Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Rekomendasi Toko Aki Yang Ada di Jogja

Aki yang disebut akumulator adalah komponen penyimpan arus listrik yang bisa digunakan untuk menyalakan sebuah rangkaian kelistrikan di tempat di mana tidak ada sumber listrik. Pada kendaraan, sebenarnya aki hanya dipakai untuk menyalakan motor starter dan menyalakan semua kelistrikan kendaraan saat mesin dalam keadaan mati.

Saat menghidupkan mesin dibutuhkan tenaga penggerak awal untuk memutar poros engkol, sehingga piston dapat bergerak dengan sempurna agar terjadi pembakaran di dalam ruang bakar, sehingga mesin hidup. Untuk menjalankan sistem dinamo stater, maka dibutuhkan suplai listrik dan suplai ini diberikan oleh aki. 

Mobil dan motor memiliki sumber energi listrik yang dinamakan alternator, alternator ini selain berfungsi sebagai sumber listrik pada kendaraan juga digunakan untuk mengisi ulang arus listrik pada aki. Sehingga, meski aki kendaraan tidak pernah di charge tidak ada istilah low battery seperti pada ponsel.

Gambar aki di toko, sumber: olx.co.id

Ada 6 fungsi aki yang ada pada kendaraan mobil yaitu:

  1. Menyalakan sistem starter untuk menghidupkan mesin.
  2. Memberi arus induksi pada rotor alternator.
  3. Memberikan suplai arus listrik ke dashboard sebagai sistem informasi terkait kendaraan  saat pertama kali pengemudi masuk ke kabin.
  4. Membuka dan mengunci door lock yang diaktifkan lewat kunci kontak.
  5. Memberi tegangan referensi ke ECU saat mesin belum menyala. 
  6. Menghidupkan electric fuel pump ketika mesin akan dinyalakan.

Berikut ini adalah beberapa tips yang harus diperhatikan dalam merawat aki mobil agar tidak cepat tekor dan soak:

1. Perhatikan Beban Penggunaan Aki

Salah salah satu cara terbaik untuk merawat aki mobil adalah dengan memperhatikan beban penggunaan aki secara berkala. Pengecekan harus dilakukan secara rutin. Pengecekan ini berguna agar kondisi aki bisa diketahui secara tepat. Pengecekan beban penggunaan aki sendiri bisa dilakukan di bengkel resmi Nissan terdekat di kota anda.

Gambar pengukuran daya tahan aki mobil, sumber: accusos.com

2. Bersihkan Aki Secara Berkala

Salah satu tips termudah dalam membersihkan aki secara berkala. Salah satu bagian yang perlu mendapatkan perhatian lebih adalah bagian terminal aki. Terminal aki biasanya tertutup oleh debu  dan kotoran. Hal ini menyebabkan hantaran listrik dari aki ke komponen mobil menjadi terhambat. Cara termudah untuk membersihkan terminal aki adalah dengan membersihkannya dengan sikat kawat atau sikat plastik.

3. Panaskan Mobil Secara Berkala

Memanaskan mobil adalah salah satu cara terbaik dalam merawat kesehatan aki mobil. Meski mobil tidak sedang akan dipakai namun memanaskan mesin mobil setiap hari adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Mobil yang tidak pernah dipanasi akan menjadi cepat tekor dan soak. Oleh karena itu, biasakan untuk memanaskan mesin mobil setiap hari setidaknya 5 menit hingga 10 menit.

4. Pastikan Ketersediaan Listrik di Dalam Aki

Menjaga suplai listrik di dalam aki adalah salah satu cara terbaik dalam merawat aki mobil Nissan Serena Anda. Saat anda merasa mobil sudah mulai sulit dinyalakan maka ada kemungkinan jika cadangan listrik di dalam aki mobil anda sudah mulai menipis. Segera isi ulang cadangan listrik mobil anda.

5. Lepas Kabel Aki Saat Mobil Tidak Digunakan

Saat mobil akan tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup panjang maka ada baiknya untuk melepas kabel aki dari terminal penghubungnya. Bertujuan untuk menghindari aliran listrik yang terus menerus. Jika dibiarkan maka berakibat pada aki mobil yang menjadi tekor atau soak.

6. Pilih Aki Kering Dengan Kualitas Terbaik

Aki kering yang ada digunakan oleh mobil Nissan Serena adalah salah satu aki kering dengan kualitas terbaik yang ada di pasaran. Untuk kenyamanan mengemudi ada baiknya agar selalu menggunakan aki kering dengan kualitas terbaik. Salah memilih model aki atau memilih yang abal-abal hanya akan merusak komponen mobil anda yang lainnya. Hal ini dikarenakan aki mobil berhubung erat dengan kelistrikan mobil. Jika suplai listrik ke dalam komponen lainnya terganggu, bukan tidak mungkin komponen tersebut akan cepat rusak atau bermasalah.

Setelah beberapa penjelasan diatas, Apakah anda masih mengabaikan pentingnya aki? tentu saja tidak bukan. Oleh karena itu, kami toko aki Jogja ada untuk membantu anda mengatasi permasalahan-permasalahan diatas. Di sini ada beberapa daftar toko aki yang ada di Jogja:

1. Toko Aki Jogja Sinar Utama Battery

Toko Aki Jogja yang beralamat di Jalan Magelang km 4,5 No. 135 Yogyakart. Sudah berpengalaman melayani dan membantu menyelesaikan masalah aki kendaraan konsumen dari berbagai daerah. Toko Aki Jogja kami menyediakan berbagai merk dan tipe kendaraan anda seperti merk GS, Incoe, Nagoya, Osaka, Solite, Varta, Motolite, dan lainnya. Aki basah atau aki kering untuk aki mobil, sepeda motor, genset, alat berat, dan sebagainya.

Sumber: sinarutamabattery.com

Toko Sinar Utama Battery buka setiap hari Senin - Minggu dari jam 08.00 - 20.00 WIB. Silahkan datang kunjungi kami di outlet kami langsung ataupun bisa Telp dengan No 0274-556-080 atau bisa dengan Whatsapp 0822-6507-272.

2. Toko Golden Battrey

Golden battery berlokasi di Jalan Raya Wates km 5, Gamping, Yogyakarta. Toko tersebut adalah toko aki yang menyediakan produk serta layanan bagi konsumen perorangan dan perusahaan. Toko ini hanya memberi standar yang tinggi untuk kualitas aki prosedur pemasaran aki dan prosedur perawatan aki. Toko Golden Battery menyediakan berbagai pilihan aki dimulai dari aki sepeda motor, aki mobil, aki truk, aki forklift, aki genset, dll. Bisnis kami sudah dipercaya untuk mengatasi berbagai masalah dari pelanggan, mulai dari perorangan hingga perusahaan-perusahaan besar di Yogyakarta.

Gambar pemasangan aki mobil, sumber: Google Maps

Toko Golden Battery buka pada hari Senin - Minggu jam 07.30 - 17.00 WIB.  Silahkan datang di Toko Golden Battery atau bisa menghubungi No Telp 0274-6499-673 atau bisa juga Whatsapp 0819-9889-5758.

3. Toko Family Battery

Family Battery hadir menawarkan berbagai macam produk aki lengkap dan berkualitas. Memberikan solusi kebutuhan aki kendaraan anda di Jogja, dengan mengutamakan kepuasan pelanggan kami berkomitmen tetap menjaga kualitas dan kuantitas pelayanan kami. Kami menyediakan berbagai merk dan type aki untuk mobil, sepeda motor, bus, truk, kapal, genset, dan lainnya.

Gambar Toko Aki Seturan, sumber: familyaki-jogja.com

Toko Family Battery buka setiap hari mulai jam 08.00 - 20.00 WIB. Toko Family Battery memiliki 5 outlet yang tersebar di kota Yogyakarta diantaranya: 

1). Toko Family Battery Seturan: yang beralamat di Jalan Seturan Raya No. 414 Condong Catur, Sleman, Yogyakarta. Lokasi outlet sebrang kampus UPN Veteran Yogyakarta. Dan bisa menghubungi dengan No Telp / WA  0813-4888-0889.

2). Toko Family Battery Godean: yang beralamat di Jalan Raya Godean KM 04 No. 26 Godean, Sleman, Yogyakarta. Dan bisa menghubungi dengan No Telp / WA 0812-7700-889.

3). Toko Family Battery Wonosari: yang beralamat di Jalan Raya Wonosari KM 10 Sampakan, Sleman, Yogyakarta. Lokasi outlet berada di depan Kids Fun Jogja. Dan bisa menghubungi dengan No Telp / WA 0813-8588-5889.

4). Toko Family Battery Giwangan: yang beralamat di Jalan Imogiri Timur No. 179 Sanggraha, Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta. Lokasi outlet berada di utara Terminal Giwangan. Dan bisa menghubungi dengan No Telp / WA  0812-829-98889.

5). Toko Family Battery Gamping: yang beralamat di Jalan Jogja Wates KM 4,5 Gamping, Yogyakarta. Dan bisa menghubungi dengan No Telp / WA 0812-4567-0889.

4. Toko AIS Aki

Toko AIS Aki Jogja yang melayani  penjualan aki untuk semua merk dan tipe kendaraan bermotor, tukar tambah aki yang sudah lama dan rusak dengan aki baru dengan cukup menambah harga selisihnya, stroom aki mengembalikan tegangan aki pada kondisi idealnya dan siap digunakan, menyewakan berbagai aki untuk semua merk dan tipe kendaraan bermotor, menghidupkan mesin mobil yang akinya bermasalah, dan mengecek kondisi aki kendaraan bermotor anda. 

Gambar Toko AIS Aki Jogja, sumber: ais-aki.com

Toko AIS Aki buka setiap hari Senin - Minggu dari jam 06.30 - 21.30 WIB. Toko AIS Aki mempunyai 4 cabang outlet di Yogyakarta diantaranya:

1). Toko AIS Aki Jogja Toko ini beralamat di Ketandan, Jalan Wonosari KM 1 (depan SPBU Ketandan), Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Dan bisa menghubungi No Telp 0857-4300-7505 / 0813-9203-1614.

2). Toko AIS Aki Bantul Toko ini beralamat di Gabusan, Jalan Parangtritis KM 9 (utara bundaran Gabusan), Sewon, Bantul, Yogyakarta. Dan bisa menghubungi No Telp 0878-3953-3242 / 0853-3872-6598.

3). Toko AIS Aki Sleman Toko ini beralamat di Prujakan, Jalan Kaliurang KM 8 (selatan SPBU Prujakan), Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Dan bisa juga menghubungi No Telp 0813-2532-6932 / 0878-3926-7343.

4). Toko AIS Aki Sleman 2 Toko ini beralamat di Jalan Magelang KM 8 (depan Balai Desa Sendangadi), Mlati,   Sleman, Yogyakarta. Dan bisa juga menghubungi No Telp 0877-5597-3048 / 0813-2685-6859.

5. Toko Aki Factory

Toko Aki Factory yang berlokasi di Jalan Gedong Kuning, Jalan Pringgolayan No. 168, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Bantul, Yogyakarta. Akan menawarkan beberapa merk aki yang cocok untuk mobil anda. Toko Aki Factory buka setiap hari Senin - Minggu mulai dari jam 09.00 - 17.00 WIB. Silahkan datang langsung di outletnya atau bisa menghubungi No Telp 0818-0453-0344.

6. Toko Hanson Aki Jogja

Toko Hanson Aki Jogja beralamat di Jalan R. E. Martadinata, Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Yogyakarta. Toko aki yang menawarkan beberapa merk aki pada mobil anda. Toko Hanson Aki Jogja juga melayani geratis pengiriman dan pemasangan aki. 

Gambar Pemasangan Aki Mobil, sumber: hansonakijogja.com

Toko ini buka setiap hari Senin - Minggu dari jam 08.00 - 22.00. Bisa datang langsung di outletnya dan bisa menghubungi No Telp 0811-387-945.

7. Toko Aki Mega Battery Kadipiro

Toko aki tersebut berlokasi di Jalan Yogyakarta - Wates No. 27-17, Sonosewu, Ngestiharjo, Kec. Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Toko aki yang menawarkan semua tipe aki pada mobil anda. Toko aki ini buka setiap hari Senin - Minggu dari jam 08.00 - 21.00 WIB dan hari Minggu buka jam 09.00 - 17.00 WIB. Bisa langsung datang di outletnya atau bisa hubungi No Telp 0822-2414-1004. 

8. Toko Aki Graha Mulia Battery Jogja

Toko aki ini beralamat Jalan Godean KM 10 No. 403, Nogosaren, Nogotirto, Kec. Gamping, Sleman, Yogyakarta. Toko aki yang menawarkan semua kategori aki, aki kering maupun basah. Toko aki tersebut buka setiap hari Senin - Minggu jam 07.00 - 21.00 WIB. Khusus hari Minggu buka jam 07.00 - 17.00 WIB. Silahkan langsung datang di outletnya dan bisa juga menghubungi No Telp 0813-9279-2332.

9. Toko SP Aki Jogja

Toko SP Aki Jogja ini berlokasi di Jalan RingRoad Utara, Jombor Lor, Sinduadi, Kec. Mlati, Sleman, Yogyakarta. Toko aki yang menyediakan beberapa merk yang ada pada kendaraan anda. Toko SP Aki Jogja tersebut buka setiap hari Senin - Minggu jam 08.00 - 18.00 WIB. Silahkan datang langsung di outletnya atau bisa menghubungi No Telp 0877-1961-4343.

10. Toko Aki Wahyu Mandiri 

Toko Aki Wahyu Mandiri yang beralamat di Jalan Godean KM 10 No.KM.2, Kembang, Ngestiharjo, Kec. Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Toko aki yang menjual bermacam merk sesuai kebutuhan kendaraan Anda. 

Sumber: Google Maps

Toko Aki Wahyu Mandiri buka setiap Hari Senin - Minggu jam 07.00 - 17.00 WIB dan khusus hari Minggu buka jam 08.00 - 15.00 WIB. Bisa langsung datang di outletnya dan juga bisa menghubungi No Telp 0274-561-990.

Demikian beberapa daftar toko aki Jogja, dan masih banyak lagi toko aki yang ada di sekitar Jogja. Pilihan yang paling bagus cari produk yang berkualitas dan dijamin keunggulanya. Terimakasih sudah menyimak semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "10 Rekomendasi Toko Aki Yang Ada di Jogja "