Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Replika Pintu Nabawi Karya Pengrajin Tembaga Copper Leluhur yang Diminati

Replika pintu nabawi merupakan salah satu pesanan yang laris di sentra kerajinan tembaga kecamatan Cepogo, Boyolali. Copper leluhur sebagai salah satu pengrajin kerajinan tembaga dan kuningan juga beberapa kali memiliki kesempatan untuk melayani pemesanan barang kerajinan replika pintu nabawi ini.

Bagaimana ketertarikan para konsumen terhadap salah satu barang kerajinan ini? Mengapa mereka memilih pintu nabawi? Di mana saja kerajinan pintu nabawi dari tembaga ini dipasang? Simak berbagai informasinya berikut ini.

Sejarah Kriya Logam

Pintu Nabawi, sumber : Pinterest

Kriya logam adalah penyebutan lain dari kerajinan logam. Ternyata manusia sudah membuat berbagai produk logam sejak masa belum mengenal tulisan. Kriya logam diduga sudah ada sejak tahun 500 sebelum masehi. Hal ini dapat dilihat dari berbagai penemuan barang bersejarah.

Pada situs-situs sejarah masa lampau, para arkeolog seringkali menemukan barang-barang salah satunya dalam bentuk logam atau berbahan logam. Beberapa diantaranya adalah kapak logam, topeng logam, berbagai bejana, alat pemotong dan lain-lain.

Jadi sejarah penggunaan logam termasuk kreasinya untuk dijadikan berbagai produk sudah ada di masa lampau namun keberadaannya tidak di setiap tempat. Di Indonesia sendiri ternyata tidak merasakan zaman tembaga, dimana manusia menemukan tembaga dan menjadikannya berbagai peralatan sehari-hari dan menggunakannya.

Meskipun begitu, di Indonesia terdapat banyak sekali pengrajin tembaga. Bahkan terdapat satu desa di Jawa Tengah yang terkenal dengan berbagai produk kriya tembaga dan memiliki banyak showroom kerajinan tembaga.

Dalam proses membuat bahan logam menjadi berbagai produk kerajinan logam, terdapat media dan teknik pembuatan. Yang dimaksud dengan media adalah berbagai jenis logam yang digunakan seperti emas, perak, tembaga, besi dan lainnya. Sedangkan teknik pembuatan atau pengolahan adalah cara untuk mengolah bahan logam.

Pintu Masjid Nabawi

Masjid Nabawi dikenal sebagai masjid Nabi Muhammad SAW. Masjid ini dibangun oleh Rasulullah SAW saat di Madinah sebagai pusat Islam pada masa itu. Hingga sekarang, masjid ini menjadi salah satu tujuan diantara Masjidil Haram di Makkah dan Masjidil Aqsha di Palestina.

Keberadaan masjid nabawi bukan hanya dirindukan oleh karena bangunan masjid termasuk pintu masjid nabawi yang khas ornamennya. Namun juga oleh karena keberadaan makam baginda Nabiyullah Muhammad SAW di dalamnya. Bahkan bangunan masjid yang diperluas menjadikan rumah Rasulullah SAW menjadi bagian dalam Masjid Nabawi.

Kecintaan terhadap masjid nabawi ini juga muncul karena menurut hadits shahih, satu kali salat di Masjidil Haram sama dengan 100.000 kali salat di masjid-masjid lain, kecuali Masjid Nabawi dan Masjidil Aqsha. Satu kali salat di Masjid Nabawi sama dengan 1.000 kali salat di masjid-masjid lain, kecuali Masjidil Haram dan Masjidil Aqsha. Adapun satu kali salat di Masjidil Aqsha sama dengan 250 kali salat di masjid-masjid lain, kecuali Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Bisa jadi umat muslim yang masih merindukan berada di Masjid Nabawi ini mengidamkan salah satu ornamen untuk mengingatkannya tentang masjid nabawi. Maka, salah satu bagiannya yaitu pintu masjidnya yang khas dapat dibuat sebagai replika pintu nabawi oleh pengrajin kerajinan tembaga.

Replika Pintu Masjid Nabawi

Pintu nabawi atau replika pintu masjid nabawi begitu digemari sebagai ornamen bangunan seperti masjid, gedung kantor dan lainnya. Hal ini tentu saja karena desainnya yang menarik dan menjadi ciri khas. Selain itu, bahan tembaga yang memiliki warna coklat kemerahan atau kuningan yang mengkilap menjadi nilai tambah mengapa replika pintu nabawi ini digemari.

Copper leluhur sebagai salah satu pengrajinan kerajinan tembaga dan kuningan di Cepogo menjadi salah satu pengrajin yang pernah berkesempatan melayani pesanan yang satu ini. Bukan hanya satu pesanan, namun beberapa pesanan serupa yaitu replika pintu nabawi.

Replika maksudnya adalah desain yang sama dengan aslinya. Jadi bukan seperti miniatur yang hanya menjadi hiasan saja, tetapi juga pintu sebagaimana pintu masjid nabawi yang sangat bagus untuk digunakan di masjid, gedung perkantoran, rumah dan bangunan lainnya.

Nah itu dia ulasan menarik seputar kerajinan logam tembaga yaitu replika pintu nabawi. Semoga informasi ini bisa memberikan wawasan menarik untuk Anda. Simak berbagai artikel lain yang tak kalah menarik di goan Australia.

Posting Komentar untuk "Replika Pintu Nabawi Karya Pengrajin Tembaga Copper Leluhur yang Diminati"