Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Aman dan Praktis Menyewa Bus Pariwisata

Bus Pariwisata, sumber ig @zonna_jaya

Anda pernah berliburan atau berwisata bersama rombongan? Ya, berliburan bersama dengan rombongan seperti komunitas tempat tinggal, kolega kerja atau keluarga besar memang mengasyikkan. Untuk berliburan atau berwisata bersama rombongan ke tujuan yang jauh seperti luar daerah atau luar provinsi memerlukan transportasi yang cocok. Biasanya, transportasi yang paling tepat untuk berliburan bersama rombongan adalah bus pariwisata.

Saat ini, banyak perusahaan-perusahaan otobus (P.O.) yang menyediakan jasa transportasi khusus pariwisata. Kelebihan berliburan menggunakan moda transportasi bus pariwisata dibandingkan dengan trasnportasi umum adalah kenyamanan, waktu yang fleksibel dan langsung bisa mencapai lokasi wisata tujuan Anda beserta rombongan. Bagi Anda yang ingin berliburan menggunakan bus pariwisata bersama rombongan, berikut beberapa informasi dan tips yang bisa berguna sebelum memastikan keberangkatan menggunakan bus pariwisata.

1. Kumpulkan Informasi

Saat ini, banyak P.O. bus yang menawarkan jasa sewa untuk transportasi wisata. Tidak ada salahnya untuk terlebih dahulu mencari informasi mengenai harga sewa dan fasilitas yang ditawarkan pada beberapa P.O. bus untuk kemudian dibandingkan antara satu dengan yang lainnya. Informasi bisa didapatkan melalui media cetak maupun online. Disarankan agar mencari testimoni dari orang-orang yang memiliki pengalaman memakai jasa P.O. yang menjadi target anda.

Selain informasi mengenai P.O. bus, cari juga informasi mengenai lokasi obyek wisata tujuan anda beserta rombongan. Informasi disini adalah yang berkaitan dengan fleksibilitas obyek wisata untuk dikunjungi oleh para wisatawan bersama rombongan dengan menggunakan bus pariwisata seperti tempat parkir dan biaya operasional. Jangan sampai liburan Anda bersama rombongan terganggu hanya karena kondisi obyek wisata yang tidak cocok untuk didatangi bus pariwisata. Contohnya, jika obyek wisata tujuan Anda tidak memiliki tempat parkir, Anda beserta rombongan akan diturunkan di tempat yang jauh. Akibatnya, perlu tambahan waktu untuk kujungan wisata dan tentu saja mengurangi kenyamanan Anda beserta rombongan.

Bus Pariwisata, sumber ig @mochnogi

2. Langsung Memesan ke P.O. yang Berpengalaman dan Terpercaya

Saat ini banyak calo-calo yang membuka loket-loket pemesanan bus pariwisata di berbagai tempat. Sebaiknya pesanlah langsung ke kantor resmi penyedia jasa sewa bus transportasi. Ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti penipuan, ketidak sesuaian dengan pemesanan dan hal-hal lainnya.

3. Tarif Sewa yang Murah Tidak Selalu Sesuai dengan Harapan

Biasanya, yang paling menjadi perhitungan dalam berwisata adalah biaya pengeluaran. Untuk berwisata bersama rombongan dengan menyewa bus pariwisata praktis memerlukan tambahan biaya dibandingkan dengan menggunakan transportasi umum. Pilihannya, Anda bisa memilih bus transportasi yang memiliki tarif murah atau tarif yang sedikit lebih tinggi dengan pelayanan dan fasilitas yang lengkap dan nyaman.

4. Gunakan mekanisme Down Payment

Down Payment atau uang muka pembayaran jasa biasanya menandakan kesepakatan dari hasil tawar menawar antara Anda dan P.O. bus pariwisata. Mengapa harus membayarkan uang muka? Dengan banyaknya minat konsumen menggunakan jasa bus pariwisata biasanya pihak P.O. bus ingin kepastian konsumen atas penggunaan jasanya. Maka, down payment membuat P.O. bus tidak mengalihkan pesanan Anda dan menggantinya dengan konsumen lain yang memberikan kepastian dengan down payment. Biasanya down payment dibayarkan sehari setelah pemesanan. Sedangkan pelunasan biaya sewa sendiri dapat dibayarkan tujuh hari setelah pemesanan.


Demikian informasi dan tips praktis dan aman untuk menyewa bus pariwisata. Semoga bermanfaat dan menambah referensi untuk persiapan wisata Anda. Simak juga ulasan mengenai wisata kuliner jogjakarta. Selamat berwisata!

Posting Komentar untuk "Tips Aman dan Praktis Menyewa Bus Pariwisata"