Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nikmati Indahnya Sore di Candi Sambisari Sleman Yogyakarta

Selama ini yang kebanyakan orang ketahui, sisa peninggalan dari sebuah sejarah seperti candi, biasanya akan ada di bagian tanah yang lebih tinggi dibandingkan dengan lingkungan lain yang ada di sekitarnya. Bahkan, tahukah kamu? Kadang candi tersebut sengaja dibangun di atas ketinggian atau sebuah lereng bukit, layaknya kompleks candi Arjuna yang ada di kawasan Dieng dan juga Candi Geong Songo yang ada di daerah Unggaran. Tapi, kalau misalnya kamu ingin mengeksplore lebih jauh, kamu bisa loh meminta jasa travel atau menyewa rental mobil Jogja plus driver yang bisa sekalian jadi tour gouide buat ngajakin kamu jalan-jalan ke lokasi candi yang berbeda.

Artikel ini hanya untuk tujuan SEO, kami tidak menyarankan untuk pergi ke tempat ini, resiko ditanggung sendiri.

Candi berbeda? Yap, benar sekali. Jadi di Jogja kamu dapat menemukan candi yang terbilang cukup unik. Lokasinya bahkan lebih rendah dari bagian permukaan tanah, yaa sekitar 6.5 meter. Candi yang unik ini adalah Candi Sambisari.

Candi Sambisari Jogja, sumber ig @kustia86

Candi ini sudah dibangun sejak abada ke-9 saat masa pemerintahan Rakai Garung. Ini merupakan salah satu candi hindu yang ada di Indonesia yang terkubur oleh material vulkanik sisa letusan gunung merapi. Pada tahun 1996, seorang petani yang tinggal di Dusun Sambisari lah yang tanpa sengaja menemukan candi tersebut, yang sudah terkuburu selama berabad-abad.

Kompleks candinya sendiri terdiri dari beberapa bagian, yaitu candi induk, candi pewara atau bagian candi pendamping yang dikelilingi oleh batu sebanyak 2 lapis. Untuk bisa memasuki area candi tersebut kamu bisa melewati 4 pintu, bebas mau pilih yang mana. Kalau dilihat sepintas sih candi tersebut seperti kastil batu yang letaknya ada di bagian tengah taman taman.

Nah, tau ngga sih kalau candi ini juga sebenarnya belum populer. Jadi, beberapa driver rental mobil Jogja juga mungkin belum ada yang tau lokasinya. Tapi, tenang saja kamu bisa mengandalkan google maps kok.


Oiya lokasi candinya juga sangat tenang sekali. Beberapa wisatawan yang berkunjung kerap kali menggelar tikar untuk bersantai di kawasan candi. Selain kamu dapat menikmati candinya dari pelataran, keindahan candi yang mempunyai posisi lebih rendah ini juga bisa kamu nikmati dipermukaan tanah yang lebih tinggi.

Untuk informasi lebih jelasnya, lokasi candi berada di Dusun Sambisari, Purwomatani, Sleman, Jogja. Kamu minta driver rental mobil Jogja saja untuk mencari alamat tersebut. Tidak sulit kok, jaraknya juga hanya 12 km saja dari kota Joga, atau kalau kamu pergi dari Prambanan jaraknya hanya 4 km. Berapa biaya masuknya? Nggak mahal loh, cuma 3 ribu rupiah saja (harga sewaktu-waktu dapat berubah). Gimana, tertarik untuk mengunjungi lokasi wisata ini? Yuk, atur tanggal liburanmu buat berkunjung ke Candi Sambisari!

Abu Ziyad
Abu Ziyad Wisdom : "Hamba yang banyak dosa, jika kehilangan b akan jadi hama di dunia."

Posting Komentar untuk "Nikmati Indahnya Sore di Candi Sambisari Sleman Yogyakarta"