Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menikmati Pemandangan Menakjubkan Samudra Hindia Di Pantai Indrayanti

Yogyakarta merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah selatan pulau Jawa. Perbatasan Yogyakarta bagian selatan adalah garis pantai Samudra Hindia yang banyak dijadikan tempat wisata bahari oleh pemerintah setempat. Sebagai provinsi dengan daya tarik wisata yang tinggi, banyak wisatawan-wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang ingin menikmati keindahan pantai-pantai yang terletak disebelah selatan Yogyakarta. Salah satu pantai yang recommended untuk dikunjungi adalah Pantai Indrayanti. Apa daya tariknya? Simak ulasan tentang Pantai Indrayanti berikut ini.

Lokasi dan Rute


Lokasi Pantai Indrayanti yang berada di Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, terletak tepat di sisi timur Pantai Sundak. Keduanya dibatasi oleh perbukitan karang. Untuk menuju pantai, perjalanannya terbilang mudah karena jalan telah beraspal halus. Tetapi disarankan untuk membawa kendaraan sendiri atau menyewa kendaraan, sebab dari pusat Kota Yogyakarta masih belum tersedia angkutan umum yang dapat digunakan untuk menuju ke lokasi Pantai Indrayanti.

Jika memulai perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta, maka rute yang harus ditempuh adalah sebagai berikut : Kota Yogyakarta - Piyungan - Patuk - Sambipitu - Arah Hutan Bunder - Gading - Logandeng - Siyono - Bundaran Tugu BPD - Jln. Kyai Legi - Jln. Lingkar Selatan - Jln. KRT Djojodinigrat - Jln. Girisubo - Wonosari - Jln. Saptosari - Tepus - (sebelum masuk Pantai Baron ambil ke timur arah Pantai Sundak - Somandeng - Pantai Indrayanti.

Sedangkan rute alternatifnya : Jalan Imogiri - Siluk - Panggang - Saptosari - Trowono - Baron. Dari pantai Baron ke arah timur kurang lebih 10 KM untuk sampai ke pantai.

Pantai Indrayanti (dejogjaadventure.com)


Menikmati Pantai Indrayanti


Pantai Indrayanti termasuk pantai yang paling bersih dan terawat dibandingkan pantai lainnya disekitaran pesisir pantai kabupaten Gunung Kidul. Hal tersebut tidak lepas dari regulasi dan pengelolaan yang baik oleh pihak terkait. Misalnya seperti denda yang diberlakukan bagi pengunjung yang kedapatan membuang sampah sembarangan.

Hal menarik lainnya dari pantai ini adalah kontras warna di siang hari antara pasir putih, laut biru dan bukit karang hijau yang berpadu satu sama lainnya. Selain itu, banyak juga para wisatawan yang menikmati suasana sunset ketika sore hingga malam hari.

Selain menikmati suasana pemandangan, di pantai ini banyak terdapat cafe, penginapan serta wahana permainan pantai yang bisa dinikmati tentu dengan merogoh kocek. Namun, dibandingkan wisata di sekitaran Jawa Barat misalnya, harga-harga di sini masih relatif terjangkau.

Pantai Indrayanti (www.cikasur.com)


Terdapat  beberapa destinasi wisata pantai lain yang dapat dikunjungi dan masih dalam satu Kawasan dengan Pantai Indrayanti, yaitu : Pantai Sepanjang, Pantai Ngandong, Pantai Sundak, Pantai Sadranan, Pantai Omadeng, Pantai Drini, Pantai Jogan, Pantai Jungwok, Pantai Nglambor, Pantai Greweng, Pantai Gesing dan Pantai Pok Tunggal. Masing-masing pantai yang berada di kawasan ini memiliki keunggulan dan kekurangan. Biasanya para wisatawan yang hendak berkunjung ke pantai di Gunungkidul tidak cukup untuk mengunjungi satu pantai saja. Dalam satu hari wisatawan bisa berkeliling ke tiga pantai atau bahkan empat pantai dan mencari pantai yang saling berdekatan. Karakterisktik pemandangan di pantai-pantai Kabupaten Gunung Kidul yang terletak di selatan dekat dengan Samudra Hindia ini relatif sama yakni berpasir putih, lautnya biru dan diselingi dengan bukit-bukit karang.

Demikian ulasan tentang Pantai Indrayanti. Disarankan untuk berkunjung pada hari-hari biasa jika tidak nyaman dengan keramaian selama berwisata. Simak informasi wisata Yogyakarta lainnya di blog ini. Semoga bermanfaat dan selamat berwisata!

Posting Komentar untuk "Menikmati Pemandangan Menakjubkan Samudra Hindia Di Pantai Indrayanti"