Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Tempat Yang Menyediakan Sajian Khas Aceh di Jogjakarta



Jogjakarta menawarkan banyak daya tarik wisata. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata edukasi, wisata belanja sampai wisata kuliner. Kuliner Indonesia memang beragam dan memiliki ciri khas masing-masing. Berbicara masalah kuliner khas, di Jogjakarta banyak ditemui tempat-tempat kuliner yang bukan hanya menyajikan makanan-makanan modern, namun juga makanan-makanan khas yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Keberadaan kuliner-kuliner khas dari berbagai wilayah di Indonesia sebenarnya tidak mengherankan. Jogjakarta memang menjadi tempat singgah bahkan menetap orang-orang dari luar daerah terutama mahasiswa-mahasiswa dan para pelajar. Keberadaan universitas dan perguruan tinggi yang jumlahnya hampir lebih dari 100 menarik para pelajar dan mahasiswa luar daerah untuk melanjutkan pendidikannya di sini. Dengan kreativitas yang mereka miliki, tidak jarang kalangan pelajar atau orang-orang luar daerah ini membukan tempat-tempat kuliner khas daerahnya masing-masing. 

Berbicara kuliner khas Aceh, terdapat beberapa tempat-tempat kuliner yang terkenal yang menjadi pilihan untuk mencicipi nikmatnya sajian makanan khas Aceh. Jika Anda belum pernah mengetahui dan ingin mencoba kuluner khas Aceh, berikut beberapa tempat yang menjajakan berbagai macam kuliner khas Aceh.

1. Chie Rasa


Tempat yang pertama yang akan diulas yang menjajakan kuliner khas Aceh adalah “Chie Rasa”. Nama ini berasal dari bahasa Aceh yang bermakna ajakan untuk mencoba suatu masakan atau makanan. Chie Rasa berlokasi di Jl. Kartini, Terban, Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 17.00 hingga pukul 23.00 wib. Menu andalannya adalah Mie Aceh dan Nasi Goreng.

2. Kedai Narasa


Mie Aceh, sumber ig mieacehseulawah
Selanjutnya adalah kedai Narasa. Narasa juga berasal dari bahasa Aceh yang bermakna sesuatu yang memiliki banyak cita rasa. Kedai Narasa berlokasi di Jl. Arimbi No.399B, Sokowaten, Plumbon, Banguntapan, Bantul. Tempat ini mulai buka sejak pukul 10.00 hingga pukul 22.00 wib. Tempat ini menyajikan lebih banyak pilihan menu masakan Aceh dibandingkan Chie Rasa. Karena memang Chie Rasa tempat khusus seperti street food. Berbeda dengan Kedai Narasa yang tampilannya sebagaimana restoran.

3. Bungong Jeumpa


Selanjutnya adalah tempat makan Bungong Jeumpa. Bungong Jeumpa merupakan lagu utama daerah Aceh. Selain itu Bungong Jeumpa merupakan bahasa Aceh yang bermakna Bunga Jeumpa. Sebagaimana namanya yang sangat lekat dengan daerah Aceh, tempat kuliner ini menjajakan banyak kuliner Aceh mulai dari sajian utama hingga menu sampingan khas Aceh. Bungong Jeumpa bisa dikatakan yang paling banyak memiliki cabang di seluruh Jogjakarta. Tempat kuliner ini berlokasi di Jl. Sagan No.20, Terban, Gondokusuman, Kota Yogyakarta dan buka sejak pukul 08.00 hingga pukul 22.00 wib.

4. Duta Serambi


Duta Serambi merupakan salah satu tempat yang menjajakan sajian khas Aceh yang teranyar di Jogjakarta. Meski demikian, rasa khas Aceh dari sajian-sajiannya bisa dikatakan yang paling mirip dengan sajian asli. Duta Serambi merupakan kata yang terdiri dari Duta yang bermakna perwakilan dan serambi yang diambil dari julukan daerah Aceh yaitu Serambi Mekkah. Untuk sajian khas Aceh yang lebih kepada menu-menu khas rumah tangga dapat Anda nikmati di sini. Selain itu, sajian Mie Acehnya juga menjadi yang paling memberikan sensasi kerinduan akan menu masakan Aceh jika Anda berasal dari Aceh tentunya. Duta Serambi berlokasi di Ruko BBC Plaza No 16, Jalan Babarsari No.9, Caturtunggal, Depok, Tambak Bayan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman sejak pukul 10.00 hingga 00.00 wib.

Demikian beberapa tempat-tempat wisata kuliner di Jogjakarta yang menyajikan menu-menu masakan khas Aceh. Jangan ragu untuk mencobanya kapanpun selama Anda berkesempatan untuk mengunjungi Jogjakarta. Jangan lupa untuk terus menyimak ulasan unik dan menarik lainnya di halaman kami. Semoga ulasan ini bermanfaat dan selamat menikmati.

Posting Komentar untuk "Beberapa Tempat Yang Menyediakan Sajian Khas Aceh di Jogjakarta"