Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mengetahui Daerah Peminat Wisata Jogja dari Google Trend

Wisata di Jogja memang banyak yang menyukai. Karena saat ini memang banyak tempat wisata yang ada di Yogyakarta. Tidak monoton hanya itu-itu saja. Sekarang kita mengenal banyak pantai baru seperti pantai indrayanti, pantai siung dan yang lainnya, dimana dahulu kita mengenal pantai di Jogja mungkin hanya pantai legendaris Parangtritis. Saat ini juga banyak wisata bukit yang terkenal seperti bukit pinus Pengger, bukit Mangunan, bukit Ngelanggran dan sebagainya. Tak hanya itu, wisata modern pun banyak ada di Jogja, seperti taman lampion, taman pintar dan yang semisal. Jadi Jogja sudah menjelma menjadi kota dengan banyak tempat wisata menarik.

Namun jika kita ditanya, daerah mana saja yang banyak berkunjung atau memiliki minat tentang wisata Jogja? Bisa jadi kita bingung untuk menjawabnya. Untuk itu perlu ada teknik simpel agar bisa mengetahui secara kasar daerah yang warganya banyak tertarik dengan Jogja. Untuk apa data seperti itu? Banyak sekali manfaatnya. Bisa dimanfaatkan oleh pengambil kebijakan seperti pemerintah daerah untuk melakukan promosi wisata, bisa dipakai oleh agen travel wisata Jogja untuk digital marketing, atau bahan awal kajian melakukan penelitian untuk akademisi di Jogja. 

Bagaimanakah caranya mencari daerah peminat wisata Jogja dengan cepat dan mudah? Jawabannya kita bisa memanfaatkan produk google, yaitu google trend. Apa itu google trend? Google trend adalah salah satu fitur yang dimiliki oleh perusahaan mesin pencarian google untuk mengetahui kabar berita / topik apa saja yang sedang ramai ditengah masyarakat saat ini. Google trend memiliki fitur untuk mencari dan mengecek topik yang sedang hangat, darimana saja orang yang mencari topik tersebut, history dari waktu ke waktu, query yang relevan dengan topik yang kita cari dan sebagainya.

google trend, alat sederhanan mencari peminat wisata jogja
Halaman depan google trend
Bagaimana cara menggunakan google trend untuk mencari peminat wisata di Jogja? Pertama kita tentukan query pencarian yang relevan akan hal tersebut. Kami mencoba untuk menggunakan kata pencarian wisata jogja untuk melihat peminat obyek wisata jogja. Ada berapa daerah yang banyak mencari kata kunci wisata jogja. Namun jangan lupa mensetting agar pencarian diarahkan ke Indonesia, tidak ke settingan worldwide. Hasil provinsi yang banyak mencari kata kunci wisata jogja adalah sebagai berikut.
Hasil pengecekan Provinsi peminat wisata jogja
Provinsi peminat wisata jogja
Dari pencarian diatas, bisa kita simpulkan secara sederhana bahwa daerah yang banyak peminatnya untuk pariwisata jogja adalah provinsi Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jakarta dan Banten. Tentu masih ada banyak wilayah lain. Angka 100 bukan berarti ada 100 orang. Namun itu angka untuk menyederhanakan ukuran banyak sedikitnya orang dari google. Yang jelas, jika masuk dalam daftar tersebut, berarti ada orang di wilayah tersebut yang berminat. Berapa jumlah tepatnya? Google tidak memberitahu secara pasti, namun kami yakin mereka punya data akan hal tersebut. Mudah bukan mengetahui daerah peminat wisata Jogja dengan google trend? Untuk melihat langsung hasilnya di google trend, silahkan klik link berikut ini.


Abu Ziyad
Abu Ziyad Wisdom : "Hamba yang banyak dosa, jika kehilangan b akan jadi hama di dunia."

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Mengetahui Daerah Peminat Wisata Jogja dari Google Trend"