Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menikmati Soto Pites Khas Mbah Galak Di Beringharjo Jogja

Jogjakarta merupakan provinsi wisata yang kaya akan pilihan wisatanya. Salah satu wisata yang ditawarkan adalah wisata kuliner. Jogjakarta memiliki berbagai macam kuliner unik dan enak yang patut dicoba. Mengenai soto, terdapat berbagai macam soto baik khas lokal maupun khas daerah lain yang bisa dicoba selama berwisata di Jogjakarta. Salah satu soto khas lokal yang terdapat di Jogjakarta adalah Soto Pites Mbah Galak. Bagaimana keunikannya? Simak ulasan berikut.

Asal Usul Soto Pites

Lokasi Soto Pites Mabah galak (id.foursquare.com)
Terdapat sebuah pasar tradisional yang terkenal menjajakan barang-barang khas Jogja. Pasar ini adalah pasar beringharjo. Jika pernah mendengar salah satu tempat wisata terkenal di Jogjakarta yaitu Jalan Malioboro, Pasar Beringharjo merupakan salah satu pasar yang terdapat di Jalan Malioboro. Jika benar-benar belum tahu bisa mengontak travel agen di Jogja untuk diantarkan kesana, he he.

Wisatawan yang ingin mencari barang-barang khas Jogjakarta seperti batik, kerajinan maupun aksesoris biasa mencarinya di pasar ini. Harga-harganya terjangkau dan bisa ditawar. Soto Pites Mbah Galak berada di dalam pasar Beringharjo, tepatnya berada di lantai dasar sisi timur pasar tradisional terbesar di Yogyakarta tersebut. Awalnya, Soto Pites dijajakan berkeliling di pasar ini. Dengan semakin bertambahnya minat konsumen akhirnya soto ini dipasarkan di satu tempat sehingga para konsumen bisa menikmatinya tanpa harus mencari berkeliling pasar.

Mengenai nama Mbah Galak, diceritakan bahwa penjual soto ini awalnya adalah Mbah Sutri yang menurut para konsumen bersifat agak tempramen. Hingga para konsumen memanggilnya dengan sebutan Mbah Galak. Soto ini telah dijajakan di Pasar Beringharjo sejak tahun 50-an.

Mengenai kata “pites” sendiri merupakan cara penyajian sambal soto. Bagi konsumen yang ingin menambahkan rasa pedas pada sotonya, bisa memesan dengan jumlah cabe tertentu yang disajikan dengan cara “dipites”. Rasa pedas memang cocok sebab soto ini berkuah being dan agak manis dengan topping berupa daging yang empuk serta berpadu dengan rasa rempahnya.

Bagaimana Jika Ingin Menikmati Soto Pites Mbah Galak?

Soto Pites Mbah Galak (travelingyuk.com)
Datanglah ke Pasar Beringharjo dari pintu masuk Pasar Beringharjo (sebelah barat) menuju ke dalam pasar sebelah timur, melewati los kerajinan dan los jamu. Warungnya agak kecil, sehingga harus jeli mencarinya. Namun tidak perlu khawatir karena sebagian besar pedagang Pasar Beringharjo mengenalnya jadi mudah untuk menemukannya dengan bertanya dengan pedagang lain yang berjualan di pasar ini. Waktu bukanya yaitu hari sabtu sampai dengan kamis sejak pukul 07.00 hingga 15.00 WIB sedangkan hari jumat libur. Harga seporsi Soto Pites yaitu Rp. 9.000 dengan topping baik ayam maupun daging. Sedangkan jika ingin porsi yang lebih besar bisa dinikmati secara terpisah antara mangkok soto dan sepiring nasi dengan harga Rp. 11.000 saja.


Demikian ulasan mengenai keunikan kuliner Soto Pites Mbah Galak Jogjakarta. Semoga ulasan ini dapat menambah referensi bagi yang ingin berwisata kuliner di Jogjakarta. Baca juga artikel lainnya mengenai wisata alun-alun Jogjakarta dan selamat berwisata!

Posting Komentar untuk "Menikmati Soto Pites Khas Mbah Galak Di Beringharjo Jogja"