijau dan keasrian yang dimiliki. Selain itu terdapat banyak wahana rekreasi atau permainan serta spot berfoto ada dalam kawasn wisata ini. 

Telah banyak dari berbagai instansi memanfaatkan tempat ini sebagai pelaksanaan outbond atau berbagai event lainnya. Bahkan dengan keasrian dan keindahan alam yang ada membuat kawasan ini menjadi salah satu tempat foto prewedding paling diminati oleh banyak orang. Apalagi di dukung dengan tarif masuk ke kawasan yang dibilang sangat terjangkau. 

Salah satu ciri khas dari obyek wisata ini adalah terdapatnya banyak Pohon Pinus yang hijau dan menjulang tinggi. Hal yang lebih menarik lagi adalah seringnya terdapat kabut alam muncul di sekitaran kawasan terkhusus ketika pagi hari. Dan tak ketinggalan suhu dingin dan kesejukan kawasan membuat tempat ini diburu banyak orang untuk disinggahi

4. Puncak Pinus Becici 

Kawasan di Puncak Pinus Becici, sumber : tempatwisataIndonesia.id

Siapa sih ?, yang tidak kenal dengan obyek wisata yang satu ini. Sebuah kawasan wisata yang pernah disinggahi oleh Mantan Presiden Amerika Serikat, yakni Barack Obama dengan pemandangan alam yang indah dan suasana sejuk menjadikan tempat ini tidak ketinggalan untuk di singgahi bersama sahabat ataupun keluarga. Berbeda dengan hutan pinus lainnya, karena lokasinya yang berada di puncak serta memiliki jurang yang cukup curam membuat kawasan ini memiliki view atau pemandangan dengan jangkauan yang sangat luas.

Dari kawasan obyek wisata ini Anda dapat melihat pemandangan kota Yogyakarta secara keseluruhan. Mulai dari sisi utara yakni kabupaten Sleman hingga sisi selatan kota Yogyakarta terlihat jelas dari sini. Apalagi ketika Anda berkunjung pada sore hari, akan terlihat jelas matahari terbenam secara perlahan di sisi barat. 

Selain dari pemandangan alam yang menakjubkan serta banyaknya pohon pinus yang ada, kawasan wisata ini juga terdapat banyak fasilitas tersedia. Misalnya seperti spot berfoto, tempat rekreasi atau outbond, camping ground, gazebo, panggung kesenian serta replika yang berbentuk patung Barack Obama ada di sini. Di dalam kawasan Anda bebas untuk berjalan-jalan dan berfoto ria bersama kelaurga dan atau sahabat. 

Kawasan di Puncak Pinus Becici, sumber : tempatwisataIndonesia.id

Berada di Puncak Pinus Becici pada malam hari akan sedikit berbeda ketika Anda berkunjung ke kawasan ini pada siang hari. Anda akan meneukan gemerlapnya lampu perkotaan dan bintang-bintang yang bersinar pada malam hari. Dinginnya suhu dan indahnya pemandangan membuat Anda ingin berlama-lama di obyek wisata ini. 


Dari beberapa ulasan wisata alam di atas tentunya masih banyak lagi jenis wisata alam di Bantul yang layak untuk di kunjungi. Mulai dari wisata pantai yang beragam, puncak pegunungan dan masih banyak lagi lainnya. Masing-masing obyek wisata tidak bisa di samakan kelebihannya antara satu dengan yang lainnya. Jadi jangan sampai di sini saja Anda berkunjung ke kawasan wisata alam di Bantul.  

Posting Komentar untuk "Obyek Wisata Alam di Bantul dengan Pemandangan Menakjubkan"